11 Manfaat Minyak Ikan : Untuk Kesehatan, Janin, Ibu hamil, dan Anak-anak

Manfaat minyak ikanMinyak ikan diperoleh dari jenis ikan laut yang berlemak, seperti contohnya ikan trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon.

Advertisement

Minyak ikan menjadi perhatian para ahli gizi dan kesehatan karena karena dua alasan utama yaitu kandungan DHA (docosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid) -yaitu 2 jenis dari asam lemak Omega 3.

Terlepas dari kadar asam lemak omega 3, ikan jenis berminyak juga merupakan sumber vitamin A dan D yang baik!.

Para ahli kesehatan pada umumnya berpendapat bahwa jenis ikan berminyak memiliki manfaat kesehatan lebih baik dari jenis ikan laut lainnya. Namun hal ini masih belum pernah dibuktikan lebih komplit secara ilmiah dalam sebuah studi pada populasi besar.

Banyak otoritas kesehatan di seluruh dunia menyarankan untuk mengkonsumsi salah satu dari banyak ikan jenis berlemak atau suplemen karena alasan  manfaat kesehatan. Studi-studi yang telah dilakukan selama sepuluh tahun terakhir telah menghasilkan hasil yang beragam tentang manfaat dari asupan makanan yang terdiri dari minyak ikan.

Beberapa orang juga bingung tentang minyak ikan dan minyak ikan cod yang berbeda. Minyak ikan diambil dari jaringan ikan laut berminyak seperti tuna, mackerel, herring dan salmon, sementara minyak ikan cod liver diekstrak hanya dari hati ikan cod. Minyak ikan yang tertinggi mengandung asam lemak omega 3 adalah dari minyak ikan cod, namun memiliki jumlah yang lebih rendah vitamin A dan vitamin D.

Inilah 11 Manfaat kesehatan minyak ikan termasuk untuk Janin, ibu hamil, jantung, Otak, Mata, dll

Selama sepuluh tahun terakhir ini telah ada puluhan hasil studi tentang minyak ikan dan omega 3. Beberapa studi telah menddukung klaim ini, sementara studi yang lain tidak. Minyak ikan dikatakan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan termasuk :

1. Multiple sclerosis

Minyak ikan dikatakan bisa membantu meringankan orang dengan kondisi Multiple  Sclerosis(MS), adalah suatu kondisi kronis yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik di mata. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University Hospital di Bergen Norwegia thn 2012 menjelaskan hasil yang contra, bahwa asam lemak omega 3 tidak membantu orang dengan MS.

2.  Kanker prostat

Minyak ikan dapat mengurangi risiko pria terkena kanker prostat jika disertai dengan diet rendah lemak. Namun sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa minyak ikan omega justru meningkatkan risiko kanker prostat . Para penulis, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center melaporkan bahwa asupan minyak ikan yang tinggi meningkatkan risiko kanker prostat progresif hingga sebesar 71% dan semua jenis kanker prostat sebesar 43%.

3. Mencegah depresi posnatal (pada kehamilan)

Minyak ikan yang dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu melindungi ibu dari depresi postnatal. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michelle dari University of Connecticut School of Nursing mengatakan  asupan DHA selama kehamilan dari makanan memiliki potensi untuk mengurangi gejala depresi postpartum .

4. Manfaat untuk kesehatan Mental

Sebuah studi percontohan yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu anak yang lebih muda yang memiliki masalah perilaku, terutama ADHD . Penelitian selama delapan minggu menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi EPA dan DHA antara 8 dan 16 gram per hari menunjukkan penyembuhan yang signifikan pada perilaku mereka.

5.  Manfaat untuk Kinerja memori

Sebuah laporan penelitian dalam jurnal PLOS One Oktober 2012, asupan asam lemak omega-3  dapat membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa muda yang sehat.

Namun manfaat minyak ikan untuk membantu fungsi kognitif pada populasi yang lebih tua mungkin kurang menguntungkan. Sebuah studi oleh para peneliti di University of Iowa menyarankan bahwa asupan tinggi omega 3  tidak ada manfaat penurunan kognitif pada wanita yang lebih tua.

Baca juga:  Manfaat Kalium Bagi Tubuh dan Kesehatan

6.  Manfaat melindungi dari penyakit Jantung

Asam lemak omeg 3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat melindungi jantung dari tekanan mental. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology – Regulatory, Integrative, dan Comparative Physiology mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama lebih dari satu bulan mengalami lebih sedikit masalah stres mental dalam pengukuran kesehatan kardiovaskular daripada mereka yang tidak.

Peneliti dari University of Pittsburgh Graduate School of Public Health menentukan penyebab mengapa kejadian penyakit jantung di Jepang jauh lebih rendah daripada di Amerika Serikat, Kanada, Eropa Barat dan Australasia.

Hal ini seperti yang  dilaporkan dalam Journal of American College of Cardiology pada bulan April 2008 bahwa asupan ikan yang kaya omega 3 di Jepang jauh lebih tinggi daripada di negara-negara maju lainnya. Para penulis percaya bahwa konsumsi minyak ikan di Jepang yang lebih tinggi adalah penyumbang utama untuk rendahnya tingkat penyakit jantung relatif lebih rendah.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa perbedaan ini tidak dapat dijelaskan oleh faktor genetik, karena orang Jepang yang menetap di Amerika memiliki tingkat yang sama dari pengerasan arteri (aterosklerosis). Aterosklerosis merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung.

7. Melindiungi dari penyakit Alzheimer (pikun)

Klaim supan minyak ikan secara teratur akan membantu mencegah mengembangkan penyakit Alzheimer. Namun, sebuah studi besar di tahun 2010 menemukan bahwa minyak ikan dan plasebo tidak berbeda dalam pencegahan Alzheimer.

Sebaliknya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Neurology pada tahun 2007 melaporkan bahwa diet ikan, omega-3, buah dan sayuran mengurangi demensia dan risiko Alzheimer.

8. Melindungi kita dari kehilangan penglihatan diusia tua

Diet yang cukup asupan DHA melindungi orang dari kondisi yang berkaitan masalah kebutaan terkait usia, kata penelitian di Kanada dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Science Visual .

9. Mengurangi gejala Epilepsi

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry mengklaim bahwa mengkonsumsi dosis rendah omega 3 dari minyak ikan setiap hari mengurangi frekwensi kejang pada pasien epilepsi.

Tim peneliti di University of California – Los Angeles (UCLA) School of Medicine, mengatakan temuan mereka mungkin sangat berguna untuk pasien epilepsi yang tidak dapat merespon  obat lagi.

10. Mengurangi risiko mengembangkan psikosis

Penelitian telah mengungkapkan bahwa asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan mungkin efektif untuk mengurangi risiko psikosis .

Penelitian yang diterbitkan di Nature Communications merinci bagaimana intervensi suplemen omega-3 secara substansial selama 12 minggu mengurangi risiko untuk mengembangkan gangguan psikotik jangka panjang.

11. Manfaat untuk Ibu Hamil dan janin

Asupan omega 3 dapat membantu meningkatkan kognitif dan pengembangan motorik pada janin . Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008, para ilmuwan dari L’Université Laval menemukan bahwa asupan omega pada ibu selama trimeter akhir kehamilannya meningkatkan sensorik, kognitif dan motorik pada perkembangan bayinya.

Pada halaman berikutnya kita melihat apa omega-3 asam lemak, apakah suplemen minyak ikan menawarkan manfaat jantung, kami memeriksa apakah Jepang rendah penyakit jantung tarif terkait dengan konsumsi minyak ikan yang tinggi dan kita daftar yang makanan kaya omega-3 lemak asam.

Demikian beberapa manfaat mengonsumsi minyak ikan atau ikan yang berminyak untuk kesehatan secara keseluruhan termasuk Kehamilan, anak-anak, janin, yang dilihat dari tingginya kandungan asam lemak omega 3.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *