Manfaat Khasiat Daun Afrika Selatan untuk Pengobatan Herbal

Daun Afrika Selatan mulai agak populer belakangan ini di Indonesia, meskipun sebenarnya tanaman ini  udah dikenal baik oleh para herbalis semenjak lama. Pengobatan tradisonal China misalnya  sudah sejak jaman kekaisaran menggunakan daun pahit ini yang mereka kenal dengan nama Nan Fei Shu untuk pengobatan yang mereka percaya sangat mujarab. Sementara itu di Asia tenggara, singapuira, malaysia dan Afrika sudah lama memanfaatkan daun afrika untuk berbagai keperluan pengobatan tradisional berbagai penyakit. JIka Anda berkeinginan untuk menanam daun afrika ini, anda bisa menanyakan bibitnya di sentra – sentra tanaman herbal yang saat ini sangat mudah didapatkan; daun afrika mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan daun kupu-kupu.

Advertisement

Ada cerita lain yang mengatakan bahwa awal mula penggunaan daun afrika untuk pengobatan ini berdasarkan dari perilaku sejenis monyet cerdas yaitu simpanse yang hidup di afrika. Sebenarnya meskipun monyet, tentu tahu kalau daun tanaman ini rasanya sangat pahit dan tidak enak untuk dimakan. Namun apa yang terjadi adalah, monyet tersebut tetap memakan daun pahit ini ketika sedang sakit infeksi. Nah dari perilaku hewan inilah kemudian manusia menelaah dan meneliti khasiat daun afrika ini jika di gunakan untuk pengobatan pada manusia. Bukankah simpanse adalah primata yang paling dekat dengan manusia?..

Daun afrika selatan ini sudah banyak digunakan dan diakui berkhasiat untuk mengobati penyakit kronis hingga penyakit ringan serta untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari mulai untuk pengobatan termasuk diabetes, rematik, insomnia, darah tinggi, kanker hati, sakit kepala, pusing , demam, sakit kerongkongan, peradangan hingga untuk menjaga kesehatan termasuk menurunkan kolesterol, menurunkan asam urat, menguatkan fungsi lambung, paru-paru, dan lain-lain. Namun Khasiat utama yang paling dipercaya dari daun afrika adalah kemampuannya untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes dan menurunkan tekanan darah pada hipertensi.

Khasiat manfaat daun afrika atau nan fei shu

Foto : Daun Afrika/Nan Fei Shu. Credit Flickr 1, dan 2

Banyak kesaksian dan pengalaman yang diceritakan banyak orang selama bertahun-tahun tentang kesembuhan dari penyakit setelah mengkonsumsi herbal ini. Pegiat herbal sudah meyakini daun afrika ini dan menyejajarkan dengan tanaman herbal berkhasiat lain seperti daun sambiloto, mahkota dewa, sarang semut papua, jinten, dan sebagainya.

Kita coba mencari potongan-potongan informasi dari jurnal kesehatan yang menuliskan khasiat daun afrika ini secara klinis. Dikatakan bahwa secara klinis daun afrika memiliki sifat anti peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh atas kuman penyebab penyakit. Khasiat manfaat peradangan(anti-inflamasi) dari daun afrika ini telah dilaporkan melalui jurnal British Journal of Pharmacology and Toxicology tahun  2013. Jurnal  International Journal of Advanced Pharmaceutical and Biological Sciences menunjukkan hasil penelitian yang membuktikan potensi daun afrika sebagai analgesik (pereda rasa nyeri). Hasil penelitian ilmiah lain yang dilaporkan dalam jurnal Global Journal of Biotechnology and Biochemistry ekstrak daun afrika terbukti meningkatkan angka CD4+. CD4+, yaitu kode yang digunakan dalam studi daya tahan tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun afrika termasuk asam fenolik, asam lemak, vitamin, asam esensial, minyak atsiri, antioksidan, zat anti-inflamasi dan berbagai jenis mineral.

Manfaat dan khasiat Daun farika Selatan untuk pengobatan

Mencegah berbagai jenis kanker

Daun Afrika mengandung berbagai zat antioksidan, dimana merupakan zat yang diyakini bekerja melawan radikal bebas. Polusi dan racun kimia dalam makanan setiap hari bisa mencemari tubuh manusia ditambah dengan gaya hidup yang buruk, membuat manusia yang hidup abad ini rentan terkena kanker. Pertumbuhan sel kanker stadium awal sulit dideteksi karena biasanya tidak menunjukkan gejala apa-apa. Nah, sebagai tindakan pencegahan Anda bisa memanfaatkan daun afrika segar yag direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa segelas air. Diminum saat dingin.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling sering adalah menurunnnya kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh oleh karena penyumbatan pembuluh darah jantung oleh plak lemak. Rebusan daun afrika kering bisa mencegah penyakit jantung karena senyawa yang ditemukan pada daun afrika bisa memecah plak yang menyumbat/mempersempit saluran pembuluh darah.

Menurunkan Kolesterol jahat/ LDL

Kolesterol jahat atau LDL  yang berasal dari lemak hewani dan minyak jenuh bisa berimplikasi buruk terhadap kesehatan terutama penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, , stroke, diabetes, bahkan hingga ginjal. Jika Anda mengetahui memiliki kencenderungan kolesterol tinggi dalam darah maka Anda bisa menurunkannya dengan menggunakan daun africa.

Mencegah serangan stroke

Stroke pada akhir-akhir ini berubah menjadi penyakit yang sangat ditakuti, mengingat semakin hari semakin bertambah saja penderitanya. Stroke yang seolah datang secara tiba-tiba ini berisiko menyebabkan cacat permanen dan sulit kembali ke kondisi normal. Tapi sebenarnya stroke bukanlah penyakit yang datang tiba-tiba, tapi sudah ada potensi yang berjalan selama bertahun-tahun yaitu hipertensi. Sebaiknya kita mencegah stroke sejak usia muda dengan jalan melakukan gaya hidup sehat dengan diet sehat dan rutin berolahraga. Daun Afrika dikatakan memiliki senyawa khusus yang bisa mencegah stroke dengan cara membantu sistem metabolisme tubuh, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, dan membuang plak lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah kita diatur oleh jantung. Gangguan pada tekanan darah bisa dikaitkan dengan kondisi kesehatan, faktor genetika, asupan garam yang berlebihan, dan gaya hidup yang tidak sehat. Gangguan tekanan darah ini bisa membuat orang memiliki tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi – yang kesemuanya berisiko buruk terhadap kesehatan atau setidaknya membuat rasa tidak nyaman. Daun Afrika juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta mengembalikan kestabilan tekanan darah.

Mengendalikan kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita sebenernya telah diatur dengan baik oleh hormon yang diproduksi di pankreas yaitu insulin.  Namun, pada beberapa orang mungkin mengalami gangguan dengan gula darah akibat resistensi insulin atau pankreas tidak memproduksi insulin. Jika hal ini terjadi, maka tubuh kita tidak lagi memiliki kemampuan untuk memproduksi hormon insulin dan kadar gula darah bisa sangat tinggi karena tidak ada lagi yang mengaturnya. Kondisi gula darah yang sangat tinggi bisa berakibat fatal, sehingga harus dijaga agar tetap dalam batas-batas aman bagi tubuh. Daun afrika yang pahit ini bisa membantu penderita diabetes untuk mengatur kadar gula dalam darah sehingga tetap dalam keadaan normal terkendali. Minum teh yang dibuat dari rebusn daun afrika sebanyak 2 kali per hari bisa efekti dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Menyembuhkan batuk

Manfaat lain daun afrika adalah membantu penyembuhan batuk karena sifatnya yang meningkatkan kekebalan tubuh dari kuman. Cara penggunaannya sangat mudah. Ambil beberapa daun afrika, keringkan di bawah sinar matahari, tumbuk sampai halus. Kemudian ambil sebanyak 2 sdm daun yang sudah kering, seduh dengan air panas. Minum teh ini 3 kali dalam sehari untuk mengobati batuk.

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan biasanya disebabkan oleh timbunan lemak dalam tubuh yang terakumulasi selama bertahun-tahun, atau bisa juga oleh gangguan sistem metabolisme. Ketika sistem metabolisme terganggu, maka proses pencernaan dan pengolahan karbohidrat menjadi energi akan berjalan tidak dengan baik. Akibatnya, tubuh selanjutnya akan memiliki timbunan lemak. Untuk membantu menurunkan berat badan maka Anda bisa menggunakan air rebusan dari daun afrika yang diminum secara teratur. Namun hal ini juga perlu dibarengi dengan diet sehat dan olahraga yang teratur. Dengan cara ini berat badan berlebih bisa dikurangi secara lebih cepat.

Kemananan

Hindari mengonsumsi daun afrika bagi wanita hamil dan menyusui. Anda mungki perlu mendapatkan nasehat dari dokter ketika menjalani pengobatan secara medis sebelum mengonsumsi herbal ini.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *