Manfaat susu kambing untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kambing untuk ibu hamilSusu kambing meskipun kurang populer, namun sebenarnya sudah banyak dikonsusmi diseluruh dunia karena berbagai alasan terutama akan kandungan gizi nya yang tinggi. Susu Kambing mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin D; mineral kalsium, fosfor, tembaga, magnesium, kalium, zinc; dan kalori, karbohidrat, protein, sodium, kolesterol, gula dan lemak jenuh.

Advertisement

Susu kambing memiliki rasa yang sedikit lebih manis dan mengandung hingga dua kali lebih banyak kalsium, fosfor, seng dan vitamin B daripada susu kambing. Namun meskipun susu kambing lebih sedikit mengandung laktosa, orang yang alergi minum susu sapi mungkin juga akan alergi terhadap susu kambing. Para peneliti memperingatkan bahwa anak-anak yang alergi terhadap susu sapi harus diuji untuk mengetahui apakah mereka juga bereaksi terhadap susu dari speises hewan lain.

Beberapa penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa susu kambing mungkin memiliki kandungan gizi yang lebih unggul daripada susu sapi. Sebuah studi dari University of Granada di Spanyol menemukan bahwa hal itu mungkin bisa membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi dan pelunakan tulang, serta mendorong pencernaan dan metabolismeĀ  zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium yang lebih baik. Namun penelitian ini masih terbatas dilakukan pada tikus, dan temuan ini masih harus dikonfirmasi dalam studi manusia.

Manfaat minum susu kambing selama kehamilan

Memenuhi kebutuhan nutrisi penting untuk kehamilan

Susu merupakan sumber makanan penting yang menyediakan banyak kalsium dan nutrisi lainnya. Jika asupan kalsium tidak memadai selama kehamilan, maka tubuh janin akan menyerap kalsium dari tulang ibunya untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhannya sehingga bagi ibu hamil sangat penting untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup untuk kesehatan ibu dan bayi.

Susu adalah sumber protein yang baik. Protein digunakan untuk membangun rahim, dan jaringan tubuh janin. Kekurangan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada bayi termasuk berat badan lahir yang rendah.

Sementara susuĀ  kaya akan Vitamin D, yang disediakan oleh susu membantu dalam mencegah berat badan lahir rendah dan rakhitis neonatal pada kehamilan dan isu-isu lain.

Baca juga:  Cara Mengetahui dan menentukan Masa Subur Agar Cepat Hamil

Susu kambing mungkin lebih organik

Peternakan Kambing sangat berbeda dengan peternakan sapi modern. Kambing adalah hewan yang tidak mudah menerima makanan pengganti selain rumput dan dedaunan lain, sehingga menghasilkan susu yang lebih aman dan bebas zat-zat beracun yang mungkin sangat tidak baik bagi kesehatan terutama bagi ibu hamil dan janin.

Susu sapi juga mungkin banyak mengandung hormon pertumbuhan selain substansi yang terkandung di dalamnya yang disebut bovine somatotropin – yaitu hormon yang membantu meningkatkan produksi susu sapi dengan cara yang tidak alami.

Mencegah Peradangan

Penelitian telah membuktikan bahwa susu kambing membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa orang yang banyak yang memilih minum susu kambing kurang menderita peradangan usus, menurut beberapa pengamatan.

Keamanan

Minum susu yang tidak dipasteurisasi atau susu mentah tidak aman selama kehamilan. Proses pasteurisasi pada susu adalah untuk membasmi mikroba atau bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit umumnya dengan suhu tinggi. Mengonsumsi susu mentah bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit, dan Wanita hamil lebih rentan untuk infeksi ini dan bisa membahayakan bagi bayi. Jadi susu kambing yang baik terutama bagi kehamilan adalah yang sudah dipasteurisasi dan sudah diolah menjadi rendah lemak jenuh. Tanyakan hal ini pada dokter kandungan Anda sebelum mencoba minum susu kambing.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *