Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Manfaat minum kopi untuk kesehatanBagi banyak orang, kopi merupakan bagian dari gaya hidup cukup penting. Bahkan banyak yang bilang kalau tidak minum kopi bisa menjadi lesu, kurang semangat, ngantuk , dsb. Tapi benarkah demikian? Apakah memang kopi bisa membuat hidup menjadi lebih ceria? atau apa benar kopi ada manfaatnya untuk kesehatan?.. Jawabannya bisa Anda peroleh seusai membaca artikel ini. Secangkir kopi dipagi bisa membuat kita bisa melakukan lebih banyak  dalam beraktifitas sehari-hari. Efek untuk kesehatan kopi sudah lama menjadi perdebatan, ada yang mendukung dan megatakan kopi mengandung aktivitas antioksidan dan meningkatkan kemampuan – dan yang kontra mengatakan kopi membuat susah tidur, gangguan pencernaan, meningkatkan denyut jantung hingga tekanan darah. Namun fakta ilmiah terbaru telah membawa banyak khabar baik bagi para pecinta kopi. Baca juga : Manfaat Makan Buah Anggur bagi Kesehatan

Advertisement

Berikut adalah 10 alasan mengapa minum kopi bagus untuk Kesehatan

Kopi merupakan sumber potensial antioksidan yang menyehatkan.

Bahkan kopi menunjukkan aktivitas antioksidan lebih dari teh hijau dan coklat, yang merupakan maha antioksidan. Para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang belum diolah, dan ratusan jenis lainnya bertambah setelah proses pemanggangan. Sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwa kopi memang hebat, dan dalam beberapa kasus merupakan sumber utama antioksidan untuk mata.

Antioksidan akan melawan peradangan, yaitu penyebab yang mendasari banyak penyakit kronis termasuk arthritis, aterosklerosis dan berbagai jenis kanker. Hal ini juga menetralisir radikal bebas, yaitu zat yang terjadi secara alami sebagai bagian dari fungsi metabolisme namun menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan penyakit kronis. Dengan kata lain, antioksidan membantu menjaga kesehatan kita di tingkat mikro dengan cara melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan. Asam klorogenat, yaitu jenis antioksidan penting yang ditemukan hampir dalam semua kopi yang juga diduga membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Kafein mendorong peningkatan memori jangka pendek.

Sekelompok relawan yang menerima takaran 100 mg kafein(sebanyak yang terkandung dalam satu cangkir kopi), para peneliti Austria menemukan peningkatan cepat aktivitas otak pada para relawan yang diukur dengan citra resonansi magnetik fungsional (fMRI) karena mereka melakukan tugas memori. Para peneliti mencatat bahwa kemampuan memori dan waktu reaksi pada relawan yang diberi kafein juga meningkat jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya menerima plasebo yang tidak menunjukkan peningkatan aktivitas otak.

Kafein terlihat mempengaruhi daerah-daerah tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk memori dan konsentrasi, memberikan dorongan untuk memori jangka pendek. Hal ini meskipun masih tidak jelas berapa lama, namun efek yang berlangsung mungkin bervariasi tiap orang.

Kopi membantu mencegah penurunan kognitif.

Selain mendorong aktivitas otak dan memori sementara, minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer dan jenis-jenis demensia lain. Dalam sebuah studi di Finlandia para peneliti menemukan bahwa minum 3 hingga 5 cangkir kopi setiap hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan 65% penurunan risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Menariknya, para penulis penelitian juga mengukur pengaruh minum teh pada penurunan kognitif, tetapi tidak menemukan keterkaitan ini.

Ada beberapa teori tentang bagaimana kopi bisa  membantu mencegah atau melindungi dari penurunan kognitif. Sebuah teori mengatakan : kafein mencegah penumpukan plak beta-amyloid yang dapat berkontribusi pada perkembangan Alzheimer. Para peneliti juga berteori bahwa hal ini karena minum kopi bisa dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, faktor risiko demensia, juga menurunkan risiko mengembangkan demensia.

Kopi menyehatkan jantung

Sebuah penelitian di Belanda Tengara, yang menganalisis data dari lebih dari 37.000 orang selama jangka 13 tahun, menemukan bahwa peminum kopi sedang ( mengkonsumsi antara 2 sampai 4 cangkir sehari) memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk penyakit jantung jika dibandingkan dengan peminum kopi berat dan bukan peminum.

Kok bisa? Ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa kopi mendukung kesehatan jantung dengan cara melindungi terhadap kerusakan arteri yang disebabkan oleh peradangan.

Kopi bisa membantu memperlambat kanker tertentu.

Pria yang minum kopi mungkin berisiko lebih rendah terkena kanker prostat agresif. Selain itu, penelitian baru dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi sehari pada wanita, menurunkan risiko kanker endometrium pada sebesar 25% dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir kopi sehari. Para peneliti juga menemukan hubungan antara asupan minum kopi reguler dan tingkat yang lebih rendah dari kanker hati,kanker usus besar, kanker  pay*dara, dan kanker dub*r.

Polifenol, yaitu fitokimia antioksidan yang ditemukan dalam kopi telah menunjukkan sifat anti kanker dalam beberapa penelitian dan diperkirakan  membantu mengurangi peradangan yang bisa bertanggung jawab untuk beberapa jenis tumor.

Kopi bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah badan penelitian pertumbuhan tubuh menunjukkan hubungan antara minum kopi dan penurunan risiko diabetes. Sebuah studi ditahun 2009 menemukan bahwa risiko perkembangan diabetes  turun 7% untuk setiap cangkir kopi setiap harii. Studi epidemiologi sebelumnya melaporkan bahwa peminum kopi berat (secara teratur minum 4 cangkir atau lebih sehari) memiliki risiko diabetes 50 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan peminum kopi ringan atau bukan peminum kopi.

Baca juga:  11 Tips Cara mudah Agar Cepat Tidur Pulas

Para ilmuwan percaya bahwa kopi mungkin bermanfaat dalam menjaga diabetes dengan beberapa cara: (1) membantu tubuh menggunakan insulin dan melindungi sel-sel yang memproduksi insulin, yang memungkinkan regulasi gula darah yang efektif; (2) mencegah kerusakan jaringan; dan (3) dan melawan peradangan, yang diketahui merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Salah satu komponen kopi yang dikenal dengan asam caffeic ditemukan sangat signifikan mengurangi deposit beracun protein abnormal (fibril amiloid) yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Namun Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kopi mengurangi sensitivitas sel otot untuk efek insulin, yang mungkin mengganggu metabolisme gula dan meningkatkan kadar gula darah. Namun temuan ini masih belum jelas.

Bagus untuk menunjang kesehatan hati

Selain menurunkan risiko kanker hati, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan kejadian lebih rendah sirosis hati terutama sirosis alkoholik. Sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan hubungan terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis. Penurunan resiko 20% untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi (hingga empat cangkir).

Para ilmuwan menemukan hubungan terbalik antara minum kopi dan kadar enzim hati. Peningkatan kadar enzim hati biasanya mencerminkan adanya peradangan dan kerusakan hati. Semakin minum kopi, semakin rendah tingkat enzim hati.

Kopi dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Kafein adalah dehidran, sehingga banyak para ahli kebugaran yang merekomendasikan kopi sebelum dan sesudah latihan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan kafein moderat sampai sekitar 500 mg, atau sekitar 5 cangkir per hari tidak menyebabkan dehidrasi yang mengganggu pada latihan senam. Selain itu, kopi juga membantu melawan kelelahan, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

Kafein adalah penambah kinerja dan daya tahan tubuh; tidak hanya  melawan kelelahan, tetapi juga memperkuat kontraksi otot, mengurangi persepsi berolahraga yang sakit, dan meningkatkan asam lemak dalam darah yang mendukung daya tahan.

Menurunkan resiko depresi pada wanita

Beberapa penelitian telah menghubungkan minum kopi dengan tingkat depresi yang lebih rendah pada pria dan wanita. Dalam beberapa penelitian, data menunjukkan ada hubungan terbalik antara mengkonsumsi kopi dan depresi. Dengan kata lain, peminum kopi berat sepertinya memiliki risiko depresi terendah hingga%.

Para peneliti belum yakin mengapa bisa kopi mencegah depresi, tetapi diketahui bahwa kafein mengaktifkan neurotransmitter yang mengontrol suasana hati, termasuk dopamin dan serotonin.

Mencegah gout/nyeri sendi akibat asam urat

Studi independen pada pola konsumsi kopi pada pria dan wanita menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur mengurangi risiko perkembangan gout. Para peneliti di Nurses Health Study menganalisa kebiasaan hampir 90.000 perawat wanita selama 26 tahun; dan menemukan hubungan positif antara konsumsi kopi jangka panjang dan penurunan risiko gout. Wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi biasa setiap hari memiliki penurunan resiko gout 57% , 22% pada wanita yang minum antara satu dan tiga cangkir per hari; dan satu cangkir kopi tiap hari tanpa kafein dikaitkan dengan 23% penurunan risiko gout jika dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi sama sekali. Temuan serupa untuk Pria telah didokumentasikan di jurnal Arthritis & Rheumatism, yang menemukan bahwa pria yang minum 4 sampai 5 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko gout sebesar 40%n, dan yang mengkonsumsi 6 cangkir atau lebih menurunkan risiko gout hingga 60%.

Menurut Nurses Health Study, sifat antioksidan pada kopi dapat menurunkan risiko gout dengan cara mengurangi insulin, yang pada akhirnya menurunkan kadar asam urat (konsentrasi tinggi dari asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan gout).

Efek samping minum kopi

Banyaknya manfaat minum kopi untuk kesehatan adalah khabar baik, tapi itu tidak berarti minum kopi lebih banyak lebih baik. Bagi sebagian orang, kopi dapat menyebabkan iritabilitas, kegugupan, atau masalah kecemasan tingkat tinggi, dan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan insomnia. Pada orang dengan hipertensi, mengkonsumsi kopi meningkatkan tekanan darah meskipun tidak lebih dari beberapa jam; tapi tidak ada keterkaitan yang ditemukan antara minum kopi dan peningkatan tekanan darah jangka atau penyakit kardiovaskular pada pasienyang sudah ada hipertensi.

Pengaruhi kafein pada setiap orang bisa berbeda. Jadi jika Anda mengalami efek samping yang negatif, cobalah mengurangi konsumsi kopi sesuai kebutuhan Anda pribadi. Membutuhkan waktu sekitar enam jam  efek kafein bisa luntur, sehingga batasi minum kopi untuk pagi hari, atau pindah ke decaf yang hanya mengandung sekitar 2 sampai 12 mg kafein per delapan ons. Konsumsi kopi Anda secara bertahap.

Cara sehat minum kopi

Jadi berapa banyak konsumsi kopi yang sehat, dan berapa takaran yang terlalu banyak? Dua sampai tiga cangkir delapan ons per hari dianggap moderat; dianggap sebagai peminum kopi berat jika mengkonsumsi empat cangkir atau lebih setiap hari. Ingat, jumlah kafein per cangkir kopi berbeda tergantung pada pembuatan dan cara minuman. Delapan ons kopi yang diseduh percangkir mungkin berisi sesedikitnya 80 atau sebanyaknya 200 mg kafein(rata-rata cangkir mungkin mengandung sekitar 100 mg). (Source)

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *