Manfaat Madu untuk Perawatan kulit Wajah

Manfaat madu untuk Wajah

Gambar : manfaat madu untuk wajah dan kecantikan

Advertisement

Madu adalah bahan antiseptik alami dan juga berfungsi sebagai humektan yang bermanfaat bagi kesehatan dan perawatan kulit wajah. Dengan madu, kulit akan mendapatkan kelembaban ekstra dan peningkatan kecantikannya. Madu juga tercatat sebagai bahan alami yang berguna membantu menghilangkan jerawat karena sifat antibakteri yang membantu penyembuhan luka. Anda bisa menggunakan madu untuk wajah dengan berbagai cara seperti scrub wajah dan masker wajah. Sebelum Anda mulai menghabiskan uang untuk membeli krim anti-penuaan dan pelembab, cobalah tonik buatan sendiri dengan madu yang harganya sangat jauh lebih murah dan tentunya tanpa efek samping.

Manfaat Madu untuk Kulit Wajah

Mempertahankan kelembaban alami kulit

Madu memiliki kemampuan untuk menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit sehingga membuatnya sebagai bahan ideal dalam banyak kosmetik karena membantu menjaga kulit terhidrasi dan mencegah kulit kering. Budaya kuno telah menggunakan campuran madu dan susu yang diterapkan secara teratur untuk wajah untuk menjaganya tampak muda,  berseri-seri, dan halus.

Antioksidan alami dan sifat antimikroba

Madu adalah antioksidan alami dan memiliki sifat anti-mikroba, sehingga dapat membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat sinar matahari, mendukung kemampuan kulit untuk meremajakan diri,  menyegarkan, menghaluskan, melembutkan, dan membuat lentur kulit. Salah satu manfaat perawatan kulit alami dengan madu yang paling umum adalah terkait dengan pengobatan jerawat yang dapat disebabkan oleh perubahan hormona.

Pembersih alami yang ideal bagi kulit

Madu menyerap kotoran dari pori-pori kulit, sehingga menjadikannya sebagai agen pembersih yang ideal. Dengan manfaat alami ini, maka tidak mengherankan jika sejumlah besar produk untuk perawatan rambut, perawatan bayi, perawatan kulit untuk tabir surya, lotion tangan, scrub wajah dan pelembab memasukkan madu sebagai bahan dasarnya.

Berikut beberapa cara menggunakan Madu untuk perawatan Wajah alami

Facial Scrub dari Madu

Ini adalah cara yang bagus untuk pengelupasan dan melembabkan wajah Anda psecara bersamaan. Ambil satu sendok makan madu dan campurkan dengan beberapa sdm bubuk kacang tanah, tambahkan sedikit air perasan lemon segar, kemudian pergunakan untuk memijat lembut pada kulit Anda. Kacang berfungsi untuk pengelupasan, sementara jus lemon akan mencerahkan dan menghilangkan noda. Kulit Anda akan terasa kencang, halus dan terlihat lebih segar setelah perawatan ini.

Madu dan Telur Putih

Cara ini bertujuan untuk mengencangkan kulit wajah Anda. Kocok putih telur organik/telur ayam kampung dengan satu sendok makan madu organik. Semakin gelap dan pekat warna madu semakin baik karena lebih banyak mengandung antioksidan. Gosokkan campuran ini dengan lembut pada wajah Anda dan biarkan setidaknya 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan nikmatilah wajah yang kencang dan halus. Anda akan melihat pori-pori Anda lebih kecil dan secara keseluruhan mendapatkan penampilan yang lebih muda.

Baca juga:  Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

Madu dan Minyak zaitun

Campurkan sesendok madu dengan satu sendok teh minyak zaitun organik, kemudian aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan perasan air jeruk lemon dan setetes minyak esensial favorit Anda. Minyak zaitun extra virgin organik selalu menjadi pilihan terbaik. Gunakan pada wajah seperti pada cara-cara sebelumnya. Cara ini akan melembabkan kulit Anda dan terasa lebih lembut dari sebelumnya.

Masker Madu dan kayu manis

Kayu manis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta dapat bekerja dengan baik sebagai exfoliant kulit alami. Sifat antimikroba dan antivirus dari kedua bahan ini bersinergis untuk meningkatkan penampilan kulit Anda.

Campurkan 3 sendok makan bubuk kayu manis dengan 2 sendok makan madu organik, lalu aduk sampai kayu manis dan madu tercampur rata dan tidak ada gumpalan yang terlihat. Oleskan kewajah sebagai masker. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk manfaat tambahan, cobalah masker ini untuk sepanjang malam jika Anda bisa.

Masker kunyit, bawang putih dan madu

Kunyit dan bawang putih telah digunakan selama ribuan tahun untuk  tujuan perawatan kesehatan. Kunyit dan bawang putih keduanya memiliki karakteristik antiseptik alami antibakteri, dan antivirus. Menggabungkan dengan madu akan menciptakan masker anti-inflamasi yang sangat kuat.

Ambil 6 siung bawang putih lanang, kupas dan hancurkan, lalu campurkan dengan 3 sendok makan madu organik kedalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan 1/2 sendok teh kunyit dan aduk sampai merata.  Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan selama 10 menit. Jangan khawatir jika  sedikit terasa panas, karena ini adalah normal. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dan keringkan.

Masker apel dan madu

Perawatan ini adalah cara yang efektif untuk mengatasi jerawat, dengan cara mempercepat proses penyembuhan, mengurangi peradangan,  dan mencegah perkembangan lesi jerawat baru. Hal ini juga akan menghilangkan kelebihan minyak dari kulit, sehingga membuat wajah menjadi lembut dan halus. Pembukaan pori dan pembersihan dari apel segar akan sangat meningkatkan kulit Anda.

Cara membuatnya cukup ambil satu buah apel organik dan buang bijinya. Tambahkan 4 sendok makan madu organik kemudian diblender sampai campuran halus dan merata. Oleskan masker ini secara merata pada wajah dan biarkan mengering. Setelah 15 menit cuci bersih, dan keringkan dengan cara ditepuk handuk kering dengan lembut.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *