Manfaat Labu Siam untuk Hipertensi dan Kehamilan

Manfaat labu siam untuk diabetesSeperti halnya buah tomat, labu siam sebenarnya adalah jenis buah yang dipergunakan sebagai sayuran. Berwarna hijau pucat, berbentuk mirip dengan buah pir yang besar, labu siam merupakan buah dari tanaman merambat. hal ini merupakan bahan yang populer sebagai bahan masakan di daerah Asia tenggara, meksiko, India, dan Amerika latin. Labu siam memiliki rasa yang agak manis, yang sekilas mirip dengan mentimun. Labu siam terurtama rendah kalori namun kaya serat, vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga seringkali juga disarankan untuk diet rendah lemak atau menurunkan berat badan. Hal ini juga baik untuk dimasukkan kedalam diet menurunkan asam urat, menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan baik untuk penderita diabetes karena mengandung jenis serat larut. Baca juga jenis labu lain yang tak kalah sehatnya : Manfaat Labu Kuning untuk diet dan Kesehatan

Advertisement

Berikut manfaat Labu siam untuk membantu pengobatan Hipertensi, ginjal, diabetes, dan manfaat untuk ibu hamil

Kandungan nutrisi labu siam

Labu Siam adalah solusi yang baik untuk diet rendah kalori, yaitu memiliki 11 kalori dalam satu porsi setengah cangkir. Hal ini juga mengandung 1 gram protein dan 5 g karbohidrat, dengan 2 g gula. Labu siam tak mengandung kolesterol ataupun lemak, serta sangat rendah sodium, yaitu hanya memiliki 3 mg dalam satu-setengah cangkir – salah satu manfaat yang baik untuk hipertensi.
Beberapa jenis  vitamin dan nutrisi penting lainnya juga ditemukan di labu siam labu. Satu porsi setengah cangkir menyediakan sekitar 17 persen dari kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. Labu siam juga mengandung vitamin B kompleks, termasuk 61 mcg folat dan sedikit niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Sumber serat tinggi untuk diabates dan mencegah sembelit

Labu labu siam akan memberikan sedikit serat larut dan tak larut untuk diet Anda, porsi satu setengah cangkir labu siam menyediakan 2 g serat pangan. Serat adalah nutrisi yang berasal dari makanan nabati yang tidak dicerna. Serat jenis larut seperti dari bijian dan sayuran dikenal membantu menurunkan kadar kolesterol, serta membantu menjaga kadar glukosa darah agar stabil pada penderita diabetes. Sementara serat tidak larut berasal dari biji-bijian dan sayuran seperti labu siam, membantu mengumpulkan kotoran, sehingga semua bahan limbah bisa dikeluarkan melalui saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Baca juga : Makanan yang mengandung serat tinggi

Baca juga:  Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat pengobatan hipertensi

Labu siam mungkin memberikan beberapa manfaat kesehatan dari kandungan nutrisinya yang bermanfaat. Purdue University mengatakan bahwa  teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan arteri penyebab serangan jantung koroner. Teh yang mengandung daging labu siam juga memiliki sifat diuretik ringan dan telah digunakan untuk mengobati kembung di beberapa belahan dunia.

Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit gagal ginjal, sehingga penting untuk menjaga tekanan darah selalu terkendali. Labu siam merupakan tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu pengobatan hipertensi, batu ginjal dan gangguan pencernaan.

Labu siam juga menyediakan kalium, yaitu mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Namun penderita juga perlu membatasi asupan labu siam jika memiliki tingkat kalium yang tinggi dalam darah. Jika tidak justru akan memperburuk kondisi penyakit Anda dan menempatkan resiko untuk serangan jantung, detak jantung yang tidak teratur dan stroke.

Manfaat untuk ibu Hamil

Labu siam merupakan sumber tinggi folat (189mcg) . Folat adalah jenis vitamin yang larut dalam air, dan sangat penting untuk kesuburan wanita dan pencegahan kanker. Jika dimakan rutin sebelum dan selama kehamilan, akan mengurangi risiko cacat lahir tabung saraf pada bayi lahir.

Manfaat kesehatan lain

Labu siam juga mengandung aglycone flavonoid, yaitu antioksidan polifenolik seperti halnya apigenin dan luteolin. Senyawa kimia ini akan membantu menetralisir dampak radikal bebasberbahaya dari tubuh, sehingga mengurangi resiko terkena kanker, penuaan dini, dan berbagai penyakit lain.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *