Manfaat Minum Segelas air hangat dan lemon di pagi hari

manfaat air lemon hangan dipagi hariMinum segelas air lemon hangat setiap pagi hari bisa membuat perbedaan besar bagi tubuh Anda. Hal ini akan mengaktifkan proses pencernaan untuk sepanjang siang hari nanti. Menurut filsafat Ayurvedic, ini adalah cara yang baik untuk mengawali rutinitas sehari-hari baik untuk membangun ketahanan terhadap penyakit atau menyembuhkkannya. Ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan yang sudah dikenal selama berabad-abad lamanya. Hal ini terutama adalah memiliki sifat yang kuat sebagai antibakteri, antivirus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga merupakan sarana untuk membantu menurunkan berat badan karena air lemon membantu pencernaan dan pembersih  liver. Lemon mengandung banyak zat terutama asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene (yang mempromosikan kekebalan tubuh dan melawan infeksi). Baca juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Advertisement

Inilah Manfaat luarbiasa jika kita Minum air lemon dengan air hangat Setiap Pagi sebelum makan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jus lemon bersifat mendorong keluar zat racun dan kotoran dari dalam tubuh. Hal ini karena komposisi atomnya mirip dengan air liur dan asam klorida pada cairan pencernaan – yang mendorong liver untuk memproduksi empedu yang merupakan asam yang diperlukan untuk mencerna makanan. Lemon juga banyak mengandung mineral dan vitamin yang ikut berkontribusi dalam membersihkan racun dalam saluran pencernaan. Air jeruk lemon juga memiliki kualitas untuk meringankan gejala gangguan pencernaan seperti maag, bersendawa, dan kembung. The American Cancer Society merekomendasikan air lemon hangat untuk penderita kanker untuk membantu merangsang buang air besar.

Membersihkan Sistem tubuh

Air lemon membantu mendorong keluar bahan yang tidak diinginkan tubuh seperti racun, karena lemon bersifat meningkatkan tingkat buang air kecil. Ketika racun bisa lebih cepat dikeluarkan maka hal ini akan membantu menjaga saluran kemih agar selalu sehat. Asam sitrat dalam lemon membantu memaksimalkan fungsi enzim, yang merangsang dan membantu detoksifikasi hati.

Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Lemon mengandung  tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh. Lemon juga tinggi kalium, yaitu elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang fungsi otak dan saraf dan membantu mengontrol tekanan darah. Asam askorbat atau vitamin C juga menunjukkan efek anti inflamasi dan juga digunakan untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh – zat besi memainkan peran penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung saponin, yaitu senyawa aktif yang menunjukkan sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah flu dan pilek. Lemon juga dapat mengurangi jumlah dahak yang diproduksi oleh tubuh ketika pilek atau batuk pilek.

Meningkatkan pH tubuh.

Lemon adalah salah satu makanan yang paling alkali bagi tubuh. Lemon hanya bersifat asam pada rasanya saja, tapi di dalam tubuh air lemon adalah basa (asam sitrat tidak menciptakan keasaman dalam tubuh setelah dimetabolisme). Lemon mengandung sitrat dan asam askorbat, asam yang dengan mudah dimetabolisme tubuh yang memungkinkan kandungan mineral dalam lemon untuk membantu alkalinitas darah. Keadaan sakit hanya terjadi ketika pH tubuh menjadi asam. Minum air lemon secara teratur dapat membantu menghilangkan keasaman tubuh dan kelebihan asam urat, yang merupakan salah satu penyebab utama sakit dan peradangan pada sendi.

Baca juga:  Manfaat Garam Inggris untuk tanaman Hingga Kesehatan

Mencegah penuaan dini

Vitamin C vitamin serta antioksidan lainnya membantu mencegah keriput dan noda pada kulit dan membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Vitamin C sangat penting untuk kulit agar sehat, dan sifat alkali akan mematikan bakteri penyebab jerawat. Hal ini bisa secara langsung diterapkan ke bekas luka atau bintik-bintik hitam akibat penuaan untuk membantu menguranginya. Pembersihan racun dari darah oleh lemon juga akan membantu menjaga kulit bersih dari noda dari dalam dan luar. Vitamin C yang terkandung dalam lemon akan meremajakan kulit Anda dari dalam.

Memberikan energi dan Meningkatkan mood

Manusia mendapat energi dari atom dan molekul yang ada dalam makanan. Reaksi terjadi ketika ion bermuatan positif dari makanan memasuki saluran pencernaan dan berinteraksi dengan enzim yang  bermuatan negatif. Lemon adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung ion bermuatan negatif lebih banyak, yang akan memberikan tubuh lebih banyak energi ketika memasuki saluran pencernaan. Aroma lemon juga memiliki efek meningkatkan suasana hati dan bisa membantu membersihkan pikiran Anda. Lemon juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Mempercepat proses penyembuhan.

Asam askorbat yang banyak terdapat di lemon bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, dan merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan. Sebagaimana telah dicatat sebelumnya, vitamin C juga menunjukkan sifat anti-inflamasi. Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan yang baik dan mempercepat pemulihan dari stres dan luka.

Menyegarkan pernafasan

Selain dapat membuat napas menjadi segar, lemon juga dikenal sangat membantu meringankan sakit gigi dan radang gusi. Tapi asam sitrat dapat mengikis enamel gigi, jadi jangan menyikat gigi setelah minum air lemon. Cara terbaiknya adalah minum air lemon setelah menyikat gigi, atau kalau perlu menunggu agak lama setelah menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa berkumur dengan air bersih setelah selesai minum air lemon.

Menghidrasi sistem getah bening

Air hangat danair jeruk lemon mendukung sistem kekebalan tubuh dengan cara menghidrasi dan mengganti cairan yang hilang. Ketika tubuh Anda kekurangan air maka Anda bisa merasakan efek samping seperti merasa lelah, lesu, penurunan fungsi kekebalan tubuh, sembelit, kekurangan energi, tekanan darah rendah / tinggi, sulit tidur, stres atau galau.

Membantu menurunkan Berat Badan.

Lemons tinggi serat yang disebut dengan pektin, yang membuat kenyang bisa lebih lama. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menganut diet alkali dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Cara mempersiapkannya :

Anda harus menggunakan air bersih dan suam-suam kuku dan tidak terlalu panas. Jangan menggunakan air es, karena tubuh akan membutuhkan waktu dan energi lebih banyak untuk memproses air dingin daripada air hangat. Selalu gunakan jeruk lemon yang segar bukan jus lemon dalam botol, dan organik jika mungkin. Cuci bersih lemon, dan Anda hanya cukup mengiris tipis sebanyak 3-4 bagian dan memasukkannya kedalam segelas air hangat.  Aduk-aduk sampai air menjadi suam-suam kuku sebelum di minum.

Kini sudah mulai banyak orang yang sadar akan kesehatan, dan banyak yang mulai minum air lemon hangat  setiap pagi sebelum makan apapun.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *