Manfaat HEBAT Mintak Kayu Putih untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kayu putihManfaat minyak kayu putih dan sifat-sifatnya yang umum termasuk anti inflamasi, antispasmodic, dekongestan, deodoran, antiseptik, antibakteri, stimulan, dan berkhasiat obat lainnya. Minyak atsiri Kayu putih tidak berwarna dan memiliki rasa dan bau yang khas. Manfaat minyak esensial ini telah menjadi perhatian diseluruh dunia, sehingga mendorong eksplorasi untuk penggunaannya sebagai aromaterapi serta pengobatan tradisional. Minyak atsiri tanaman kayu putih atau juga disebut Eucalyptus ini didapatkan dari ekstraksi pucuk daun yang masih hijau dan segar.

Advertisement

Karena mengandung senyawa eucalyptol, minyak kayu putih banyak digunakan untuk berbagai macam obat termasuk obat gosok, inhaler, krim ruam, dan obat kumur.

Inilah beberapa Manfaat minyak kayu putih untuk Kesehatan yang paling umum

Membantu menyembuhkan Luka luar :

Minyak esensial kayu putih memiliki sifat antiseptik, oleh karena itu bisa digunakan untuk membantu penyembuhan luka luar, bisul, luka bakar, dan lecet, juga merupakan salep yang efektif untuk meringankan efek gigitan atau sengatan serangga. Selain menenangkan, kayu putih juga melindungi luka yang terbuka atau daerah yang teriritasi dari infeksi mikroba dan paparan udara.

Meredakan masalah pernapasan:

Minyak kayu putih efektif untuk mengobati sejumlah masalah pernapasan termasuk  batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, hidung tersumbat, bronchitis dan sinusitis. Minyak atsiri yang memiliki bau menyengat ini adalah antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, anti inflamasi dan dekongestan alami, sehingga menjadi bahan untuk banyak obat-obatan yang bertujuan mengobati masalah pernapasan. Sebuah studi yang diterbitkan di majalah Laryngoscope pada tahun 2004 menunjukkan kegunaannya sebagai obat sinusitis non bakteri – pederita lebih cepat sembuh ketika diberi obat yang mengandung minyak kayu putih. Minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat efektif mengobati sakit tenggorokan.

Asma: Asma adalah suatu kondisi yang telah banyak mempengaruhi orang di seluruh dunia. Salah satu perawatan yang banyak digunakan adalah penggunaan minyak kayu putih. Cukup memijat dada dengan 1-3 tetes minyak, maka aroma dan uapnya akan membantu menenangkan tenggorokan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke paru-paru dan pernapasan bisa normal kembali. Sifat anti inflamasi dari minyak esensial kayu putih juga ikut berperan membantu meredakan gejala asma.

Meredakan Kelelahan mental:

Minyak kayu putih menciptakan efek pendinginan dan menyegarkan. Dengan demikian ia juga bermanfat sebagai stimulan, menghilangkan kelelahan dan kelesuan mental.

Selain kelelahan mental, minyak esensial kayu putih umumnya digunakan untuk merangsang aktivitas mental dan meningkatkan aliran darah ke otak. Minyak esensial adalah vasodilator, yaitu yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dengan cara merelaksasi pembuluh darah dan memungkinkan lebih banyak darah  yang  beredar.

Meredakan Nyeri otot:

Jika Anda mengalami nyeri sendi dan otot, memijatnya dengan minyak kayu putih pada permukaan kulit dapat membantu meringankan stres dan meredakan rasa sakit pada otot. Sifat Minyak kayu putih yang mudah menguap merupakan analgesik dan anti-inflamasi yang alami. Oleh karena itu hal ini  seringkali dianjurkan untuk pasien yang menderita rematik, sakit pinggang, ligamen dan tendon terkilir, otot kaku, pegal-pegal, fibrosis dan bahkan nyeri saraf. Minyak kayu putih harus sambil dipijatkan dengan gerakan memutar pada daerah yang sakit.

Baca juga:  Manfaat Asam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Merawat  gigi:

Minyak tanaman Eucalyptus ini juga sangat efektif untuk gigi berlubang, plak gigi, gingivitis dan infeksi gigi lain karena aktifitas  kuman. Karena hal inilah kenapa minyak atsiri kayu putih banyak ditemukan sebagai bahan aktif dalam obat kumur, pasta gigi, dan produk kebersihan gigi lainnya.

Mengusir Kutu Rambut :

Karena memiliki manfaat penolak serangga dan pestisida alami, minyak kayuputih juga sering digunakan sebagai obat kutu alami. Beberapa obat kutu kimia bisa merusak rambut, serta mengandung  bahan kimia berbahaya yang  tidak baik jika diserap ke dalam kulit – sehingga menyisirkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk mengusir kutu kepala adalah solusi alami yang jauh lebih baik dan sehat.

Menangkal Bakteri usus :

Minyak kayu putih varmeg sering digunakan untuk menghilangkan kuman dalam usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa menelan minyak kayu putih bisa mencegah bakteri, mikroba, dan parasit terutama daerah-daerah yang rentan seperti usus.

Perawatan kulit :

Minyak kayu putih sering digunakan secara topikal(dioleskan) untuk mengobati infeksi kulit.

Diabetes :

Penderita diabetes umumnya mengalami kekurangan sirkulasi darah yang baik, yang bisa membahayakan bahkan bisa mengakibatkan amputasi atau kematian. Oleh karena itu sering memijat minyak kayu putih ke kulit secara topikal, dan juga menghirup uap bisa memudahkan akibat kondisi penyempitan pembuluh darah.

Sabun Mandi :

Minyak kayu putih juga banyak digunakan dalam sabun, deterjen dan pembersih rumah tangga. Hal ini terutama karena aromanya dan efeknya sebagai deodoran, antibakteri, antiseptik, dan agen antimikroba.

Pereda TBC dan Pneumonia :

minyak esensial Eucalyptus memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antiseptik, jadi jika dipijat ke dada sebagai obat gosok atau inhalansia, dapat meringankan gejala seperti tuberkulosis dengan cara membersihkan paru-paru dan mengurangi peradangan. Hal baik  jika diterapkan pada dada dan punggung sebelah atas daerah paru-paru.

Obat kumur :

Telah disebutkan di atas bahwa minyak atsiri kayu putih adalah bahan dasar untuk banyak obat kumur dan pasta gigi, dan sejumlah besar penelitian yang dilakukan juga telah menemukan kualitas antimikroba ini.

Mandi Sauna:

Juga telah umum orang menambahkan minyak kayu putih kedalam bak mandi, spa dan sauna karena efek yang menyegarkan dan sifat antiseptik yang dimilikinya. Sebagian besar manfaat minyak esensial kayu putih bisa diambil melalui uap, penggunaan topikal atau oral. Oleh karena itu, sering digunakan untuk aromaterapi – sering termasuk dalam paket perawatan spa.

Kehati-hatian

  • Ada beberapa efek samping yang buruk jika terlalu banyak minyak kayu putih, karena justur dapat bisa racun.
  • Bisa mengganggu pengobatan lainnya.
  • Bagi orang-orang tertentu sensitif terhadap alergi, minyak esensial kayu putih mungkin bisa menjadi menyebabkan dermatitis udara, yang bisa membuat sangat tidak nyaman bahkan membahayakan. Sebelum menggunakan perawatan alternatif kayu putih, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapat tes alergi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *