Manfaat rutin Lari Pagi Bagi Kesehatan ini jarang disadari orang

Manfaat lari pagi bagi kesehatanBanyak orang mengetahui bahwa menjalankan segala bentuk latihan atau olahraga rutin merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan vitalitas tubuh Anda, menyehatkan jantung, membakar lemak, dan manfaat menurunkan berat badan. Namun apakah Anda tahu bahwa ada jenis olahraga lain yang lebih menguntungkan? Berjalan atau jogging pada waktu pagi hari adalah salah satu aktifitas terbaik yang mudah Anda lakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Mengapa? Disini ada beberapa alasan, termasuk manfaat dari sisi psikologis dan fisiologis atau jasmani rokhani. Baca juga : Manfaat luarbiasa Air Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

Advertisement

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari berlari pagi bagi kesehatan

Memperoleh manfaat dari bangun pagi

Kalau anda memutuskan lari pagi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, maka tentunya Anda akan bangun lebih pagi. Bangun saat hari masih pagi membawa manfaat kesehatan tersendiri bagi Anda terlepas dari manfaat dari lari pagi itu sendiri. Sebuah penelitian pada tahun 2008 dari Texas University menyimpulkan bahwa mahasiswa yang sering terbangun lebih awal memperoleh nilai akhir lebih tinggi daripada yang bangunnya molor. Sementara asil penelitian lain mengungkapkan bahwa bangun lebih pagi meningkatkan kebahagiaan, rasa optimisme yang lebih tinggi, dan memiliki karakter yang sehat seperti bebas dari depresi  dan kecemasan.

Lebih fokus ditempat kerja

Berlari pagi hari atau joggin akan membuat Anda berada dalam suasana hati yang lebih baik dan membantu Anda untuk melalui seluruh hari Anda. Ketika Anda sudah tiba di tempat kerja, maka  Anda akan selalu fit sehingga bisa lebih fokus pada tugas-tugas Anda, yang tentu akan meningkatkan produktivitas Anda. Anda juga tidak perlu buru-buru untuk pulang dan pergi ke gym untuk treadmill karena Anda sudah melakukannya.

Cepat menurunkan berat badan bagi yang kegemukan

Lari pagi akan membantu Anda menurunkan berat badan berlebih dengan cepat karena tubuh akan memulai metabolisme lebih awal, sehingga tubuh Anda dapat membakar kalori pada tingkat yang lebih cepat pada siang harinya. Oleh karena Anda pasti bangun lebih awal, maka hal ini  akan mengharuskan Anda untuk tidur juga lebih awal; yang tentunya akan menghindari kecenderungan ngemil pada malam hari. Penurunan asupan kalori juga akan membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.

Baca juga:  Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik

Lari pagi rutin akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Sebuah studi tahun 2012  yang diterbitkan Journal of Adolescent Health mengatakan bahwa orang-orang yang lari  di pagi hari secara teratur menunjukkan peningkatan dalam objektifitas tidur mereka. Kualitas subjektif tidur, mood, dan konsentrasi pada siang hari akan meningkat, sedangkan rasa kantuk yang umum datang di siang hari menurun.  Latihan ini telah dikenal untuk memicu peningkatan dan penurunan suhu tubuh pasca-latihan dapat mempromosikan tertidur. Selain itu, olahraga dapat mengurangi masalah tidur dengan cara menurunkan gairah, kecemasan, dan depresi.

Mengurangi tingkat Tekanan Darah Tinggi

Pria dan wanita pada semua tingkatan tekanan darah bisa mendapatkan manfaat dari aktivitas aerobik secara teratur, termasuk joging. Meskipun hal ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat untuk sementara, namun hal ini tidak harus menjadi perhatian. Manfaat berlari selama lima menit dalam sehari juga bisa disamakan dengan jalan cepat selama 15 menit . Hal ini dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular seperti Sakit jantung

Berlari selama 5 menit setiap hari terutama pagi hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga hampir setengahnya. Hal ini juga menurunkan resiko 30 persen lebih rendah dari kematian oleh semua penyebab, dan 45 persen risiko lebih rendah oleh kematian akibat penyakit kardiovaskular, menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology. Jogging mingguan selama 5 sampai 10 menit dalam sehari dengan kecepatan lambat yang kurang dari 6 mil per jam, akan cukup untuk mengurangi risiko kematian jika dibandingkan dengan tidak berlari.

Meningkatkan umur

Menjalankan tidak hanya mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, juga dapat menambah angka 3 tahun untuk jangka waktu hidup Anda . Hasil study Journal of American College of Cardiology juga menemukan bahwha orang yang berolahraga secara teratur ditemukan hidup rata-rata bisa hidup tiga tahun lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang diam.

Cara sederhana untuk sehat, fit, bersemagat, dan bahagia adalah melakukan 15 menit berjalan kaki cepat atau 5 menit berlari. Hal ini akan membuat perbedaan lebih baik dalam hidup Anda daripada individu yang diam.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *