Manfaat, kandungan nutrisi, tekstur buah durian Belanda

Manfaat durian belandaKita mungkin tidak familiar dengan buah durian Belanda untuk dijual karena faktanya buah durian Belanda lebih populer dengan nama buah sirsak di Indonesia. Buah sirsak atau buah durian Belanda, atau nangka Belanda merupakan tumbuhan berguna yang datang dari benua Amerika, tepatnya di Karibia, Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Jadi walaupun orang menyebutnya dengan istilah durian, namun buah yang satu ini bukanlah seperti durian yang telah kita kenal(yang berduri tajam, beraroma menyengat dan memiliki efek panas jika dikonsumsi), melainkan buah yang sehari-hari disebut orang dengan sirsak. Baca juga : Durian merah untuk ibu hamil

Advertisement

Asal-usul Buah, kandungan nutrisi, manfaat, dan tekstur Durian Belanda

Di Indonesia sendiri, buah durian Belanda tidak hanya dipanggil sebagai buah sirsak, dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa di Jawa, dikenal sebagai nangka walanda, sirsak di Sunda dan nama-nama lainnya dari daerah lainnya. Penyebutan “belanda’ dan variasinya menyatakan jika buah sirsak dilihat dari bahasa Belanda adalah zuurzak, yang artinya “kantung asam” dibawa masuk ke Indonesia oleh pemerintahan kolonian Hindia-Belanda, kurang lebih sekitar abad ke-19. Buah durian Belanda dibudidayakan secara komersial untuk dipenen buahnya dan diambil daging buahnya. Buah durian Belanda bisa tumbuh di mana saja tidak terikat tempat, namun tempat yang paling baik untuk menanam buah ini adalah di daerah yang memiliki perairan yang mencukupi. Pohon durian Belanda bisa tumbuh dan berkembang hingga mencapai tinggi sekitar 9 meter.
Buah durian Belanda bukanlah termasuk kategori buah sejati, ukurannya terbilang cukup besar, 20-30 cm dengan berat buah mencapai 2,5 kg. Daging buah durian Belanda berwarna putih dengan variasi biji berwarna hitam, buah durian Belanda biasanya diolah menjadi berbagai olahan makanan atau minuman yang segar dan lezat.

Kandungan dan Tekstur Buah Durian Belanda

Buah ini memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat beragam, mulai dari karbohidrat terutama fruktosa, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, serat dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kandungan alami yang dimiliki oleh buah durian Belanda untuk dijual harus memenuhi klasifikasi pasar, harus terjamin kesegarannya dan terjamin kualitasnya. Tidak jauh berbeda dengan buahnya, daun durian Belanda juga baik untuk merawat kesehatan tubuh, terdiri dari berbagai kandungan alami, seperti acetogenins, annocatalin, annocatacin, annonacin, annohexocin, annomuricin, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid serta muricapentocin. Buah durian Belanda memiliki kulit yang cukup berduri namun tidak setajam buah durian, hampir sama dengan buah durian pada umumnya, ketika kulitnya dibuka, Anda akan mendapatkan daging buah durian yang empuk dan kenyal, bedanya jika buah durian rasanya manis, maka buah durian Belanda ini memiliki cita rasa yang asam manis, sangat cocok bila diolah menjadi jus atau rujak buah durian Belanda.

Baca juga:  Pengaruh memasak dengan hilangnya nutrisi makanan

Manfaat Buah Durian Belanda

Buah durian Belanda atau daunnya memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh kita. Buah durian Belanda yang tinggi akan vitamin C dan serat akan sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari serangan penyakit. Manfaat alami yang bisa kita dapatkan dari durian Belanda tidak sebatas dari buahnya saja, daun durian Belanda juga memiliki manfaat alami yang baik untuk tubuh, bahkan daun durian Belanda dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit kanker karena memiliki efek positif yang lebih baik daripada kemoterapi.

Tips:

Memilih buah durian Belanda untuk dijual di pasaran haruslah cermat, sebelum membudidayakan dan menjual buah durian Belanda, Anda harus memahami, apa itu asal-usul, tekstur, kandungan nutrisi dan manfaat yang dimiliki oleh buah durian Belanda sehingga kegiatan memproduksi dan mendistribusi pun jauh lebih mudah karena Anda sudah memiliki pengetahuan dasarnya. Source : id.m.wikipedia.org/wiki/Sirsak

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *