Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan

manfaat semut jepang untuk kesehatanSemut Jepang akhir-akhir ini menjadi sangat populer atas manfaatnya bagi kesehatan termasuk dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis termasuk seperi diabetes, jantung, dan kolesterol tinggi. Lalu apa sih semut jepang itu?, Apakah itu benar-benar obat yang mujarab bisa menyembuhkan penyakit? dan Bagaimana menurut pendapat ahli atau dokter?.

Advertisement

Apakah Semut Jepang?

Kalau dilihat, Semut jepang tidaklah kelihatan seperti seekor semut. Bahkan bisa dibilang serangga ini amat jauh bentuknya daripada spesies semut pada umumnya,  seperti halnya semut rangrang, semut hitam, atau jenis semut lainnya. Ya, semut jepang memang bukanlah termasuk golongan spesies semut, tapi merupakan sejenis kumbang yang dalam hidupnya pernah bermetamorfosis dari ulat. Beberapa situs termasuk wikipedia menyebutkan bahwa serangga ini berasal dari keluarga tenebrio, yang memiliki ciri bersayap keras sebagaimana kumbang tapi tidak bisa terbang, hidup berkoloni memang seperti semut, memiliki beberapa kehidupannnya mulai dari telur. Diluar negeri, hewan ini lebih dimanfaatkan saat masih dalam fase ulat (disebut mealworm)sebagai makanan ternak atau hewan piaraan. Selain itu Kami juga tidak menemukan literatur terpercaya yang menyebutkan jika serangga ini memang asli berasal dari Negara Jepang.

Kandungan dan Manfaat Semut Jepang untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit

Kandungan nutrisi semut jepang

Kami tidak menemukan artikel kesehatan yang bisa dipercaya mengenai kandungan dari serangga tenebrio molitor. Namun menurut tanfondline.com,  saat masih dalam fase larva mengandung protein atau asam amino. Dan informasi lain menyebutkan bahwa ia juga mengandung kalsium.

Manfaat Kesehatan

Banyak situs-situs yang membahas mengenai manfaat semut Jepang bagi kesehatan, termasuk menyembuhkan penyakit jantung, menormalkan tekanan darah tinggi, menormalkan gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi hati, dsb. Namun Kami belum menemukan sumber yang meyakinkan, menurut dokter, atau hasil studi ilmiah yang mengatakan jika semut jepang memang benar-benar mengandung senyawa terkait yang dapat mempromosikan kesembuhan bagi beberapa penyakit yang telah disebutkan diatas.

Karena mengandung protein, maka semut jepang mungkin ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun karena masih tidak ada bukti ilmiah, sebaiknya berhati-hati untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan untuk mencegah kemungkinan adanya efek samping yang tidak diinginkan. Solusi yang terbaik untuk memperoleh kesembuhan adalah mengetahui kondisi penyakit yang sebenarnya, lalu menentukan pengobatan yang sesuai yang dilakukan oleh ahlinya atau dokter.

Baca juga:  Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Kulit

 

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *