Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jus tomat dan wortelSayuran dan buah adalah makanan yang menyediakan beberapa gizi yang sebagian besar tidak ditemukan dalam makanan produk hewani. Mengkonsumsi beragam buah dan sayuran akan memberikan kepada banyak manfaat dari nutrisi terutama beberapa zat antioksidan, dan serat, yang keduanya tidak ditemukan dalam daging. Zat antioksidan penting untuk mencegah dampak buruk radikal bebas penyebab beragam penyakit termasuk kanker, lalu serat penting untuk kesehatan pencernaan hingga kardiovaskular dengan cara menghambat penyerapan lemak oleh usus. Dalam hal ini khususnya tomat, ia mengandung lycopen yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, dan wortel mengandung betakaroten, nutrisi yang merupakaan bentuk Vitamin A yang bayak dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Jika kita mengonsumsi wortel atau tomat segar dalam bentuk jus, maka kita akan mendapatkan seluruh nutrisi yang ada 100% tanpa kehilangannya akibat proses memasak. Nutrisi tertentu rentan hilang/rusak selama proses memasak, khususnya dari sayur dan buah-buahan. Jadi jangan ragu untuk membuat kombinasi jus terutama tomat atau wortel, karena Anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tips : Membuat Jus buah akan lebih baik jika di giling dengan blender, karena juicer akan menghilangkan kandungan seratnya. Cuci bersih sebelum diproses, untuk menghilangkan kuman dan sisa insektisida.

Baca juga :Manfaat Jus tomat untuk tubuh

Berikut Manfaat jus kombinasi tomat dan wortel

Menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah kanker usus besar

Tomat dan wortel  terkait dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar, dengan cara menghapus karsinogenasi kolon. Sebuah studi yang mengamati manusia yang minum jus wortel dan jus tomat dilakukan untuk menjawab apakah makanan yang kaya karotenoid, terutama yang tinggi beta-karoten dan lycopene bisa memodifikasi proses luminal dengan karsinogenesis kolon.

Tomat sangat bagus untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Hal ini juga mengandung zat antiseptik alami yang bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan seperti diare. Dengan demikian, mengkonsumsi jus dari kombinasi sayuran ini akan menjauhkan Anda dari masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Mendetoksifikasi hati

Hati kita adalah organ tubuh yang memiliki banyak sekali pekerjaan, termasuk yang utama adalah menyaring zat toksin dalam makanan sebelum dikirim ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan. Makanan yang kita makan sehari-hari sangat mungkin mengandung zat racun termasuk logam berat. Jadi, jika kita terlalu sering atau terlalu banyak mengkonsumsi zat racun, maka zat yang tak sempat dibuang akan mengumpul. Mengkonsumsi jus sayur dan buah segar termasuk seperti tomat dan wortel sangat membantu mempercepat porses detoksifikasi atau pembersihan hati kita.

Baca juga:  Cara Alami untuk Membersihkan Usus Kita

Mencegah penyakit mata

Beta-karoten, lutein dan zeaxanthin adalah beberapa kandungan yang ditemukan dalam wortel dan tomat. Adalah nutrisi yang sangat  membantu menjaga fungsi sistem pennglihatan dalam kondisi yang prima,  dengan pencegahan khusus terhadap mata silindris, degenerasi makula dan katarak.

Kesehatan kulit

Kedua sayuran ini mengandung Vitamin C dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk menutrisi kulit, mencegah masalah seperti kulit kering, psoriasis, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Mencegah kanker

Tomat terkenal akan lycopen, sementara wortel mengandung betaakaroten. Kombinasi keduanya telah diketahui menurunkan risiko kanker prostat hingga 40%. Kanker prostat, salah satu jenis kanker yang menyerang pria, dan statistik mencatat terus mengalami peningkatan diseluruh dunia.

Sistem kekebalan tubuh

Kedua sayuran ini mengandung semua nutrisi seperti vitamin A, C, dan antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga meningkatkan produksi dan kinerja sel darah putih; sehingga meningkatkan benteng pertahanan tubuh dari serangan berbagai macam infeksi.

Kesuburan

Salah satu masalah utama dari infertilitas adalah kurangnya asupan nutrisi dan enzim tertentu dalam diet Anda. Jus wortel dan tomat yang diminum secara teratur dapat menyehatkan tubuh dan mengembalikan kesuburan Anda.

Ibu hamil dan Menyusui

Kandungan kalium dan vitamin C di dalam jus tomat dan wortel segar sangat baik untuk wanita hamil bisa menyalurkan nutrisi penting pada janin di dalam kandungan. Hal Ini membantu meningkatkan kulit, daging dan otot-otot bayi yang belum lahir. Gula darah tinggi dapat merusak kesehatan janin Anda selama kehamilan. Wortel menurunkan kemungkinan bayi lahir dengan penyakit kuninng.

Vitamin A dari Jus wortel dan tomat juga membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI pada ibu yang menyusui.

Mencegah penyakit jantung koroner

Kedua sayuran ini telah terkenal akan kekuatannya yang mencegah penumpukan plak di pembuluh darah arteri, sehingga minum jus kombinasi wortel dan tomat mencegah aterosklerosis, kekakuan arteri penyebab penyakit jantung dan stroke.

Kehati-hatian

Apapapun jika berlebihan dapat menyebabkan masalah, bahkan uangpun jika berlebihan bisa mendatangkan penyakit :D.

  • Konsumsi wortel yang berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi tertentu terutama untuk kehamilan.
  • Wortel kaya akan betakaroten. Terlalu banyak mengkonsumsinya dari wortel dapat menyebabkan gangguan pencernaan karoten yang menyebabkan karotenemia( kulit berubah kuning).
  • Beta-karoten memang bermanfaat, tapi jika berlebihan diketahui menyebabkan kanker.

Demikian beberapa manfaat penting jus kombinasi wortel dan tomat bagi kesehatan dan kehamilan. Meskipun demikian, Anda juga perlu berhati-hati untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu terutama penyakit ginjal, dan pencernaan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *