Manfaat Makan Buah Anggur bagi Kesehatan

manfaat buah angur bagi kesehatanBuah anggur terdapat dalam banyak jenis, dan jika dilihat dari warnanya ada anggur merah, hitam, ungu, hijau, dll. Semuanya lezat dan bisa menjadi tambahan yang bagus untuk salad buah yang sehat untuk diet Anda, karena anggur banyak menawarkan senyawa kunci bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini akan menjaga kita dari kondisi seperti penyakit jantung, kanker, sembelit, bahkan hingga membantu menjaga berat badan yang normal. Apa saja sih alasan kenapa kita perlu mengkonsumsi buah anggur?

Advertisement

Berikut beberapa alasan nyata untuk memasukkan anggur ke dalam diet Anda :

Mencegah penyakit jantung :

Anggur menyediakan polifenol dan flavonoid dalam jumlah cukup seperti quercetin, yang membantu mencegah perkembangan penyakit jantung dengan cara menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan fungsi endotel dan mengurangi tekanan darah. Senyawa ini juga memiliki efek mengurangi peradangan dan menghambat agregasi platelet yang mempromosikan aterosklerosis dan menyebabkan serangan jantung.

Membantu menurunkan berat badan :

Seperti halnya mentimun dan labu kuning, anggur juga merupakan pilihan yang baik bagi yang ingin menurunkan berat badan. Satu porsi 100g anggur hanya mengandung 67 kalori, namun sarat dengan air dan serat pangan yang  akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah rasa lapar untuk waktu yang lama.

Membantu mencegah kanker :

Anggur menyediakan beberapa jenis zat antioksidan plus sifat anti-inflamasi sehingga membuatnya benar-benar baik buah pencegah kanker. Antioksidan seperti myricetin dan quercetin mencegah sel-sel Anda dari kerusakan radikal bebas sehingga menjaga tubuh dari kanker.

Baik untuk mata Anda :

Tentunya mata adalah bagian yang sangat penting dari tubuh kita, karena tanpanya kita hanya melihat kegelapan. Anggur kaya akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia.

Mencegah sembelit:

Anggur dan jus anggur banyak dianjurkan bagi mereka yang menderita sembelit. Tidak hanya kaya dengan serat yang mempromosikan pergerakan usus yang baik tetapi juga meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim pencernaan.

Membuat Anda terlihat lebih muda :

Senyawa antioksidan yang kuat yaitu polifenol dan vitamin terdapat dalam buah anggur yang akan mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga:  Obat Batuk Tradisional paling Ampuh

Baik untuk penderita diabetes :

Meskipun sebagian besar buah-buahan baik untuk penderita diabetes, namun buah-buahan tertentu seperti semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi. Anggur memang memiliki rasa yang manis, tetapi memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Of Nutrition, buah anggur bahkan dapat membantu fungsi sel beta yang memproduksi insulin menjadi lebih baik.

Membantu meningkatkan memori:

Peran anggur yang kompleks pada memori dan kognisi telah dipelajari secara ekstensif dalam beberapa tahun terakhir. Sementara beberapa senyawa kimia dalam buah anggur yang terkait dengan peningkatan memori dan kognitif, studi pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi rutin anggur dapat mencegah penurunan memori terkait usia.

Meningkatkan kekebalan tubuh :

Antioksidan dalam buah anggur telah dikaitkan dengan penurunan risiko respon imun yang tidak terkontrol. Penelitian telah menunjukkan bahwa anggur memiliki efek memodulasi kekebalan dalam sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan berkurangnya peradangan dan peningkatan produksi mediator kekebalan yang membuat respon imun yang lebih kuat,  sehingga menjadi perlindungan tubuh yang lebih baik terhadap infeksi.
80% dari buah anggur terdiri dari air yang dapat membantu membilas racun dari dalam tubuh Anda. Demikian beberapa manfaat utama makan buah anggur. Anda mungkin ingin membaca juga : Inilah Buah Murah yang Berkhasiat Tinggi

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *