Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kaleKale, adalah merupakan jenis sayuran yang dianggap paling baik dalam hal kandungan gizinya dari semua jenis sayuran sehat yang ada. Kale sarat akan berbagai macam senyawa bermanfaat, bahkan memiliki sifat obat yang sangat berkhasiat. Menurut Wikipedia, Kale berasal dari spesies tanaman  Brassica oleracea L. , yang merupakan tanaman suku dari kubis-kubisan (Brassica). Spesies tanaman  ini juga mencakup berbagai jenis sayur-sayuran lain seperti kembang kol, brokoli, tunas kubis, dan kailan. Semua jenis sayuran tersebut berasal dari nenek moyang yang tumbuh setengah liar, yang berasal dari daerah sekitar laut tengah. Kale banyak dibudidayakan diseluruh dunia, namun tak dapat tumbuh baik di iklim tropik seperti di Indonesia karena butuh hawa yang sejuk.

Advertisement

Berikut 10 manfaat penting sayur kale yang didukung oleh studi

1. Kale adalah sayuran Paling tinggi nutrisi

Secangkir kale mentah dengan berat sekitar 67 gram atau 2,4 ons mengandung :

  • Vitamin A yang mencukupi 206% dari kebutuhan harian
  • Vitamin K yang mencukupi 684% dari kebutuhan harian
  • Vitamin C yang mencukupi 134% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6 yang mencukupi 96% dari kebutuhan harian
  • Mangan yang mencukupi 26% dari kebutuhan harian
  • Kalsium yang mencukupi 9% dari kebutuhan harian
  • Tembaga yang mencukupi 10% dari kebutuhan harian
  • Kalium yang mencukupi 9% dari kebutuhan harian
  • Magnesium yang mencukupi 6% dari kebutuhan harian
  • Maka mengandung sekitar 3% kebutuhan harian vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Besi dan Fosfor.
  • Mengandung  total 33 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 3 gram protein .
  • Asam lemak omega 3 yang disebut asam alfa linolenat.

Kale sangat tinggi nutrisi dan sangat rendah kalori, membuatnya menjadi salah satu makanan yang dianggap paling bergizi.

2. Sumber terbaik Antioksidan

Kale, seperti halnya jenis sayuran bedaun hijau lainnya yang juga tinggi antioksidan. Hal ini termasuk beta-karoten, vitamin C, serta berbagai jenis flavonoid dan polifenol. Ini termasuk antioksidan flavonoid, yaitu quercetin dan kaempferol , yang  ditemukan dalam jumlah yang cukup tinggi pada di kale

Antioksidan adalah zat yang membantu melawan kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh. Baca juga : Manfaat Kesehatan dan Sumber-sumber Antioksidan

Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas diyakini menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini dan banyak penyakit, termasuk kanker.

Zat-zat ini telah dipelajari secara intensif dalam tabung reaksi dan studi pada hewan, dan memiliki manfaat perlindungan kardiovaskular,  menurunkan tekanan darah, anti peradangan, anti virus, anti depresan dan efek anti-kanker.

3. Sumber vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang juga memiliki sifat antioksidan yang larut dalam air dan memiliki banyak fungsi penting dalam sel-sel tubuh. Salah satunya diperlukan untuk mensintesis kolagen, yaitu protein struktural yang paling banyak di dalam tubuh.

Kale lebih banyak mengandung vitamin C daripada kebanyakan jenis sayuran lainnya, dan sekitar 4,5 kali lebih banyak daripada bayam . Secangkir kale mentah bahkan mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sebenarnya memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, salah satunya digunakan untuk membuat asam empedu yang merupakan zat yang membantu kita untuk dapat mencerna lemak.

Hati mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian dilepaskan ke dalam sistem pencernaan setiap kali kita makan makanan yang berlemak.

Zat yang dikenal dengan sequestrants asam empedu bisa mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan dan mencegah untuk diserap, sehingga mengurangi jumlah total kolesterol dalam tubuh. Kale mengandung sequestrants asam empedu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian,  kale yang dikukus secara signifikan meningkatkankan efek mengikat asam empedu ini. Kale sebenarnya berkhasiat 43% lebih manjur dari obat penurun kolesterol cholestyramine yang bekerja dengan cara ini.

Baca juga:  Buah yang boleh dan baik untuk Diabetes

5. Kale merupakan sumber Vitamin K tertinggi

Vitamin K merupakan nutrisi penting yang memiliki peran utama untuk pembekuan darah, dengan cara “mengaktifkan” protein tertentu dan memberikan kemampuan untuk mengikat kalsium. Kale adalah salah satu sumber terbaik vitamin K, yaitu secangkir kale mentah menyediakan 7 kali dari jumlah asupan harian vitamin K yang disarankan.

Bentuk vitamin K dalam kale adalah bentuk vitamin K1,  berbedadengan vitamin K2 yang ditemukan dalam makanan fermentasi kedelai dan produk hewani tertentu.hal ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

6. Pencegahan kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat ditakutkan, yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Kale  sarat akan senyawa yang diyakini memiliki efek pencegahan dari penyakit kanker.

Hal ini karena kale mengandung zat  termasuk sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler,  juga mengandung indole-3-carbinol , sejenis zat yang diyakini membantu mencegah kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran (termasuk kale) secara signifikan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker pada hewan, meskipun belum ada bukti pada manusia .

7. Tinggi beta karoten

Kale diklaim mengandung vitamin A tinggi, namun hal ini sebenarnya adalah bentuk beta-karoten – antioksidan yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A.

Dengan demikian kale bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan vitamin yang sangat penting ini dalam tubuh.

Baca juga : Top Makanan Sumber Beta-karoten Tinggi

8. Sumber Mineral yang baik

Kale sangat tinggi beberapa mineral, yang kebanyakan orang kekurangan. Hal ini adalah sumber kalsium nabati yang baik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan berperan dalam segala macam fungsi sel.

Kale juga merupakan sumber magnesium yang memadai, yaitu mineral yang sangat penting namun kebanyakan orang cenderung kekurangan. Konsumsi banyak magnesium dapat melindungi tubuh dari diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kale juga mengandung kalium, yaitu mineral yang membantu menjaga impuls listrik didalam sel-sel tubuh. Asupan kalium yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit jantung lebih rendah.

Salah satu kelebihan kale dari sayuran hijau seperti bayam adalah rendah oksalat, zat yang banyak ditemukan dari beberapa tanaman yang dapat mencegah penyerapan mineral dan meningkatkan risiko batu ginjal.

9. Mencegah gangguan mata umum seperti katarak

Salah satu kondisi yang paling umum dari penuaan adalah penglihatan yang semakihn memburuk. Namun untungnya, ada beberapa nutrisi dalam makanan yang dapat membantu mencegah hal ini terjadi.

Lutein dan zeaxanthin adalah zat antioksidan karotenoid yang ditemukan dalam jumlah banyak pada kale dan beberapa makanan lainnya. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan cukup lutein dan zeaxanthin memiliki risiko yang  jauh lebih rendah dari degenerasi makula dan katarak, yaitu dua gangguan mata yang sangat umum pada orang tua.

10. Mendukung penurunan Berat Badan

Kale memiliki beberapa sifat yang bisa membantu penurunan berat badan. Hal ini karena kale sangat rendah kalori, namun masih dapat mengenyangkan secara signifikan.

Sayuran ini rendah kalori, memiliki kadar air yang tinggi, serta memiliki kepadatan energi yang rendah. Makan banyak makanan dengan kepadatan energi yang rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan dalam berbagai studi.

Meskipun belum ada penelitian yang secara langsung menguji efek kale yang menurunkan berat badan, tetapi masuk akal jika dijadikan tambahan ntuk diet penurunan berat badan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *