Manfaat minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan wajah kulit dan rambutMinyak zaitun tak sekedar sebagai bahan untuk memasak atau membuat makanan yang sehat.  Menurut Mayoclinic, minyak zaitun mengandung Asam lemak jenis tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak makanan yang sehat. Jika diet Anda menggantikan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh seperti pada minyak zaitun dan lemak tak jenuh ganda , maka Anda mungkin akan mendapatkan manfaat kesehatan tertentu.

Advertisement

Lemak tak jenuh tunggal dan ganda dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol buruk (HDL). Hal ini juga dapat membantu menormalkan pembekuan darah. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis lemak baik ini juga bermanfaat mengontrol tingkat insulin dan gula darah, yang bisa sangat membantu untuk diabetes tipe 2.

Disamping itu, minyak zaitun juga kaya akan Vitamin E yang terutama sangat dibutuhkan untuk kecantikan dan supaya terlihat lebih muda, menjaga kulit  tetap lentur, dan bebas  iritasi . Mulailah mengeksplorasi manfaat minyak zaitun untuk perawatan kulit dan rambut sebagai bagian dari rutinitas kecantikan Anda sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit dan rambut

Mengatasi kulit kering

Gunakan minyak zaitun sebagai pelembab lembut untuk jenis kulit kering. Hal ini bisa langsung diratakan ke permukaan kulit dengan bola kapas atau bisa juga menambahkannya beberapa tetes ke pelembab favorit Anda untuk meningkatkan efektivitasnya. Minyak zaitun mengandung jenis lemak sehat yang sama seperti buah alpukat, dan plump dan bisa melembabkan kulit dengan kombinasi vitamin E dan vitamin A. Baca juga : Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Menghapus maskara

Menggunakan penghapus riasan bisa sulit terutama di sekitar area mata yang halus. Sebotol minyak zaitun adalah salah satu penghilang riasan mata yang paling efektif dan lebih lembut. Minyak zaitun mampu melarutkan makeup, bahkan maskara yang tahan air sekalipun, sehingga mudah luntur dari mata tanpa perlu menggosok atau scrubbing. Oleskan minyak zaitun ke bola kapas, tahan pada area mata selama 30 detik, kemudian geser kebagian bawah untuk terbebas dari riasan wajah pada waktu tidur.

Baca juga:  Fakta Gizi dan Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan

Meringankan iritasi kulit

Kulit kering, gatal dan meradang umumnya adalah tanda terjadinya iritasi kulit, seperti eksim dan psoriasis. Daripada membuat ramuan yang lebih sulit, lebih baik mengambil beberapa minyak zaitun untuk meringankan ketidaknyamanan dan iritasi pada kulit. Tambahkan seperempat cangkir minyak zaitun kedalam air hangat untuk mandi berendam, atau menerapkan langsung ke daerah-daerah kulit yang teriritasi.

Melawan efek Penuaan pada kulit

Sinar matahari dan polusi yang menciptakan radikal bebas bisa merampas seluruh kecantikan kulit Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh dokter kulit Leslie Baumann dan diterbitkan dalam edisi “The Journal of Pathology” 2007 menemukan bahwa vitamin E berhasil menangkal radikal bebas, menghambat penuaan dan mencegah kerusakan untuk menjaga kulit tetap terlihat lebih muda. Oleskan minyak zaitun langsung ke kulit yang mulai menunjukkan tanda penuaan dan kulit yang rusak untuk membantu mempertahankan penampilan awet muda, serta mengurangi dampak radikal bebas yang merampas keindahan kulit.

Untuk bercukur

Mencukur umumnya hanya dilakukan dengan mengoleskan sabun dan air. Namun hal ini masih dapat menyebabkan ruam cukur atau goresan. Dengan menerapkan minyak zaitun yang penuh kelembaban seperti pelumas, maka Anda bisa menghindari resiko saat mencukur tersebut. Oleskan minyak zaitun secukupnya untuk melapisi kulit, lalu mulailah mencukur didaerah kulit tersebut.

Merawat Rambut Keriting

Minyak zaitun memiliki keajaiban bisa mengendalikan rambut keriting, namun jangan terlalu banyak karena rambut  akan terlihat sangat berminyak.

Untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun di tangan dan gosokkan sekali atau dua kali untuk meratakannya. Setelah itu usap-usapkan kedua tangan Anda sampai menyentuh akar rambut.  Jika Anda memiliki rambut keriting, Anda juga bisa hanya mengoleskan kebagian rambut yang paling keriting hanya menggunakan jari.

Memulihkan kerusakan rambut

Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memulihkan kembali rambut yang kering atau rusak. Satu atau dua sendok makan minyak zaitun, dan lakukan dengan menggunakan sisir sampai merata. Kemudian kenakan showercap dan biarkan selama setengah jam sebelum dicuci dengan sampo.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *