Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Manfaat terong ungu untuk kesehatanTerong makanan yang bisa menjadi sesuatu yang disukai oleh vegetarian. Selain bisa menjadi pilihan dalam masakan, terung juga menawarkan banyak manfaat terkait kecantikan dan kesehatan. Terong yang bernutrisi tinggi ini berasal dari keluarga tanaman nightshade, dari golongan buah sayuran termasuk kentang, paprika dan tomat. Botanikal, terung merupakan buah, bukan sayuran – adalah tanaman yang tumbuh seperti tomat. Kebutuhan orang akan terong lebih umum untuk keperluan memasak dan dianggap sebagai sayuran. Sama seperti halnya sayuran yang berwarna-warni lainnya, sayuran ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan harganyapun sangat terjangkau.

Advertisement

Ada banyak varietas terong, namun yang paling dikenal adalah yang memiliki warna kulit ungu dan putih. Sementara itu juga terdapat banyak jenis lagi jika dilihat dari bentuk dan ukuran.

Kandungan nutrisi terong

Terung adalah jenis sayuran yang berlimpah akan kanndungan vitamin. Namun jenis vitamin yang paling dominan adalah vitamin C, folat, vitamin B, dan vitamin A. Vitamin-vitamin ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan ketahanan terhadap berbagai penyakit, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kulit dan rambut.

Terung juga mengandung banyak mineral penting seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan kalium. Semua mineral ini membantu mencegah masalah kesehatan termasuk radang sendi, osteoporosis, dan penyakit jantung. Terong juga merupakan sumber serat pangan yang tinggi. Serat ini bermanfaat membuat sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik, membuat perut merasa kenyang setelah makan, serta pada akhirnya mencegah usus dari kanker kolon atau usus besar.

Berikut manfaat terong untuk kesehatan, termasuk untuk kulit dan rambut

 Membantu mengontrol gula darah pada diabetes

Terong adalah sayuran yang sangat kaya akan serat namun memiliki karbohidrat larut yang rendah. Jadi hal ini sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Hal ini membuat terung merupakan pilihan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

Menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi bisa diturunkan oleh terong, juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Semua manfaat ini sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan kalium hadir dalam terong berguna untuk menjaga retensi cairan, yang penting untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Terong mengandung asam chlorogenic, yaitu senyawa nabati yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat. Menurut peneliti dari Departemen Pertanian AS, asam klorogenat adalah jenis antioksidan yang paling dominan di terong. Hal ini bermanfaat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan mengusir adikal bebas penyebab kanker.

Selanjutnya, para ahli juga yakin bahwa asam klorogenat memiliki sifat antivirus yang dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit akibat virus.

Mencegah kanker

Pada tahun 2005, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah melaporkan bahwa nasunin yang terdapat di kulit terung memiliki sifat antiangiogenic. Menurut para ahli, sel-sel kanker bisa memperoleh kemampuan angiogenesis dan membangun sarana untuk meningkatkan suplai darah untuk mereka sendiri. Kemampuan angiogenesis sel kanker ini menyebabkan tumor dapat tumbuh cepat. Nasunin memiliki sifat antiangiogenic, sehingga mencegah angiogenesisdan mencegahpertumbuhan tumor dan mencegah kanker.

Baca juga:  Manfaat dan Makanan Sumber Terbaik Vitamin A

Terong Asam klorogenat, yang juga memiliki sifat antimutagenik yang melindungi dan mencegah sel-sel dari bermutasi menjadi sel kanker.

Bermanfaat untuk memori

Terung mengandung fitonutrien yang berguna untuk menjaga membran sel terlindungi dari segala bentuk kerusakan, dan memfasilitasi komunikasi antara yang satu dan lainnya, sehingga dapat menjaga fungsi memori yang baik

Membantu mengatur jumlah zat besi dalam tubuh

Tubuh kita membutuhkan zat besi agar tubuh bisa menjalankan semua fungsinya dengan bagik sehari hari. Namun terlalu banyak zat besi dalam tubuh juga tidak baik. Kandungan nasunin yang terdapat dalam terong membantu menghilangkan kelebihan zat besi dari tubuh.

Membantu program diet penurunan berat badan

Terong tinggi kandungan air, tetapi rendah kalori. Dengan demikian membuatnya sangat ideal sebagai makanan yang sehat bagi orang yang ingin mengurangi berat badan mereka.

Membantu pencernaan

Sistem pencernaan bisa menjadi sehat dan aman karena kandungan serat yang tinggi pada terong. Hal ini akan mencegah sembelit dan menurunkan risiko kanker usus.

Manfaat terung untuk kulit dan rambut

 Manfaat untuk kulit :

  • Terong sangat kaya akan mineral, vitamin dan serat pangan. Hal ini membantu untuk menjaga tubuh yang bersih dari dalam yang akan dicerminkan diluar dalam bentuk kulit yang mulus.
  • Terong tinggi kadar air. Hal ini akan membantu dalam menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga sangat membantu ketika berbicara tentang kesehatan kulit. Kandungan air yang ditemukan di terong membantu menjaga Anda kulit lembut dan lentur.
  • Kulit terong  banyak mengandung anthocyanin. yaitu jenis Antioksidan yang bekerja sebagai agen anti-penuaan.

Menyehatkan rambut dan kulit kepala

  • Kadar air dalam terong membantu menyuburkan akar rambut  dari dalam. Hal ini pada akhirnya membantu menjaga rambut tetap kuat.
  • Terong memiliki mineral dan vitamin yang tinggi, sehingga menutrisi kulit kepala sehingga tetap sehat.
  • Terong memiliki enzim yang membantu merangsang folikel rambut , sehingga menghasilkan pertumbuhan rambut yang baik dan membuat rambut Anda lebih sehat.
  • Orang yang memiliki tekstur  rambut kasar dan kering harus makan banyak terong. Hal ini membantu membuat rambut bersinar dan sehat serta meningkatkan tekstur rambut secara keseluruhan.

Terong membuat badan lemas dan mengantuk?

Masih banyak orang yang beranggapan makan terong itu biosa membuat tubuh lemas tak bersemangat, sama seperti terung yang lemas sehabis di masak. Namun pernyataan ini belum bisa dibutktikan, terlepas dari mitos apa bukan.

Terong sebenarnya banyak memberikan manfaat kesehatan, yang tidak dapat diberikan oleh sayuran lainnya. Misalnya, zat nasunin hanya ditemukan dalam terong dan tidak dapat diperoleh dari makanan atau jenis sayuran lainnya. Terong rendah karbohidrat dan kalori, serta tidak mengandung lemak, sehingga orang dapat mengkonsumsinya sebagai salah satu makanan sehari-hari tanpa takut meningkatkan berat badan.

Terong bisa dimasak sebagai masakan apapun, dan bisa menjadi lauk yang sangat baik. Banyak ahli kesehatan setuju bahwa satu cangkir terung per hari akan membantu mencegah penyakit dan semua masalah kesehatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *