Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Manfaat sayur bayamBayam merupakan jenis sayuran berdaun hijau tua paling populer diseluruh dunia karena diketahui memiliki banyak Manfaat kesehatan. Sayuran berdaun hijau seperti bayam ini menyediakan lebih banyak nutrisi dibandingkan yang lain. Bayam sangat padat nutrisi , rendah kalori namun sangat tinggi vitamin, mineral dan fitonutrien. Bila Anda menyukai makanan sehat ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kenaikan berat badan dan kekurangan nutrisi penting. Hal ini karena bayam merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K, vitamin A, magnesium, folat , mangan, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin B2, kalium, dan vitamin B6, protein, fosfor, vitamin E, zinc, serat pangan, dan tembaga. Masih ditambah lagi dengan selenium, niacin, dan bahkan asam lemak omega 3. Keuntungannnya lagi adalah bayam mudah didapatkan, bahkan hampir tersedia dimana-mana di seluruh dunia dan harganya pun sangat terjangkau.

Advertisement

Berikut beragam manfaat makan sayur bayam bagi kesehatan tubuh kita

Menangkis berbagai penyakit

Bayam kaya akan flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Para peneliti telah menemukan setidaknya ada 13 jenis senyawa flavonoid berbeda yang bertindak sebagai agen anti-kanker. Berbagai nutrisi lain menawarkan banyak manfaat perlindungan tubuh dari penyakit.

Mencegah radikal bebas

Bayam merupakan makanan untuk jantung sehat karena merupakan sumber tinggi vitamin C dan vitamin A, juga merupakan antioksidan yang bertindak mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menjaga stres oksidatif akibat radikal bebas yang secara alami terjadi dalam tubuh akibat metabolisme, yang racun makanan dan polusi lingkungan akan semakin meningkatkannya. Dengan demikian Anda bisa tehindar dari faktor resiko kanker, penyakit jantung, kebutaan, dan penuaan dini. SelainĀ  asam folat yang juga ditemukan dalam bayam baik untuk sistem kardiovaskular, sementara magnesium mendukung untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baik untuk menjaga kesehatan usus

Beta-karoten dan vitamin C bekerja sebagai antioksidan termasuk melindungi sel-sel usus dari efek berbahaya dari radikal bebas. Kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus juga dapat dicegah dengan folat yang ada dalam sayuran berdaun hijau tua ini.

Baca juga:  Manfaat Daun dan Buah Kelor untuk Kesehatan

Meringankan gejala akibat peradangan

Beberapa kondisi yang dikenali sebagai inflamasi, seperti arthritis, osteoporosis, sakit kepala migrain, dan asma, juga akan terbantu karena beberapa nutrisi yang ditemukan dalam bayam juga memiliki sifat antiinflamasi.

Mencegah penurunan fungsi otak karena usia

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat memperlambat penurunan fungsi otak terkait usia. Jadi makanlah banyak sayuran berdaun hijau untuk menjaga otak tetap muda dan cepat.

Mencegah katarak dan kebutaan

Lutein adalah karotenoid yang ditemukan dalam bayam yang melindungi mata dari kondisi seperti katarak dan degenerasi makula. Namun Ada beberapa indikasi, bahwa mungkin lutein bisa diserap lebih baik oleh tubuh jika Anda tidak banyak mengkonsumsi makanan atau saus yang banyak mengandung minyak/lemak.

Baca juga : Manfaat Hebat Daun, kulit, akar, dari Buah pepaya

Memproduksi hemoglobin

Zat besi adalah mineral yang sangat penting terutama bagi wanita pada saat menstruasi dan untuk anak-anak yang sedang tumbuh menjadi remaja. Dibandingkan dengan daging merah, bayam jauh lebih sedikit memberikan kalori, lemak , serta bebas kolesterol, plus juga merupakan sumber zatĀ  besi terbaik. Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin, yaitu sel darah merah yang berperan penting untuk mengedarkan oksigen dan makanan keleuruh sel-sel tubuh. Jadi jika tubuh kekurangan hemoglobin, maka tubuh akan lemah, lesu, malas, dan kurang berenergi karena asupan oksigen ke sel-sel dan otak berlkurang. Bakan jika kondisi ini terus berlanjut bisa menyebabkan komplikasi lain yang bisa serius dimulai dari kondisi anemia atau kurang darah.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *