Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Manfaat pisang ambonPisang Ambon merupakan komoditas buah tropis yang paling populer di Dunia, dan menurut wikipedia buah ini berasal dari Indonesia. Pisang Ambon yang dipasar international dikenal dengan Cavendish adalah jenis pisang ambon putih yang memiliki  ciri-ciri kulit berwarna kuning, beraroma khas,  daging buah berwarna putih, dan memiliki rasa yang agak asam. Pisang ambon putih ini adalah kultivar yang telah banyak dikembangkan dengan metode kultur jaringan, yaitu yang kini telah banyak beredar dipasar luar negeri. Masih ada lagi kultivar lain dari pisang ambon, yaitu pisang ambon kuning yang memiliki ciri lebih besar, kulitnya kuning cerah, dan dengan daging buah yang berwarna merah keputihan, kemudian pisang ambon lumut, yang memiliki ciri warnanya tetap hijau meskipun sudah masak, dan warna daging buah agak kuning.

Advertisement

Secara umum pisang sudah teruji secara klinis sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh. Pisang mengandung kalium tinggi yang bermanfaat untuk mengimbangi jumlah yodium sehingga dapat mencegah darah tinggi, pisang mengandung kalori sehingga merupakan sumber energi yang baik, mengandung tinggi folat yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, mengandung vitamin A, C, pektin(sejenis serat pangan), magnesium, zat besi, fosfor, antioksidan, dll.

Namun secara khusus, pisang ambon tentu memiliki kelebihan dalam soal rasa dan aroma. Selain itu, pisang ambon yang sangat manis lebih banyak mengandung kalori ketimbang beberapa jenis pisang lain sehingga sangat cocok bagi yang menginginkan dorongan tenaga ekstra.

Inilah Manfaat Pisang, kususnya jenis pisang ambon untuk kesehatan

Pisang diketahui bermanfaat mengurangi pembengkakan, mencegah pengembangan diabetes tipe 2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf dan membantu  produksi sel darah putih karena kandungan vitamin B6-nya yang tinggi.

Baik untuk menjaga Kesehatan jantung

Pisang ambon sangat baik untuk jantung, hal ini karena banyak mengandung kalium, yaitu elektrolit yang membangkitkan listrik untuk tubuh, yang diperlukan untuk menjaga irama detak jantung stabil. Kalium tinggi pada pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular terhadap tinggi tekanan darah.

Serat dalam pisang juga baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian di jurnal Archives of Internal Medicine tahun 2003 menunjukkan bahwa makan buah-buahan berserat tinggi seperti pisang, membantu mencegah penyakit jantung

Mencegah Depresi dan mengangkat suasana hati

Pisang ambon bisa membantu mengatasi depresi karena tingginya kadar tryptophan didalamnya. Senyawa ini oleh tubuh akan diubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter otak yang mengangkat suasana hati. Plus kadnungan vitamin B6 dapat membantu Anda tidur dengan baik, dan magnesium membantu untuk mengendurkan otot yang tegang.

Meningkatkan kesehatan Pencernaan

Pisang tinggi serat jenis pektin, yang dapat membantu BAB bisa teratur. Satu buah pisang ambon bisa menyediakan hampir 10 persen dari kebutuhan serat harian bagi Anda. Pisang juga memiliki sifat yang anti asam, sehingga dapat mencegah sakit maag dan ulkus lambung. Satu studi menunjukkan bahwa mencampur pisang dan susu bisa mengurangi sekresi asam, karena senyawa dalam pisang membantu memicu sel untuk menyusun lapisan perut sehingga menjadi penghambat tebal terhadap asam lambung. Plus, PI yang ditemukan dalam pisang juga dapat membantu menghilangkan bakteri di dalam usus yang menyebabkan ulkus/bisul.

Baca juga:  Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan

Mencegah diabetes

Vitamin B6 yang terdapat dalam pisang membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2 .

Serta, pisang hampir tidak mengandung lemak jenuh, dan setiap buah mengandung sekitar 2 gram protein dan sekitar 50 gram karbohidrat. Pisang ambon yang manis memang tinggi gula, tetapi karena serat ia memiliki indeks glikemik yang sedang.

Meningkatkan Penglihatan

Wortel mungkin yang paling dikenal membantu menjaga kesehatan mata, tetapi pisang adalah buah yang bisa melakukan hal yang sama. Buah Pisang juga mengandung vitamin A, yang penting untuk melindungi mata, menjaga penglihatan yang normal dan meningkatkan penglihatan di malam hari.  Vitamin A mengandung senyawa yang bermanfaat menjaga membran di sekitar mata, dan merupakan elemen protein yang membawa cahaya ke kornea mata. Seperti buah-buahan lainnya, pisang juga dapat membantu mencegah degenerasi makula, atau kondisi pengaburan mata yang tidak dapat disembuhkan.

Meningkatkan kesehatan Tulang

Pisang memang tidak banyak mengandung  kalsium, tetapi masih dapat membantu menjaga tulang yang kuat. Menurut sebuah artikel 2009 di Journal of Physiology dan Biokimia, pisang mengandung banyak fructooligosaccharides – adalah karbohidrat nondigestive yang mendorong priobotik dalam pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Mencegah Kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang yang cukup dapat melindungi dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia 2005 menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 75 porsi buah dan sayuran memiliki penurunan risiko kanker ginjal sebesar 40 persen, dan buah pisang adalah buah yang paling efektif. Wanita yang makan 4 hingga 6 buah pisang dalam seminggu mengurangi separoh risiko terkena kanker ginjal.

Mencegah dan membantu mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang bertugas pengangkut oksigen keseluruh tubuh, sehingga penderita akan mengalami lemah, letih, dan lesu. Karena pisang ambon tinggi zat besi, maka bisa menjadi makanan yang baik bagi penderita anemia.

Mencegah bayi memiliki cacat lahir

Pisang juga terkenal akan kandungan asam folatnya yang tinggi. Asam folat adalah nutrisi yang harus didapatkan dari sumber makanan karena tubuh tak dapat memproduksinya. Ibu hamil yang kekurangan asupan asam folat beresiko tinggi melahirkan bayi  dengan cacat otak. Folat dibutuhkan untuk mengembangkan tabung syaraf pada janin yang sedang berkembang dalam rahim ibu.

Untuk kecantikan kulit Wajah

Pisang ambon juga bisa membantu membuat kulit wajah Anda menjadi halus dan cantik. Caranya cukup mudah, haluskan 1 buah pisang ambon lalu tambahkan dengan sedikit madu atau minyak zaitun untuk membuat masker wajah alami. Setelah menjadi pasta, ratakan masker pisang pada wajah Anda seperti menggunakan masker pada umumnya.

Meningkatkan libido pada wanita

Manfaat pisang ambon yang tersembunyi adalah mampu meingkatkan libido pada kaum wanita. Penurunan libido adalah hal yang sering terjadi pada wanita, dan buah pisang ambon bisa membantu mengatasi masalah Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *