Manfaat Kayu manis untuk Kesehatan

Manfaat kayu manisAda banyak manfaat kesehatan yang sangat potensial dari kayu manis, termasuk untuk diabetes,  mengurangi jerawat, meredakan alergi, mematikan jamur, kanker, dan masih banyak lagi. Kayu manis sudah digunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan dan obat-obatan selama berabad-abad. Ada dua jenis kayu manis yang umum dikenal masyarakat, yaitu Ceylon  dan Cassia. Bau yang dan rasa dari kayu manis adalah berasal dari kandungan senyawa cinnameldehyde, merupakan salah satu unsur dari minyak kayu manis yang paling memberikan efek baik bagi kesehatan.

Advertisement

Berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh Kita

Mengendalikan Diabetes

Penelitian telah menemukan bahwa asupan 1, 3, atau 6 gram kayu manis per hari dapat mengurangi glukosa, trigliserida, kolesterol LDL dan kolesterol total pada orang dengan diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, senyawa aktif dalam kayu manis yang disebut methylhydroxychalcone polimer (MHCP) memiliki aktivitas insulin yang membantu meningkatkan penyerapan glukosa (gula darah) oleh sel.

Membersihkan jerawat

Kayu manis adalah obat jerawat alami karena sangat bersifat anti-bakteri dan bertindak sebagai anti-inflamasi, sehingga mengurangi peradangan yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Scrub kayu manis dengan madu, atau kayu manis dan alpukat mencegah penyumbatan pori kulit dan mencegah peningkatan produksi sebum yang disebabkan oleh mikroba.

Meningkatkan energi

Kayu manis membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang selanjutnya akan meningkatkan tingkat energi kita. Selain itu juga membantu merangsang fungsi otak, sehingga membantu kita u ntuk dapat berpikir lebih jernih dan bertindak lebih cepat.

Anti jamur dan candida

Kayu manis juga merupakan anti-jamur yang hebat. Tidak hanya membantu mencegah Candida, minyak esensial kayu manis juga dapat digunakan secara topikal untuk semua jenis infeksi jamur.

Mengusir Infeksi

Salah satu fungsi kulit kayu manis adalah anti infeksi, sehingga membantu menyingkirkan infeksi dari dalam tubuh. Kayu manis membantu menyingkirkan patogen seperti Campylobacter,  E.coli, dan masih banyak lagi.

Sifat Anti-Mikroba

Sifat antimikroba kayu manis yang kuat dan telah dipelajari akan kemampuannya menghentikan pertumbuhan bakteri, jamur, dan Candida. Penelitian terbaru juga menemukan bahwa rempah-rempah ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengawet makanan alami karena sifat antimikrobanya yang kuat.

Mengurangi keinginan Makanan manis

Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah terbaik untuk membantu menghambat keinginan untuk makan yang manis. Selain itu sebagai gula pengganti yang baik, kayu manis membantu mengatur kadar gula darah.

Diuretik/mengeluarkan air seni

Kayu manis adalah diuretik alami, yang membantu membersihkan kelebihan racun dan zat sisa dari tubuh, sekaligus membantu membersihkan ginjal. Hal ini juga  efektif terhadap infeksi saluran kemih dengan cara membantu mengosongkan kandung kemih lebih cepat.

Melawan kanker

Penelitian menemukan bahwa ekstrak kayu manis memodulasi angiogenesis (proses dimana pembuluh darah baru terbentuk dari pembuluh yang sudah ada) dan fungsi sel CD8 + T (sejenis sel darah putih yang membunuh sel-sel kanker). Ekstrak kayu manis juga telah dikaitkan dengan aktivitas pro apoptosis (kematian sel)  dengan menghambat NFkB dan AP1.

Baca juga:  Cara Alami Untuk Memutihkan Kulit Ketiak Hitam

Menghilangkan bau mulut

Kayu manis ditemukan efektif melawan bau mulut dengan cara membunuh bakteri mulut pemicu. Hal ini dipakai sebagai bahan kumur.

Cara membuat obat kumur kayu manis

Bahan :

  1. 2 Lemon
  2. 1/2 sendok makan kayu manis
  3. 1/2 sdt sendok teh baking soda
  4. 1 ½ sdt madu
  5. 1 cangkir air hangat

Cara membuat :

Masukan ½ sendok makan kayu manis ke dalam botol atau toples yang bisa ditutup rapat. Tambahkan air dari 2 lemon segar, dan 1 ½ sendok teh madu. Jika Anda mau  juga dapat menambahkan 1 / 2 sdt baking soda dan tanpa madu, atau bisa juga menggunakan keduanya. Tuangkan 1 cangkir air yang sangat hangat untuk mencairkan madu) ke dalam toples, dan aduk sampai rata. Bila Anda butuh untuk menyegarkan napas Anda, pakai berkumur dengan cepat sebanyak 1-2 sendok makan selama 1 menit.

Menurunkan Kolesterol LDL

Sekitar setengah sendok teh kayu manis dapat mengurangi kolesterol buruk (LDL)sekitar 18%. Mengkonsumsi kayu manis lebih banyak bisa lebih efektif, namun yang paling penting adalah mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol seperti telur, mentega, keju, dan daging tinggi lemak.

Melindungi kesehatan Jantung

Kayu manis mencegah pelepasan asam arakidonat, asam lemak inflamasi, dari membran trombosit darah. Oleh karena itu dapat menghentikan penebalan darah dan mencegah naiknya tekanan darah, yang dapat merusak arteri. Seperti sudah disebutkan di atas, kayu manis juga membantu menurunkan kolesterol LDL, yang artinya juga dapat mencegah aterosklerosis dan pengembangan penyakit jantung.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kayu manis menghentikan penebalan trombosit terlalu banyak, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Aktivitas Otak dan Mencegah kehilangan Memory

Makan kayu manis dapat membantu meningkatkan produksi benzoat natrium dalam otak karena kayu manis akan dimetabolisme menjadi senyawa ini. Natrium benzoat memiliki banyak manfaat postifi untuk otak dan makan kayu manis dapat mencegah banyak gangguan saraf yang berkaitan dengan usia. Cara Kerjanya yaitu dengan meningkatkan faktor neurotropik di otak, merangsang kelahiran neuron baru dan melindungi neuron yang sudah ada – dua proses yang diperlukan untuk otak yang sehat.

Anti-inflamasi

Dua senyawa dalam kayu manis HCA dan derivate cinnamaldehyde telah ditemukan berguna terhadap penyakit inflamasi. Hal ini bekerja dengan cara menghambat produksi oksida nitrat melalui penghambatan aktivasi NF-k-Beta, membuatnya menjadi agen anti-inflamasi yang kuat.

Meredakan stres Pencernaan

Kayu manis adalah rempah-rempah yang bagus untuk membantu merelaksasi perut. Ini karena bersifat karminatif, sehingga membantu memecah gas usus, mencegah mual dan membantu pencernaan. Bahkan dapat digunakan untuk orang mulas setelah makan, dan untuk merangsang saluran pencernaan yang lemah.

Meningkatkan Berat Badan

Kayu manis tidak hanya meningkatkan metabolisme glukosa, tetapi juag merangsang produksi insulin alami,  Satu studi bahkan menemukan bahwa menambahkan kayu manis untuk makan dapat menurunkan indeks glikemik hingga sebesar 18 ke 29%!

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *