Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

Manfaat madu hitam pahit untuk kesehatanSemakin gelap warna madu, maka akan semakin tinggi kandungan antioksidan yang dimilikinya. Dalam madu hitam, warna gelap ini dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga tanaman mahoni dan kamboja, khususnya yang berasal dari didaerah Kalimantan. Madu hitam memiliki rasa yang pahit, hal ini menunjukkan jika kandungan glukosa didalamnya lebih rendah – sehingga cocok digunakan sebagai suplemen bagi penderita diabetes. Madu hitam juga mengandung lebih tinggi senyawa alkaloid yang memiliki sifat anti infeksi dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat madu hitam pahit yang perlu Anda ketahui

Cocok untuk diabetes tipe 2

Jenis madu ini benar-benar pahit karena rendah glukosa, serta mengandung alkaloid tinggi yang menguntungkan bagi penderita diabetes, Hal ini dapat menurunkan frekuensi BAK di malam hari, memulihkan penglihatan yang mulai kabur, dan mempercepat pengeringan luka pada penderita diabetes yang seringkali lembab dan sulit mengering.

Orang dengan diabetes tipe 2 bisa menghasilkan insulin, tetapi insulin yang di buat pankreas tidak bisa cukup cepat untuk mencegah kenaikan gula darah. Gula darah dan insulin yang terlampau tinggi bisa merusak otak, mata, jantung dan ginjal. Mengkonsumsi madu secukupnya lebih aman jika dibandingkan dengan gula bagi penderita diabetes,  karena madu akan diserap lebih lambat. Salah satu penelitian mengatakan bahwa madu lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes  karena rasa manis tidak seperti sukrosa yang berisi kalori kosong tapi bergizi. Madu hitam pahit bahkan lebih rendah kadar gulanya, tentu lebih baik dari madu biasa.

Menurunkan kolesterol dan mencegah pennyakit kardiovaskular

Madu secara umum mengurangi kadar kolesterol dalam darah, namun madu hitam pahit mengurangi kadar kolesterol lebih cepat. Minum 2 sendok makam dua kali sehari  sebelum makan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Ketika dinding dalam pembuluh darah meradang,  dan terbentuk plak pada dinding pembuluh  maka dapat mengakibatkan penyakit jantung. Tidak hanya antioksidan dalam madu hitam yang membantu mencegah peradangan dinding pembuluh, tapi  juga menurunkan penyakit jantung dengan cara mengatur rasio kolesterol tanpa membuat peningkatan berat badan. Baca juga : Mitos tentang Perawatan Kulit yg wajib diketahui

Meningkatkan stamina

Madu HItam Pahit bersifat meningkatkan stamina dan vitalitas, sehingga banyak yang mengatakan memiliki stamina lebih kuat jika diminum sebelum beraktifitas fisik. Madu telah terbukti mengembalikan energi lebih cepat dari semua bentuk gula. Sebelum muncul produk-produk minuman energi, madu telah digunakan oleh para kontestan maraton Olimpiade untuk memulihkan dan mempertahankan energi mereka.

Selain itu, madu merupakan afrodisiak, sehingga mengonsumsi madu hitam pahit secara teratur mungkin akan mengatasi masalah impot*nsi, dan menambah “kuat” dan tahan lama dalam hal urusan ditempat tidur dengan istri.

Mengobati maag dan mencegah infeksi usus

Maag adalah penyakit organ pencernaan yang sangat mengganggu. Gejala sakit maag yang terjadi terus-menerus  seperti asam lambung, kembung, nyeri, dll dapat didi redakan dengan minum madu hitam pahit.

Penelitian telah menunjukkan madu bisa bermanfaat baik pada usus bagian atas dan saluran usus yang lebih rendah (kolon). Bakteri yang disebut H. pylori penyebab radang usus atau infeksi usus dapat dihambat pertumbuhannya oleh madu hitam alami.

Baca juga:  Manfaat Ikan Mujaer dan Nila bagi Kesehatan tubuh

Meningkatkan pencernaan

Manusia bergantung pada usus yang memiliki bakteri baik untuk membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Madu menyediakan probiotik (mikroba hidup) untuk meningkatkan jumlah bakteri sehat di dalam usus. Hal ini juga memberikan probiotik yang merangsang aktivitas bakteri menguntungkan yang sudah ada dalam usus.

Manfaat Antioksidan  :

Antioksidan adalah zat yang memperlambat kerusakan sel-sel tubuh kita akibat radikal bebas yang terjadi secara alam. Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul lain, yang menyebabkan reaksi berantai yang dapat merusak dinding sel dan DNA. Antioksidan bisa dengan aman mengikat radikal bebas untuk melindungi jaringan sel di seluruh bagian tubuh kita. Antioksidan umumnya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran segar, dan juga madu hitam.

Menjaga kesehatan dan menyembuhan luka

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi madu membantu penyerapan kalsium, mengendalikan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini juga disebutkan diatas bahwa madu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka, dan sudah digunakan secara luas sebelum penisilin ditemukan.

Mengurangi gejala sesak napas

Sesak napas bisa disebabkan oleh sejumlah faktor akibat iritasi pada saluran pernapasan, dan madu hitam pahit siap untuk membantu mengatasi serangan sesak napas. Selain kandungan yang terkait madu adalah antibiotik alami, yang  bisa membantu mengatasi keluhan infeksi saluran pernapasan ringan seperti batuk, sakit tenggorokan dan juga pilek atau flu.

Manfaat Untuk kecantikan

  • Mengurangi bitnik hitam :Madu pahit dapat digunakan sebagai masker wajah untuk membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit, sebuah kondisi wajah yang lebih banyak menimpa wanita. Bintik-bintik hitam yang muncul terkait pertambahan usia,  stres, atau mungkin kesalahan diet.
  • Memperlembat tanda penuaan: Seiring bertmbahnya usia, kulit akan mengendur dan mulai muncul kerutan pada wajah . Madu pahit jenis tertentu bisa sangat baik untuk memperlambat kondisi penuaan ini sebagai masker wajah. Caranya mudah, madu cukup diratakan tipis diwajah dan didiamkan sekitar 15 hingga 30 menit atau sampai lapisan madu kering. Kemudian bilas dengan air hangat jika dilakukan pada malam hari. Hal ini bisa dilakukan pada pagi hari, namun jika sore hari biasanya jauh lebih baik menggunakan air dingin biasa. Penggunaan secara rutin dapat mengurangi keriput, lebih segar dan terlihat lebih muda.
  • Menghilangkan jerawat: Oleskan madu pahit di permukaan kulit yang berjerawat dan diamkan tentang 30 menit sampai madu meresap dan mematikan kuman yang ada didalam jerawat. Melakukan cara ini secara teratur akan membersihkan kulit dari jerawat. Untuk membantu membantu membersihkan dari dalam, madu hitam juga bisa sambil dikonsumsi.
  • Membantu menurunkan berat badan: Mengkonsumsi madu pahit secara teratur dapat membakar kalori kalori ekstra dan mengurangi lemak, sehingga cocok untuk orang yang memiliki bobot ekstra. Kegemukan biasanya disebabkan oleh lemak di bawah kulit yang  berlebihan, dan madu pahit bisa dikonsumsi secara teratur dan secara bertahap akan mengurangi ini.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *