Fakta Gizi dan Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan

manfaat kacang hitamSama halnya dengan jenis kacang-kacangan lainnya, seperti kacang tanah, kacang polong, dan kacang merah, kacang hitam juga menjanjikan asupan protein dan serat yang tinggi. Hal ini juga termasuk beberapa vitamin dan mineral yang dikenal penting bagi kesehatan manusia. Kacang adalah makanan yang paling penting sebagai sumber lemak sehat dan protein jenis nabati, pilihan sumber alternatif bagi vegetarian.

Advertisement

Satu setengah cangkir kacang hitam mentah (92gr)mengandung sekitar 312 kalori 6 . Hal ini juga mengandung 19,5 gram protein, 0,8 gram lemak, 0 gram kolesterol, 58 gram karbohidrat dan 14 gram serat.
Porsi yang sama menyediakan sekitar 44% dari total kebutuhan zat besi, 55% vitamin b6, 100% folat, 37%  magnesium, 40% fosfor, 39% kalium dan 13% seng.

Mari kita mempelajari 7 macam manfaat kesehatan kacang hitam berikut :

1. Mempertahankan kesehatan tulang

Zat Besi, fosfor, kalsium , magnesium , mangan, tembaga dan seng yang terkandung dalam kacang hitam semuanya berperan untuk membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Kalsium dan fosfor penting untuk membangung struktur tulang, sedangkan zat besi dan seng berguna mempertahankan kekuatan dan elastisitas tulang dan sendi. Sekitar 99% persediaan kalsium dan sekitar 80% persediaan fosfor tubuh terkandung dalam tulang, sehingga sangat penting bagi kita untuk cukup mendapatkan nutrisi-nutrisi ini dari diet.

2. Menurunkan tekanan darah pada hipertensi

Mengelola asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah . Kacang hitam secara alami rendah natrium, namun mengandung kalium , kalsium, dan magnesium, yang semuanya sudah ditemukan bersifat menurunkan tekanan darah secara alami.

3. Mengelola diabetes

Penelitian telah menunjukkan penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi tinggi serat dalam diet memiliki kadar glukosa lebih rendah, lalu pada diabetes tipe 2 mungkin memperbaiki kadar gula darah, lipid dan tingkat insulin. Satu cangkir kacang hitam masak menyediakan sekitar 15 gram serat.

Dietary Guidelines merekomendasikan 21-25 gram serat per hari untuk wanita dan 30 – 38 gram serat per hari untuk pria.

4. Mencegah penyakit jantung

Kacang hitam mengandung serat, kalium, folat, vitamin B6 dan antioksidan, plus rendah kolesterol, artinya mendukung kesehatan jantung. Serat dalam kacang hitam juga membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung .

Vitamin B6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal dengan homosistein. Apabila tubuh berlebihan homosistein, maka dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Antioksidan quercetin dan saponin yang ditemukan dalam kacang hitam juga membantu melindungi sistem cardiovaskular. Quercetin adalah senyawa anti inflamasi alami yang bermanfaat untuk mengurangi risiko aterosklerosis dan melindungi pembuluh darah terhadap kerusakan yang dapat disebabkan oleh kolesterol jahat (LDL) .

Baca juga:  Manfaat Ekstra Virgin Oil untuk Bayi

Penelitian juga menunjukkan bahwa saponin membantu menurunkan tingkat lemak darah dan kolesterol, sehingga  mencegah kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.

5. Mencegah kanker

Selenium adalah satu jenis mineral yang tidak terdapat dalam sebagian besar buah dan sayuran, namun dapat ditemukan didalam kacang hitam. Senyawa ini berkontribusi dalam fungsi enzim hati, dan membantu mendetoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh. Selain itu, selenium juga bermanfaat mencegah peradangan dan juga mengurangi tingkat pertumbuhan tumor.
Saponin mencegah sel kanker memperbanyak dirinya dan menyebar ke seluruh tubuh. Asupan serat dari buah-buahan dan sayuran seperti kacang hitam terkait dengan penurunan risiko kanker kolorektal
Kacang hitam yang tinggi folat telah diketahui berkonribusi penting dalam pembaruan dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi  DNA.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Bukan rahasia lagi, salah satu manfaat besar dari serat adalah membantu pencernaan, sehingga makan kacang hitam bisa membantu mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan BAB. Dengan pencernaan yang sehat, maka resiko kanker usus yang kini mulai marak bisa diturunkan.

7. Pengelolaan berat badan

Serat makanan  umumnya diakui sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dan pengelolan berat badan dengan menjalankan fungsi sebagai agen pengumpul dalam sistem pencernaan. Makanan berserat tinggi meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan, sehingga akan menurunkan asupan kalori Anda secara keseluruhan.

Mengkonsumsi segala jenis buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan rendahnya risiko berbagai kondisi kesehatan yang terkait gaya hidup.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti kacang hitam dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian dini. Bukan hanya itu saja, hal ini secara keseluruhan juga mempromosikan kulit dan rambut yang sehat, peningkatan energi, dan berat badan yang lebih rendah.

Kemungkinan efek samping

Kacang-kacangan mengandung oligosakarida atau yang dikenal dengan galaktan – zaitu jenis gula kompleks yang pada beberapa orang tidak bisa dincerna karena minimnya enzim alpha-galaktosidase, yang diperlukan untuk menghancurkannya. Karena itu mengkonsumsi kacang-kacangan stermasuk kacang hitam telah diketahui menyebabkan gas usus dan rasa ketidaknyamanan pada beberapa orang.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang berhubungan makan kacang-kacangan, Anda dapat mencoba memperkenalkan sedikit-sedikit ke dalam diet Anda .

Pilihan lain adalah merendam kacang-kacangan yang kering, yang akan menghilangkan kadar oligosakarida, rafinosa, dan stachyose, sehingga menghilangkan beberapa masalah pencernaan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *