Manfaat Kacang hijau untuk Kesehatan dan Kehamilan

Manfaat Kacang hijau untuk kesehatan dan kehamilanKacang hijau dikatakan awalnya berasal dari India dan kini telah banyak dibudidayakan dimana-mana terutama Asia. Budaya Cina kuno menggunakan kacang hijau untuk keperluan memasak dan obat seperti untuk menghilangkan sakit demam dan detoksifikasi tubuh. Kacang hijau hijau adalah makanan yang sangat bergizi, sehingga banyak digunakan untuk berbagai masakan, bubur kacang hijau yang lezat, onde-onde, kolak, dan berbagai jenis penganan lainnya.  Tak hanya itu, kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang paling ideal untuk membuat kecambah touge, selain lebih enak, kecambah kacang hijau juga mengandung banyak nutrisi, enzim dan antioksidan sehingga sangat sehat bagi kita.  Kacang hijau yang murah dan tersedia sepanjang tahun ini juga sangat membantu meningkatkan kesehatan kita, termasuk sangat baik untuk kesehatan hati, rambut, kuku dan mata.

Advertisement

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan Kehamilan

Kaya akan Nutrisi

Kacang hijau hijau mengandung nutrisi seperti vitamin  A, Vitamin B kompleks (Thiamin, Riboflavin , Asam Folat, Niacin, Vitamin B6, asam pantotenat) Vitamin E, Vitamin D, Vitamin C, Vitamin K.
kandungan mineralnya  Kalsium, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Seng, Tembaga dan Mangan. Selain itu kacang hijau terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi plus jenis serat larut.

Mencegah Kegemukan

Makan kacang hijau sangat membantu dalam manajemen berat badan karena lebih rendah kalori. Selain itu Kacang mengandung serat, yang membuat merasa kenyang, sehingga mencegah keinginan makan secara berlebihan dan ngemil, yang akhirnya dapat mencegah obesitas dan mengendalikan berat badan ideal.

Meningkatkan Imunitas menjadi lebih baik

Kacang hijau hijau juga bisa membantu  meningkatkan kekebalan. Hal ini mengandung mineral tembaga, bermanfaat membantu meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan demikian kita akan terlindungi dari infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Kesehatan Pencernaan

Pencernaan bisa memperoleh kesehatan yang optimal dengan mengonsumsi kacang hijau. Hal ini karena mengandung nutrisi dan serat, yang membantu   mencegah sembelit, gas dan kembung. Pada akhirnya meningkatkan kesehatan usus dan menyembuhkan gangguan pencernaan.

Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi Anda bisa mendapatkan manfaat dari makan kacang hijau setiap hari. Kacang hijau rendah kolesterol namun tinggi serat makanan larut, yang bila tercampur dengan air dalam saluran pencernaan akan membentuk seperti gel, yang pada akhirnya membantu mendukung banyak fungsi tubuh. Makanan yang kaya akan serat larut terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan cara mendorong produksi reseptor LDL yang bertanggung jawab untuk membuang kelebihan kolesterol LDL dari aliran darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 10-25 g serat larut per hari untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL dalam darah. Sementara kacang hijau mengandung serat total 1,9 g  per cangkir, dan bisa dikombinasikan dengan makanan yang kaya serat  lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol LDL .

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Karena membantu mengurangi kadar kolesterol, maka kacang hijau juga membantu dalam hal pencegahan penyakit jantung seperti  serangan jantung, juga membantu mencegah stroke.

Detoksifikasi

Bisa dimungkinkan untuk mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengonsumsi kacang hijau, karena ia memiliki sifat membantu menghilangkan racun berbahaya dari dalam tubuh kita.

Mengatasi Anemia

Masalah anemia bisa dicegah dan dikendalikan dengan mengkonsumsi  kacang hijau. Hal ini karena ia mengandung zat besi, yang bermanfaat membantu mengatasi defisiensi zat besi penyebab anemia.  Memiliki gejala anemia, lemah, letih, lesu, mata berkunang-kunang, cobalah untuk rutin minum air rebusan kacang hijau. Caranya, rebus 1/4 cangkir kacang hijau dengan 0,8 liter air . Didihkan hingga kacang hijau pecah pertama kali, matikan api, dan biarkan dingin. Setelah dingin bisa diminum 1-2 kali sehari. Bisa ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa.

Baca juga:  Top Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Mencegah Kerusakan sel akibat Radikal bebas

Kecambah kacang hijau mengandung vitamin C dan antioksidan lain yang membantu mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas.

Menyehatkan dan menghaluskan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, halus dan mulus, bisa dilakukan dengan mengonsumsi kacang hijau. Hal ini karena kacang hijau ini kaya akan fitoestrogen yang juga membantu kulit sebagai agen anti penuaan dini dengan cara membantu tubuh membuat kolagen dan elastin, zat yang membuat kulit terlihat lebih muda.

Membantu meringankan gejala menopouse

Selain itu, fitoestrogen dalam kacang hijau juga dapat Mengatur Hormon setelah Menopause, sehingga membantu meringankan Hot Flashes, dan Mencegah Osteoporosis pada wanita.

Dalam 12 minggu percobaan, fitoestrogen terbukti mengurangi frekwensi hot flashes yang sering mengganggu dan tidak menyenangkan pada bebebrapa wanita pre-menopouse. hal ini juga bermanfaat bagi wanita pasca-menopause dalam pencegahan efek osteoporosis dengan cara merangsang pembentukan tulang.

Mencegah Kanker pay*dara

Kacang hijau dan jenis lain kacang-kacangan lain mengandung protease inhibitor, yaitu senyawa yang bersifat memperlambat penggandaan sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker pay*dara. hal ini juga dikenal memutus makanan dan mencegah pembentukan sel-sel tumor.

Sumber protein Nabati yang baik

Diet yang mengandalkan protein nabati seperti vegetarian dan vegan bisa mengkonsumsi kacang hijau selain kacang kedelai. Kacang hijau telah diakui oleh dokter dan ahli gizi sebagai sumber protein nabati terbaik dan sangat sehat. Protein dari kacang hijau meskipun masih kurang lengkap dibanding protein dari daging, namun sebagai makanan nabati ia tidak mengandung lemak.

Untuk Diabetes

Kacang hijau termasuk makanan yang rendah indeks glisemik  dan memiliki beban glikemik , sehingga merupakan pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Penderita diabetes bisa dengan aman makan kacang Hijau Mung Beans. Indeks glikemik yang rendah, kandungan serat dan protein membantu untuk mengatur kadar gula darah.

Manfaat kacang hijau bagi ibu Hamil

Dilihat dari kandungan nutrisinya, kacang hijau tentu sangat baik bagi wanita hamil. Serat, mencegah sembelit,  terutama yang sering dialami  oleh wanita hamil. Kacang hijau mengandung asam folat, dimana nutrisi yang wajib didapatkan oleh wanita hamil untuk mencegah  janin memiliki kelainan tabung syaraf penyebab anak cacat mental sejak lahir. Mineral terutama zat besi sangat diperlukan untuk mendukung pengirian nutrisi dan oksigen secara maksimal untuk janin. Karena kacang hijau memiliki manfaat yang baik untuk kulit, maka hal itu juga akan diberikan kepada janin dalam kandungan – sehingga bayi ketika dilahirkan akan memiliki kulit yang halus, cerah, dan sehat.

Namun kecambah disarankan dihindari selama kehamilan, karena kecambah kacang hijau yang mentah beresiko menularkan bakteri yang bisa merugikan untuk perkembangan janin.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *