Manfaat Utama Terapi Pijat Refleksi untuk Kesehatan

Manfaat pijat refleksiRefleksi akan meningkatkan sirkulasi dan sangat berguna untuk mengobati stres, kecemasan , nyeri punggung, migrain, masalah pencernaan, sindrom iritasi usus (IBS) , gangguan pernafasan, asma, sakit kepala, masalah kandung kemih, gejala menopause dan nyeri menstruasi.

Advertisement

Refleksiologi adalah jenis terapi yang fokus pada kaki yang berasal dari Cina kuno, saat ini popularitasnya meningkat sebagai terapi holistik modern untuk menghilangkan rasa sakit dan stres. Hal ini diyakini bahwa energi berjalan melalui tubuh dalam saluran yang dikenal sebagai meridian, dan melakukan pemijatan di kaki akan merangsang saluran energi ini, yang akhirnya  mempromosikan penyembuhan dan relaksasi.

Setiap bagian dari kaki sejalan dengan area yang ada pada tubuh, sehingga pijat di kaki akan merangsang sesuai dengan bagian dari tubuh; hal ini  sehingga pijat refleksi dianggap setara dengan dilakukan pijat di seluruh badan.

Reflexologis telah meyakini bahwa daerah yang berbeda pada kaki dan tangan sesuai dengan bagian lain dari tubuh Anda, dan memijatnya akan merangsang sistem saraf parasimpatis tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Refleksologi didasarkan pada prinsip Cina yang meyakini bahwa daerah-daerah tertentu di telapak kaki atau tangan(dikenal sebagai zona refleks), mengandung jutaan ujung saraf, yang terhubung dengan bagian lain dari tubuh.

Selama 3.000 tahun para ahli pengobatan China telah menggunakan refleksi untuk menyeimbangkan kembali Qi untuk mengobati sejumlah kondisi. Hal ini bisa bekerja beriringan bersama obat medis untuk mempromosikan penyembuhan dan meningkatkan kesehatan dan vitalitas.

Tujuan dari refleksi adalah untuk menciptakan homeostasis, artinya semua organ-organ dalam tubuh akan bekerja sama dalam kondisi yang terbaik.

Manfaat pijat refleksi

Mengurangi stres

Manfaat refleksi yang paling jelas adalah efek mengurangi stres. Teknik pijat refleksi ini termasuk yang dilakukan pada jari kaki. Menurut  The Complete Illustrated Guide to Reflexology, orang dari segala usia atau jenis kelamin, orang tua, wanita, pria, remaja, anak-anak bahkan bayi dapat memperoleh manfaat positif dari pijat refleksi. Meskipun hasilnya dapat bervariasi dari tiap individu, namun secara umum pijat refleksi membuat orang merasa sangat santai dan senang setelahnya.

Baca juga:  Air putih bermanfaat Menurunkan Kolesterol, Gula Darah, dan Natrium

Menghilangkan nyeri

Ahli releksi meyakini bahwa penyakit disebabkan oleh penyumbatan di meridian atau saluran energi. Penyumbatan ini akan menghambat aliran energi(chi) sehingga menyebabkan akumulasi energi negatif (yang mengakibatkan rasa sakit atau penyakit).

Ada lebih dari 7.000 ujung saraf di kaki, dan semuanya terhubung keseluruh tubuh melalui sistem saraf pusat. Sehingga memijat pada kaki yang merupakan ujung saraf, akan merangsang tubuh untuk mempromosikan penyembuhan diri.

Menurut seorang refleksologi dari Inggris, pijat refleksi dirancang untuk memulihkan keseimbangan dan fungsi tubuh. Dan ketika hal ini dilakukan, maka kekelarasan tubuh akan dipulihkan. Dengan demikian sangat efektif dalam menghilangkan rasa sakit, karena setelah ketegangan dibuang dari tubuh dan stres berkurang, maka rasa sakit juga berkurang.

Meningkatkan sirkulasi dan aliran energi

Refleksi akan meningkatkan aliran energi, meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, dan merangsang sistem pencernaan. Hal ini sangat efektif karena kebanyakan orang setelah dipijat merasa ingin buang air kecil, dan hampir semuanya selalu merasa haus karena racun dikeluarkan dari tubuh.

Manfaat lain

  • Refleksi  dapat mengurangi rasa sakit akibat multiple sclerosis (MS) dan proses penyembuhan kanker.
  • Banyak orang merasakan pijat refleksi telah meningkatkan psikologis yang positif mereka, sementara wanita hamil mengatakan merasa terkurangi tekanan pada kaki mereka.
  • Pijatan pada jempol dan pergelangan kaki dapat menenangkan endokrin dan sistem reproduksi, sehingga membantu meringankan nyeri menstruasi atau gejala menopause.

Jika Anda merasa sakit atau merasa kurang energi, pijat releksi mungkin dapat membantu Anda untuk mengembalikan keseimbangan tubuh Anda kembali dan memerintah tubuh Anda untuk melakukan penyembuhan sendiri.

Kehati-hatian

Pastikan bahwa Anda melakukannya pada terapis yang telah terlatih.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *