Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan tidur siangDalam kebanyakan budaya bahkan diseluruh dunia, tidur siang seringkali dipandang sebagai kerjaan para pemalas. Mungkin bisa jadi iya, jika tidur siang itu berlebihan dan menggeser prioritas utama manusia yaitu bekerja atau aktifitas lain yang seharusnya didahulukan. Namun yang perlu Anda ketahui adalah tidur siang sebentar diantara kesibukan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan!

Advertisement

Manfaat Tidur siang untuk Kesehatan tubuh dan mental, hasil penelitian dan tips

Dalam sebuah studi  yang pernah diterbitkan di sebuah jurnal Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM) , dikatakan oleh peneliti bahwa tidur siang sebentar bisa mengembalikan efek kesehatan yang negatif dari tidur malam yang tidak baik, bahkan dikatakan juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh!.

Dan Menurut hasil wawancara oleh National Health Interview Survey, mendapatkan tidur siang terkadang bisa membantu mengurangi dampak dari kurang tidur semalaman. Menurut seorang penulis dari studi tersebut, Brice Faraut dari Université Paris Descartes-Sorbonne Paris Cité, seorang penulis studi tersebut mengatakan dalam siaran pers bahwa  tidur siang selama 30 menit dapat membalikkan dampak hormonal dari tidur malam yang buruk. Dan studi ini dikatakan sebagai adalah studi pertama yang menemukan bahwa tidur siang bisa mengembalikan biomarker neuroendokrin dan fungsi kekebalan tubuh ke tingkat yang normal.

Penelitian lain juga menemukan bahwa tidur siang memiliki manfaat yang lebih baik dari yang dibayangkan sebelumnya. Hal ini ditemukan bahwa tidur siang ternyata membantu meningkatkan memori pada Siswa : Melakukan tidur siang setelah belajar membantu siswa dapat menyimpan informasi lebih banyak daripada siswa yang tidak melakukan tidur siang.

Tidur siang juga bisa bermanfaat baik untuk meningkatkan kewaspadaan, kinerja, dan produktivitas. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan emosional dan psikologis: Tidur siang singkat dapat memungkinkan seseorang untuk dapat melepaskan diri dari stres sehari-hari, meremajakan dan menyegarkan diri, kemudian bisa menghadapi sisa hari dengan semangat yang fresh.

Kurang tidur merupakan masalah yang nyata terutama dikehidupan modern ini, dan kurangnya  tidur secara konsisten dapat menyebabkan penyakit, baik itu secara fisik dan psikologis – hingga  termasuk masalah kronis seperti obesitas, diabetes, stres, dan gangguan kognitif. Orang yang mendapatkan tidur yang kurang juga lebih mungkin untuk mengembangkan depresi.

Baca juga:  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan tubuh Kita

Baca juga : Akibat Kurang tidur dalam Jangka Panjang

Tidur siang yang singkat antara 20-30 menit dapat membantu Anda untuk meningkatkan mood, kewaspadaan dan kinerja. Seperti para tokoh dan ilmuwan dunia sebut saja Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison dan George W. Bush diketahui menghargai sedikit waktu untuk tidur siang.

Tips tidur Siang

  • Tidur siang dalam waktu singkat , yang umumnya dianjurkan adalah 20-30 menit baik untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang jenis ini bisa memberikan manfaat  meningkatkan kewaspadaan dan kinerja secara signifikan tanpa mengganggu tidur pada malam hari.
  • Lingkungan tidur Anda bisa sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk dapat tertidur. jadi pastikan bahwa Anda berada di tempat yang tenang untuk membaringkan tubuh Anda.
  • Atur suhu di dalam ruangan atau lingkungan yang nyaman.
  • Batasi jumlah kebisingan dan cahaya.
  • Jika Anda tidur terlalu sore, mungkin dapat mempengaruhi pola tidur malam Anda bahkan membuat sulit dapat tertidur. Dan jika Anda tidur siang masih terlalu pagi, tubuh Anda mungkin masih belum tidak  untuk tidur.

Baca juga : 11 Tips Cara mudah Agar Cepat Tidur Pulas

Kilas Manfaat dari Tidur Siang

  • Tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan kinerja, dan mengurangi tingkat kesalahan dan potensi kecelakaan. Sebuah penelitian yang dilakukan di NASA kepada para pilot dan astronot menemukan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan kinerja mereka sebesar 34% dan meningkatkan kewaspadaan bahkan hingga 100%.
  • Tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan langsung setelah tidur siang saat itu dan dapat memperpanjang  beberapa jam di kemudian hari.
  • Tidur siang juga memiliki manfaat psikologis. Hal ini bisa menjadi suatu cara yang  mudah untuk mendapatkan relaksasi dan penyegaran.

Nah, sekarang Anda mungkin sedang berfikir bagaimana caranya untuk bisa tidur siang, sedangkan memiliki rutinitas harian. Tapi yang perlu diketahi adalah bahwa memperoleh cukup tidur secara teratur adalah cara terbaik untuk tetap bisa waspada dan merasakan hal terbaik Anda. Tapi ketika rasa lelah sudah terasa,  tidur siang yang singkat bisa membuat keajaiban bagi stamina fisik dan mental Anda. Tapi ingat!!, jangan berlebihan ya!… Kecuali kalau memang urgen dan diperlukan. Selamat tidur siang…

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *