10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

Manfaat teh hijau untuk kecantikanTeh hijau sudah populer di Cina semenjak lama untuk digunakan mengobati kondisi umum seperti sakit kepala hingga depresi. Saat ini, banyak orang dari berbagai belahan dunia telah mengkonsumsi teh hijau karena telah mengetahui banyak manfaatnya untuk kesehatan. Teh hijau telah ditemukan mengandung beberapa antioksidan kuat, enzim, asam amino, dan fitokimia seperti polifenol. Hal ini juga mengandung sejumlah nutrisi termasuk vitamin B, folat, mangan, kalium, magnesium dan kafein. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, teh hijau juga memberikan manfaat bagi kecantikan  kulit dan  rambut yang mengesankan. Untuk meningkatkan kecantikan Anda, Anda bis menggunakan teh hijau kedalam masker kecantikan Anda. Plus, minum beberapa cangkir teh hijau setiap hari akan memberikan manfaat dari dalam.

Advertisement

Inilah 10 manfaat luarbiasa teh hijau untuk kecantikan kulit dan rambut.

1. Meningkatkan Kompleksitas Kulit

Teh hijau bisa meningkatkan warna dan menyehatkan kulit. Hal ini membantu menggelontor racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka,  mengurangi peradangan hingga meningkatkan elastisitas kulit. Sebuah studi pada tahun 2003 oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa peremajaan kulit bisa dibantu oleh teh hijau, serta dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka. Ini cara membuat masker sederhana dengan reh hijau :

  1. Ambil kantong teh hijau dan keluarkan isinya.
  2. Tambahkan 1 sampai 2 sdt madu mentah.
  3. Tambahkan sedikit air jeruk.
  4. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  5. Bilas dengan air hangat.

Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

2. Mengurangi lingar hitam pada mata dan mengobati mata bengkak

Antioksidan dan zat tanin yang ditemukan dalam teh dapat membantu mengobati mata bengkak serta mata panda. Hal ini terutama membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata, yang akhirnya mengurangi pembengkakan yang terjadi. Sementara vitamin K dalam teh hijau membantu menyembuhkan lingkaran hitam di bawah mata.

  1. Masukan 2 kantong teh hijau yang sudah digunakan kedalam lemari es selama 30 menit.
  2. Tempatkan kantong teh hijau yang sudah dingin di kelopak mata Anda yang tertutup.
  3. Biarkan sambil bersantai selama 15 menit.

Gunakan obat ini dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

3. Mengusir tanda penuaan

Teh hijau memiliki sifat anti-penuaan dan antioksidan, keduanya dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit, seperti kulit kendur, terbakar, bintik-bintik hitam, garis-garis halus dan kerutan. Polifenol dalam teh hijau membantu menetralisir radikal bebas, sehingga akan mencegah kerusakan yang signifikan pada kulit sehingga memperlambat proses penuaan. Selain itu, hal ini juga membantu mencegah kanker kulit.

Campurkan 3 sdm yogurt polos, 1 sdm daun teh, dan bubuk kunyit secukupnya. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Gunakan masker wajah sederhana ini sekali atau dua kali seminggu.
Cara lainnya adalah dengan  mencampur 1 sdt teh hijau Matcha dan beberapa tetes air untuk membuat adonan. Jika untuk kulit kering, tambahkan 1 sdt teh hijau Matcha, 1/2 sdt  VCO(virgin Coconut Oil) dan air hangat. Oleskan pada wajahdan biarkan sampai mengering sepenuhnya, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

4. Mengatasi jerawat

Katekin yang terdapat dalam teh hijau adalah agen antibakteri yang akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin juga membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama jerawat. Selain itu, zat anti-inflamasi dari teh hijau akan membantu mengurangi kemerahan atau peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi di tahun 2012 yang diterbitkan Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa EGCG (senyawa dalam teh hijau), membantu mengobati jerawat dengan cara memodulasi target molekul intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  1. Campur 1/4 cangkir teh hijau yang baru diseduh dan air.
  2. Gunakan kapas untuk mengoleskan kedaerah kulit yang terkena jerawat.
  3. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Lakukan ini dua kali sehari sampai Anda memiliki kulit bebas jerawat.

5. Sebagai Toner Kulit Alami

Minuman yang cukup populer ini juga mampu bekerja sebagai toner alami untuk kulit. Hal ini membantu menarik keluar kotoran, mengecilkan pori-pori besar dan membuat  kulit yang sehat berseri. Bahkan juga membantu mencegah dehidrasi kulit,  yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

  1. Seduh 2 cangkir teh hijau dan biarkan hingga dingin.
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda.
  3. Masukkan kedalam botol semprot yang bersih.
  4. Semprotkan pada wajah Anda atau bisa juga dioleskan dengan kapas dua kali sehari.
Baca juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Buah Pir

Orang dengan masalah kulit, seperti psoriasis dan rosacea juga bisa memanfaatkan solusi ini.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Teh hijau mengandung  antioksidan dalam jumlah sangat tinggi, yang juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Katekin dalam teh hijau juga bermanfaat untuk menghambat sifat yang membantu memblokir dihidrotestosteron, salah satu penyebab utama rambut rontok. Bahkan, hal ini juga mempromosikan pertumbuhan rambut baru dan mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan berketombe. Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of the National Medical Association menemukan bahwa polifenol dalam teh hijau membantu mencegah rambut rontok pada tikus.

Setelah rambut Anda dicuci, bilas dengan dingin, lalu teh hijau hangat yang baru diseduh. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas lagi rambut dengan air dingin. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam seminggu selama beberapa bulan.
Juga, sambil meminum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan rambut yang kuat dan indah.

7. Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan matahari

Teh hijau bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet berbahaya dari sinar matahari. Hal ini karena teh hijau mengandung Asam tannic, theobromine, dan polifenol dapat membantu meredakan dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dengan cara menetralkan kerusakan. Sebuah studi pada tahun 2011 yang dipublikasikan Biochemical and Biophysical Research Communications menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau mencegah salah satu jenis kanker kulit yang disebut melanoma dengan cara menghambat gen yang mengaktifkan peradangan.

Seduh 2 atau 3 cangkir teh hijau dan masukkan ke dalam lemari es selama beberapa lama.
Ambil kain yang lembut, rendam dalam teh dan lembut dan menerapkannya ke daerah kulit yang terbakar matahari. Ulangi 2 atau 3 kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit dan kemerahan.

8. Membuat Rambut Berkilau

Sejalandengan membuat rambut yang kuat dan sehat, teh hijau juga membuat rambut berkilau dan lebih “hidup”. Ditambah, hal ini juga melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi dan produk kencatikan yang terlalu kuat. Sementara tingginya panthenol,  vitamin E dan C dalam teh hijau membantu menjaga kelembaban rambut .

  1. Seduh 2 atau 3 kantong teh hijau kedalam 4 cangkir air panas selama satu jam.
  2. Lepaskan kantong teh dan dinginkan.
  3. Pertama basahi rambut Anda, kemudian bilas dengan teh hijau.
  4. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci rambut Anda dengan sampo.
  5. Bilas rambut Anda dengan air dingin

Gunakan obat ini 2 atau 3 kali seminggu.

9. Mengecilkan Pori-pori yang membesar

Karena memiliki antioksidan dan sifat-sifat zat lainnya, teh hijau bisa membantu mengecilkan pori-pori yang membesar yang cenderung tersumbat sehingga terinfeksi dengan bakteri. Dengan demikian, rteh hijau akan membantu mengencangkan kulit.

  1. Seduh secangkir teh hijau yang kental dan biarkan dingin. Campurkan beberapa sdt teh hijau dengan 2 sdm tanah liat bentonit atau tanah liat kosmetik untuk membuat adonan. Gunakan masker di wajah Anda dan biarkan hingga benar-benar mengering. Lalu gosok dengan lembut dan bilas wajah Anda dengan air hangat.
  2. Juga, bantu dengan meminum beberapa cangkir teh hijau setiap hari untuk menggelontor racun keluar dari tubuh Anda.

10. Pengelupasan kulit

Tekstur yang sedikit kasar dari daun teh hijau kering dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya.
Campurkan 1 sdm teh hijau kering, 1 cangkir gula, 1/2 cangkir minyak zaitun extra virgin, dan 2 sdm madu mentah. Oleskan pada wajah atau badan dan gosok dengan lembut dengan gerakan melingkar. Setelah selesai bilas dengan air hangat. Gunakan scrub wajah ini untuk sekali atau dua kali dalam seminggu.
Pilihan cara lain adalah menyeduh 1 kantong teh hijau kedalam 1/3 cangkir air. Biarkan hingga dingin, kemudian masukan 1 sdm teh hijau ini ke dalam mangkuk, dan tambahkan 2 sdm gula. Jika campuran terlihat encer, tambahkan gula. Gunakan campuran ini sebagai scrub pengelupasan kulit sebanyak sekali atau dua kali seminggu.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *