Manfaat Kopi Hijau[Green Coffee] bagi Kesehatan

Manfaat kopi hijauKopi hijau diketahui mengandung senyawa kimia yang disebut asam klorogenat, yang diduga memiliki manfaat kesehatan. Hal ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi, karena senyawa ini mungkin mempengaruhi pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa berkurang. Dan bagaimana bisa untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat dalam kopi hijau diduga mempengaruhi bagaimana tubuh menangani gula darah dan metabolisme tubuh.

Advertisement

Kalau ada teh hijau[green tea]  yang terkenal banyak memiliki manfaat kesehatan, tak kalah juga ada yang namanya green coffee atau Kopi Hijau. Lalu apa yang berbeda dari kopi hitam? Baca terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana proses pembuatannya, keuntungan kerugiannya, serta manfaat yang ditawarkan bagi kesehatan.

Kopi hijau adalah dibuat dari biji kopi tanpa proses pemanggangan seperti halnya untuk proses pengolahan kopi hitam umumnya. Proses pemanggangan pada biji kopi akan mengurangi jumlah asam klorogenat. Oleh karena itu, karena tanpa dipanggang, maka biji kopi hijau masih mempertahankan asam klorogenat jika dibandingkan dengan kopi umumnya.

Sementara itu asam klorogenat yang tinggi pada kopi hijau diduga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan termasuk penyakit jantung , diabetes , menurunkan berat badan , dan masih banyak lagi. Hal ini kopi Hijau, terutama sudah sangat populer untuk menurunkan berat bada. Dr Oz, acara talkshow kesehatan populer mengklaim bahwa biji kopi hijau mampu membakar lemak dengan cepat. Sementara itu teh hijau juga terkenal sebagai salah satu solusi untuk berat badan.

Berikut manfaat utama Kopi Hijau untuk kesehatan dan berat badan

Bisa membantu menurunkan berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 oleh BMC Complementary and Alternative Medicine,  suplemen yang dibuat dari ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan pada tikus, serta komposisi perlemakan pada hati. Efek ni serupa pada tikus yang diberikan kimia asam klorogenat dan kafein, yang menunjukkan bahwa ini adalah senyawa yang memiliki efek menurunkan lemak. Asam klorogenat yang ditemukan dalam kopi hijau ini juga dapat dicerna dan diserap oleh manusia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain mempromosikan penurunan berat badan, asam klorogenat dalam kopi hijau juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 pada jurnal Clinical and Experimental Hypertension, pasien yang diberikan ekstrak kopi hijau 140 miligram per hari menunjukkan penurunan tekanan darah selama penelitian. Tidak ada efek samping yang dilaporkan, mungkin menunjukkan bahwa kopi hijau adalah cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Manfaat Flaxseed Oil untuk Ibu Hamil

Meningkatkan mood dan Kinerja Kognitif

Kafein yang ditemukan dalam kopi berefek positif untuk suasana hati Anda  dan aktivitas otak. Menurut artikel yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di majalah Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan waktu reaksi, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan, dan faktor lain yang mencakup kinerja kognitif. Penulis menemukan asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 miligram per hari, atau antara sekitar 1/3 cangkir bubuk kopi untuk membuat empat cangkir kopi seduh.

Manfaat Antioksidan

Biji kopi hijau dan semua produknya mengandung beberapa zat antioksidan, adalah senyawa yang bermanfaat mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan dari antioksidan ini akan membuat Anda lebih sehat karena akan mengurangi jumlah kerusakan sel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Juli 2004 pada jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry,  asam klorogenat dalam biji kopi hijau adalah antioksidan yang bisa mencegah perkembangbiakan empat jenis sel kanker.

Efek samping Kopi hijau

Kopi hijau sejauh ini menurut penelitian terbatas dikatakan masih relatif aman. Tidak ada efek samping serius yang dilaporkan jika asupan kopi hijau masih dalam taraf wajar. Namun yang perlu dicatat adalah kopi mengandung kafein tinggi, oleh karena efek samping yang timbul bisa terkait dengan kafein, seperti sulit tidur, jantung berdebar, peningkatan detak jantung, perut kembung, dan sakit kepala. Orang orang terutama yang dengan kondisi tertentu dan kesehatan harus mewaspadai kafein, termasuk Wanita hamil, wanita menyusui, kolesterol tinggi, diabetes, gangguan perdarahan, dan penyakit jantung. Untuk itu tanyakan kepada dokter Anda jika merasa khawatir mengkonsumsi kopi hijau.

 

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *