Manfaat Tauge(kecambah kacang hijau) bagi Kesehatan tubuh Kita

Manfaat kecambah bagi kesehatanTauge secara umum dikenal dari tunas biji tanaman kacang tertentu yang dikonsumsi. Hal ini adalah hasil dari proses perkecambahan, yang mana nutrisi yang biasa ditemukan dalam kacang-kacangan atau biji-bijian akan berubah ; pati akan berubah menjadi glukosa dan fruktosa, protein dari biji kacang dicerna oleh enzim tertentu dan berubah menjadi asam amino, sehingga lebih mudah dicerna manusia, meningkatkan kadar air, vitamin namun tidak untuk senyawa mineral.

Advertisement

Tauge sudah digunakan selama berabad-abad lamanya untuk mendapatkan manfaat gizi dan kesehatan darinya. Hal ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau mentah, dimasak sebentar atau bahkan bisa dijus. Rasa bisa bervariasi tergantung dari jenis kecambah.

Kandungan Gizi Tauge

Tauge tinggi dalam hal konsentrasi energi dan unsur gizi. Tidak seperti sayuran umumnya, dimana nilai gizi akan semakin menurun setelah dipanen, tauge masih mempertahankan seluruh sifat gizi  sampai dikonsumsi.

Tauge adalah sumber yang kaya akan asam amino (protein), vitamin dan mineral, dan juga mengandung kadar serat yang baik. Hal ini mengandung semua jenis vitamin yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K, asam folat dan merupakan sumber mineral penting seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan seng.

Manfaat gizi lainnya berbeda-beda tergantung pada jenis kecambah. Hal yang sangat menarik untuk dicatat bahwa kecambah dari kacang hijau mengandung fitokimia seperti estrogen yang disebut dengan isoflavon, salah satu pendukung kesehatan penting yang bisa diberikan kecambah kacang hijau.

Kelebihan tauge

Kecambah dari semua biji sangat tinggi nutrisi dan sangat mudah dicerna, mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa dianggap suplemen alami. Namun di sini kita hanya akan fokus pada manfaat kesehatan dari kecambah kacang hijau, yang merupakan kecambah yang paling umum dikonsumsi manusia di seluruh dunia – serta yang paling banyak dipelajari oleh para peneliti.

Berikut beberapa manfaat utama  tauge atau kecambah kacang hijau untuk kesehatan

Membantu mengatasi Anemia

Tauge kacang hijau kaya akan zat besi, yang berperan utama dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Hal ini juga sangat tinggi vitamin C, yang bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi oleh usus, sehingga membantu mencegah atau mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Baik untuk kesehatan jantung

Ketika berhubungan dengan asupan rendah lemak jenuh (yang banyak ditemukan dalam daging, unggas dan produk susu), mengkonsumsi secara teratur tauge kacang hijau dapat membantu mengurangi kadar LDL(kolesterol buruk) karena mengandung serat dan lesitin. Efek ini tentu sangat bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah, karena membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, penyebab yang paling umum dari penyakit kardiovaskular.

Menangkal sembelit

Karena tinggi serat, kecambah kacang hijau bisa membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi tanda-tanda sembelit.

Baca juga:  Manfaat Daun dan Buah Kelor untuk Kesehatan

Mengembalikan rambut dan kuku dari kerapuhan

Kerapuhan rambut dan kuku seringkali merupakan hasil dari kekurangan nutrisi tertentu, terutama protein, vitamin, dan seng. Kecambah kacang hijau mengandung semua nutrisi ini dalam jumlah tinggi, dan sehingga sangat membantu dalam pencegahan dan pengobatan masalah rambut dan kuku.

Menyehatkan hati

Tauge kacang hijau merupakan sumber lesitin yang baik, yang bermanfaat selain menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga membantu mengurangi lemak hati, sehingga mencegah perlemakan hati, kondisi umum hati yang dapat mengakibatkan disfungsi hati.

Mengurangi gejala menopause

Tauge kacang hijau kaya juga kaya akan fitoestrogen, yaitu senyawa yang memiliki aktivitas mirip dengan estrogen. Itulah sebabnya tauge bisa membantu meringankan banyak gejala yang berhubungan dengan menopause seperti hot flashes, dan jantung berdebar-debar –  merupakan efek dari kadar estrogen yang menurun. Fitoestrogen yang ditemukan dalam tauge kacang hijau juga efektif dalam menangkal osteoporosis terkait menopouse. Baca juga : Tempe juga mengandung fitoestrogen

Anti penuaaan kulit

Juga telah terbukti fitoestrogen yang ditemukan dalam tauge kacang hijau bertindak atas reseptor estrogen tertentu yang ditemukan dalam kulit, merangsang sintesis asam hyaluronic, kolagen dan elastin – yang merupakan unsur penting dari struktur kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi tauge kacang hijau secara teratur dapat membantu mencegah banyak perubahan pada kulit yang tekait usia, termasuk hilangnya elastisitas dan kelembaban kulit.

Meredakan Stres dan kelelahan

Tauge juga merupakan sumber energi dan nutrisi lain yang sangat membantu menangkal tanda-tanda dan gejala stres mental dan kelelahan fisik .

Tipe mengkonsumsi kecambah

Kebanyakan jenis kecambah bisa dimakan mentah; namun jika ingin memasaknya, tumis sebentar atau hanya di kukus sebentar. Jangan terlalu lama dimasak karena mentah ataupun dimasak, tauge dapat digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk makanan pembuka, salad, lauk pauk dan makanan ringan.

Tauge kacang hijau juga bisa dijus, namun biasanya sebagai tambahan jus sayuran lainnya. Mulai biasakan rasa tauge jus, lebih baik memulai dengan beberapa kecambah yang ditambahkan ke jus sayur lainnya , lalu  kemudian meningkatkan jumlahnya tergantung selera.

Kehati-hatian

  1. Produksi kecambah mentah telah dikaitkan dengan penyakit makanan karena kelembaban dan panas yang dihasilkan selama proses pengkecambahan mungkin menjadi media bagi pertumbuhan bakteri.
  2. Selalu pastikan menyimpan kecambah pada suhu dingin dilemari es. Buang kecambah yang telah berbau,  berubah gelap atau sudah berlendir. Bilas kecambah dengan air mengealir sampai sebelum dikonsumsi.
  3. Beberapa orang memiliki alergi terhadap protein yang ditemukan dalam jenis kacang-kacangan tertentu atau kecambah, sehingga mereka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *