Manfaat Seledri untuk menyembuhkan Hipertensi

Makanan penurun darah tinggiSeledri tak hanya bergizi dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan ekstra, namun ada tambahan hebat yang lainĀ  juga. Ternyata sayuran ini dapat membantu untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah Anda, juga – [termasuk dalam Top Makanan Penurun tekanan Darah Tinggi]. Menurut University of Maryland Medical Center, biji seledri merupakan bahan diuretik yang alami, yang bisa menghilangkan kelebihan cairan dari darah, mengurangi tekanan terhadap dinding arteri dan menurunkan tekanan darah. Namun hal ini tidak berarti Anda harus meninggalkan obat hipertensi Anda dan menggantinya dengan batang daun seledri, karena penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efektivitas seledri untuk mengendalikan tekanan darah. Baca juga : Manfaat Bawang putih Tunggal untuk hipertensi dan Kesehatan

Advertisement

Mengetahui seledri yang mungkin bermanfaat untuk hipertensi atau menurunkan tekanan darah

Kandungan seledri

Seledri termasuk sayuran rendah kalori, karena satu cangkir seledri cincang hanya meyediakan 20 kalori. Namun sayuran hijau ini diketahui mengandung sekitar 104mg natrium. Tergantung dari kebiasaan diet Anda, jumlah natrium ini mungkin bisa menjadi perhatian karena bisa menambah asupan natrium anda secara signifikan. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, dokter mungkin sudah menjelaskan bahwa makan terlalu banyak garam dapat membuat tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan volume darah dan tekanan darah. Oleh karena itu, dokter mungkin akan meminta Anda untuk membatasi asupan natrium Anda. Namun seledri juga mengandung 8mg vitamin C dan 344mg kalium, kedua nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan

Bahan aktif dalam seledri

Seledri dikenal akan 3 kandungan bahan aktif yang mempromosikan tekanan darah yang sehat yaitu 3-n-butylphthalide(atau NBP); apigenin, antioksidan, dan omega 6. Dalam sebuah buku karya Dr Michael Murray, seorang dokter naturopati yang berjudul “How to Prevent and Treat Diabetes with Natural Medicin”, ditulis bahwa NBP bertindak seperti pemblok saluran kalsium, dilatasi arteri, dan merelaksasi pembuluh darah. Apigenin bermanfaat melindungi sel tubuh dari kerusakan, mengurangi peradangan pada arteri, dan mencegah pembekuan darah. Dan yang terakhir, Omega 6 adalah jenis asam lemak esensial, yang menurut University of Maryland Medical Center dapat membantu melindungi tubuh terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

Seledri dan hipertensi Menurut Penelitian

Pada bulan Mei tahun 2005, Dr. Mark Houston menerbitkan sebuah makalah “Progress in Cardiovascular Diseases” bahwa sebuah percobaan pada hewan, NBP menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 24 poin. Tekanan darah sistolik adalah ukuran kekuatan saat jantung berkontraksi atau memompa darah – atau angka atas dalam membacaan alat pengukur tekanan darah . Dalam makalahnya tersebut, Dr. Houston juga mengacu pada studi manusia di mana 14 dari 16 orang dengan tekanan darah tinggi mengalami penurunan tekanan darah yang “signifikan” pada tekanan darahnya setelah makan seledri. Dr Houston adalah seorang dokter yang bekerja di Departemen of Internal Medicine di Vanderbilt University. Untuk mengkonfirmasi hubungan antara seledri dan tekanan darah, peneliti masih harus melakukan penelitian lebih lanjut dengan populasi manusia yang jauh lebih banyak.

Saran dan kehati-hatian

Meskipun tidak ada asupan harian atau dosis batang atau suplemen seledri yang direkomendasikan, namun pada umumnya dianggap cukup aman. Namun Jika Anda sedang hamil, hindarilah mengkonsumsi seledri dan suplemen, karena diketahui dapat memicu perdarahan rahim. Seledri juga ada kemungkinan dapat berinteraksi dengan jenis obat tertentu, dan dapat meningkatkan obat efek pengencer darah atau diuretik. Jadi demi keamanan, sebaiknya mengkonsultasikan suplemen seledri atau seledri segar untuk memperoleh nasihat yang terbaik untuk Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *