Manfaat Propolis untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat propolis untuk wajah dan kesehatanPropolis adalah zat yang lengket yang dihasilkan oleh lebah atau juga dikenal sebagai lem lebah. Proses untuk menjadi propolis ini dimulai ketika lebah propolis mengumpulkan getah dari pohon atau dari tunas pohon. Lebah mengumpulkan getah pohon yang lengket ini ketika cuaca sedang tepat, dimana kondisi getah pada saat itu sedang lentur dan lembut. Setelah lebah merasa cukup, maka ia akan memadukan getah pohon ini dengan lilin yang ia simpan di kelenjar perutnya. Lebah kemudian membawanya kembali ke sarang untuk dibongkar dan dipersiapkan untuk menambal lubang yang terdapat dalam sarang. Tak hanya itu, lebah juga menggunakan propolis ini sebagai antiseptik untuk mencegah sarang terkontaminasi parasit dan sebagai persediaan obat-obatan untuk seluruh koloninya. Kemudian getah yang dikumpulkan lebah disarangnya tadi diambil oleh petani lebah, yang kemudian kita kenal sebagai propolis lebah. Propolis ini baru akan ada manfaatnya bagi kesehatan setelah dimasak dan diencerkan dengan bahan tertentu supaya bisa terurai dan bisa diserap oleh pencernaan kita. Baca juga : Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

Advertisement

Berikut beberapa manfaat utama Propolis lebah untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Sebagai Antiseptik Alami

Manusia telah menggunakan propolis ini sebagai zat antiseptik sejak zaman Mesir kuno. Mengoleskan propolis pada luka sangat mempercepat penyembuhan dan selama berabad-abad, zat ini juga telah terbukti memiliki manfaat penyembuhan untuk kondisi yang lain. Dalam beberapa dekade terakhir, praktisi kesehatan telah menemukan manfaat yang lebih positif dan membuatnya menjadi suplemen alami. Propolis telah terbukti meningkatkan efek antibiotik dan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Studi yang masih sedang dilakukan untuk mengetahui apakah propolis juga memiliki manfaat untuk pengobatan danĀ  pencegahan kanker jenis tertentu.

Propolis Mengandung Antioksidan kuat

Beberapa orang hanya menganggap propolis sebagai suplemen gizi. Hal ini kaya akan asam amino, bioflavonoid, beberapa mineral dan vitamin. Bioflavonoid adalah antioksidan kuat yang banyak bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel.

Baca juga:  Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Meningkatkan vitalitas

Sifat yang terkandung dalam propolis juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, dan beberapa penggunanya telah mengakui mengalami peningkatan vitalitas setelah mengkonsumsi propolis.

Propolis untuk kulit dan wajah

Baru-baru ini Propolis telah digunakan untuk berbagai produk perawatan kulit alami. Sifat alami yang dimiliki propolis mampu membuatnya menjadi bahan yang unik untuk kulit yang bermasalah atau kulit sensitif.

Propolis mengandungi lebih 50 jenis flavonoid yang berbeda, yang memungkinkan bagi kulit untuk tetap sehat, bersih dan indah. Anda dapat menggunakan propolis sebagai masker wajah, mengoleskan tipis di atas seluruh wajah dan membilasnya setelah 15 menit.

Baca juga : Manfaat Madu untuk Perawatan kulit Wajah

Untuk rambut

Hal ini juga telah digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut, yaitu untuk memperkuat dan menyehatkan rambut dan kulit kepala. Minyak esensial, vitamin, danĀ  flavonoid dalam propolis membantu untuk melembutkan rambut, membuatnya berkilau, dan mempercepat pertumbuhannya.

Karena merupakan antiseptik alami, propolis memiliki sifat pemeliharaan yang kuat untuk perawatan kulit. Dan dengan demikian secara umum banyak dicari untuk digunakan sebagai minyak esensial, salep, balsem, dan krim alternatif untuk orang-orang yang ingin terbebas dari bahan sintetis.

Mengatasi Jerawat

Propolis bisa digunakan secara internal dan eksternal untuk meningkatkan kulit dan mengurangi jerawat. Satu studi menunjukkan bahwa propolis menunjukkan aktivitas antibakteri terutama yang berperan untuk jerawat. Untuk menggunakan propolis secara eksternal, oleskan propolis langsung pada jerawat – lakukank tes pertama untuk melihat apakah kulit Anda bereaksi. Setelah itu biarkan selama 5 sampai15 menit.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *