Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Manfaat Oatmeal bagi KesehatanSarapan dengan semangkuk oatmeal hangat bermanfaat untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik. Oatmeal adalah makanan berbentuk sereal yang terbuat dari gandum yang kaya akan serat, protein, dan nutrisi penting lain seperti zat besi, magnesium, kalium, selenium, folat, dan asam lemak omega 3. Selain itu, oatmeal juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang kuat untuk kesehatan yang lebih baik.

Advertisement

Untuk semakin meningkatkan manfaat kesehatan dari oatmeal Anda, bisa dilakukan dengan hanya menambahkan kacang, buah-buahan seperti pisang, atau rempah-rempah,  tapi menambahkan terlalu banyak gula. Namun sebaiknya biarkan rasa alami dari buah-buahan dan rempah-rempah yang meningkatkan rasanya.

Berikut adalah manfaat Oatmeal bagi kesehatan tubuh kita keseluruhan:

Menurunkan kadar Kolesterol jahat

Serat yang banyak terdapat dalam oatmeal mempunyai manfaat untuk menurunkan lipid(lemak bawah kulit). Beta-glucan adalah sejenis serat larut dari oatmeal bermanfaat menurunkan LDL ( kolesterol jahat) dan menurunkan penyerapan kolesterol oleh usus.

Food and Drug Administration AS merekomendasikan asupan 3 gram beta-glucanharian untuk menurunkan kolesterol LDL. Dan cukup satu setengah cangkir gandum sudah mengandung sekitar 2 gram serat jenis larut ini.

Selain itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang disebut dengan avenanthramide yang berguna melindungi dari oksidasi LDL. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2004 menunjukkan bahwa senyawa antioksidan akan memberikan hasil yang lebih baik jika dikombinasikan dengan vitamin C.

Jadi untuk meningkatkan efek penurun kolesterol, kombinasikan oatmeal dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk atau jeruk lemon.

Mengurangi Risiko penyakit Kardiovaskular

Oatmeal tinggi zat antioksidan, yang akan melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang menyumbang terjadinya kondisi aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah penyebab utama serangan jantung.

Selain itu, lignan yang terdapat dalam gandum membantu mencegah penyakit jantung sementara beta glukan akan meningkatkan kesehatan jantung –  telah ditemukan meningkatkan cedera jantung iskemik. Secara khusus makanan ini juga menawarkan manfaat kardiovaskular yang lebih signifikan pada para wanita menopause.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal adalah sarapan yang baik bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan serta menjaga berat badan yang sehat. Hal ini protein dan serat dalam oatmeal membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa oatmeal menyediakan serat yang lebih mengenyangkan daripada jenis sereal lainnya.

Para peneliti juga telah membandingkan efek oatmeal instan tanpa rasa dan oat yang berbasis sereal dingin, dan peneliti menemukan bahwa oatmeal tanpa rasa lebih mengenyangkan dan mengurangi asupan energi berikutnya.

Menstabilkan kadar Gula Darah

Oatmeal mengandung karbohidrat yang berkualitas tinggi, sehingga memberikan energi yang lebih stabil dibandingkan dengan pilihan sarapan lain. Karena tinggi serat, tubuh akan mencernanya lebih lambat dan tidak menyebabkan lonjakan glukosa dalam darah.

Penelitian ilmiah juga telah menemukan bahwa mengkonsumsi secara teratur biji-bijian seperti gandum mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga:  Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi pada tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of Family Practice menunjukkan bahwa mengkonsumsi rutin oatmeal membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada orang dengan hipertensi ringan atau batas normal atas.

Oat dan gandum utuh sangat berguna untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Plus, serat dan magnesium dalam oatmeal memperlambat pembentukan plak dan membantu meningkatkan aliran darah.

Satu porsi gandum utuh harian, dan menambahkan produk gandum lebih banyak dalam diet Anda akan membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko serangan jantung.

Mencegah Kanker Pay*dara

Oatmeal kaya akan fitokimia seperti lignan dan enterolactone yang bertindak melindungi dari kanker. Enterolactone secara khusus telah ditemukan efektif dalam pencegahan kanker pay*dara .

Selain itu, serat larut yang terkandung dalam gandum, rye, dan makanan  sejenis lainnya berdampak langsung pada sel kanker pay*dara.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology juga menunjukkan bahwa wanita premenopause  yang memiliki diet kayaakan biji-bijian bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga sebesar 41%.

Mendukung Kesehatan usus

Kandungan serat tinggi dalam oatmeal bermanfaat secara signifikan bagi kesehatan usus. Hal ini juga baik untuk orang yang menderita kolitis ulserativa, dan dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Oatmeal juga berkontribusi terhadap fungsi usus yang sehat dan membantu meringankan sembelit.

Ketika menambahkan banyak serat untuk diet Anda, pastikan minum banyak air supaya serat terbantu dalam melakukan tugasnya.

Meredam stres

Sarapan sereal hangat bisa membantu mencegah kecemasan dan stres karena mendorong otak untuk meningkatkan produksi serotonin – suatu neurotransmitter yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Oat juga mengandung magnesium yang bermanfaat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga meningkatkan relaksasi.

Bahkan hanya sedikit makanan yang kaya karbohidrat kompleks dapat membantu menghilangkan stres. Untuk semakin meningkatkan manfaat kesehatan ini, tambahkan blueberry ke dalam semangkuk oatmeal Anda. Blueberry dianggap sebagai salah satu buah penghilang stres terbaik karena kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Oat gandum kaya akan nutrisi yang berperan meningkatkan imunitas tubuh. Serat pangan juga terkait dengan perubahan aktivitas sel kekebalan.

Beta glukan dalam oatmeal juga memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Dan Studi juga menunjukkan bahwa beta glukan membantu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri.

Untuk mendapatkan manfaat peningkat kekebalan tubuh dari oatmeal, pilih yang gandum utuh, bukan jenis oatmeal instan yang seringkali sarat dengan gula.

Menjaga kulit

Yang mengejutkan,  Anda juga dapat menggunakan oatmeal untuk melembutkan dan melembabkan kulit . Hal ini sangat cocok untuk semua jenis kulit dan bersifat anti inflamasi dan pengelupasan. Hal ini karena zat saponin yang ada dalam oatmeal juga bekerja sebagai pembersih alami dan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran kulit. Selain itu, beberapa kandungan fenol bertindak sebagai peredam sinar ultraviolet yang kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat terbakar matahari.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *