Manfaat Jinten Hitam Habbatussauda

Manfaat Jintent hitam habbatussauda untuk Pengobatan“Habbatussauda adalah rempah yang berkhasiat sangat kuat untuk mematikan bakteri MRSA, menyembuhkan bahan kimia yang meracuni tubuh, merangsang regenerasi sel-sel beta dalam pankreas yang mati pada penderita diabetes, namun hanya sedikit orang yang tahu.”

Advertisement

Menurut ID wikipedia, Jinten Hitam atau Habbatussauda yang memiliki nama ilmiah Nigella Sativa Linn adalah tanaman rempah yang diambil bijinya telah digunakan selama ribuan tahun terutama di wilayah India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada Banyak lagi sebutan untuk Jinten Hitam yang kini sudah populer di seluruh dunia yaitu black seed, black caraway, natura seed, kaluduru, dan masih banyak lagi. Disebut-sebut juga bahwa jinten hitam adalah tanaman obat dalam perkembangan awal  sejarah Islam.

Ada banyak manfaat jinten hitam habbatussauda bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang :

Rangkuman 10 hasil penelitian tentang Habbatussauda :

  1. Diabetes Tipe 2 : 2 gram jinten hitam sehari menyebabkan glukosa berkurang setelah puasa, menurunkan resistensi insulin, meningkatkan fungsi sel beta, dan mengurangi glikosilasi hemoglobin (HbA1c) pada subyek manusia.
  2. Infeksi Helicobacter Pylori : biji Hitam secara klinis bermanfaat sebagai anti H. Pylory, yang setara dengan triple terapi eradikasi.
  3. Epilepsi: Jinten Hitam secara umum dikenal memiliki sifat anticonvulsive. Sebuah studi pada tahun 2007 pada anak-anak epilepsi yang kondisinya sangat refrakter terhadap terapi obat konvensional, menemukan bahwa ekstrak  jinten secara signifikan mengurangi aktivitas kejang.
  4. Tekanan darah tinggi: Penggunaan rutin 100 dan 200 mg ekstrak biji hitam dua kali sehari, selama 2 bulan diitemukan memiliki efek menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan.
  5. Asma: Thymoquinone adalahsalah satu konstituen aktif utama dalam Nigella sativa, lebih unggul dari obat fluticasone pada hewan asma. Studi lain yang dilihat pada subyek manusia, ditemukan bahwa ekstrak air rebusan biji hitam memiliki efek relatif kuat sebagai antiasthmatic untuk asma pada saluran pernafasan.
  6. Tonsillopharyngitis akut: Adalah kondisi yang ditandai dengan tonsil atau peradangan faring (radang tenggorokan) yang sebaigian besar oleh virus. Kapsul jinten hitam (kombinasi dengan Phyllanthus niruri) telah ditemukan untuk secara signifikan mengurangi rasa sakit tenggorokan, dan mengurangi nyer pada subyek manusia .
  7. Cedera Kimia : Sebuah studi kontrol plasebo acak dari pasien cedera kimia menemukan bahwa ekstrak air rebusan biji hitam mengurangi gejala pernapasan, mengi, dan fungsi paru, serta mengurangi kebutuhan untuk pengobatan.
  8. Kanker usus besar: Studi sel telah menemukan bahwa ekstrak biji hitam lebih baik dibandingkan dengan agen kemo 5-fluoruracil dalam hal melawan pertumbuhan kanker usus besar dengan profil keamanan yang jauh lebih tinggi. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa minyak biji hitam memiliki efek menghambat yang signifikan melawan kanker usus pada tikus, tanpa terlihat ada efek samping.
  9. MRSA : Biji Jinten Hitam mempunyai sifat anti bakteri terhadap isolat klinis Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA).
  10. Ketergantungan : Sebuah studi pada 35 pecan-du opi-at menemukan bahwa habbatussauda sebagai terapi efektif dalam pengobatan ketergantungan opioid dalam jangka panjang.
Baca juga:  Manfaat Makan Buah Anggur bagi Kesehatan

15 manfaat utama Jinten hitam yang paling potensial bagi kesehatan :

Penelitian biomedis pada jinten hitam terus berkembang. Bersama 78 hasil penelitian lain yang diterbitkan di Database Kedokteran AS MEDLINE , berikut 16 manfaat utamanya :

  1. Mencegah Kerusakan oleh Radiasi: Nigella sativa oil (NSO) dan komponen aktif, thymoquinone melindungi jaringan otak dari radiasi stres nitrosative.
  2. Melindungi serangan jantung : Zat hymoquinone dari ekstrak nigella sativa memiliki efek melindungi terhadap kerusakan yang terkait dengan serangan jantung eksperimental.
  3. Mencegah Ketergantungan morf*n / Toksisitas: Sebuah senyawa alko hol dari ekstrak nigella sativa mengurangi indikasi kecandu-an, keracunan,  ketergantungan dan toleransi morf*n.
  4. Mencegah Kerusakan Ginjal Terkait dengan Diabetes: Senyawa thymoquinone dari nigella sativa memiliki efek protektif pada nefropati diabetik eksperimental.
  5. Mencegah Adhesi Pasca Bedah: Menutupi permukaan peritoneal dengan minyak Nigella sativa (NSO) setelah trauma peritoneal,  efektif dalam mengurangi pembentukan adhesi peritoneal dalam model eksperimental.
  6. Mencegah Alzheimer terkait Neurotoksisitas: Ekstrak thymoquinone dari nigella sativa memiliki efek protektif pada diabetes eksperimental mencegah neurotoksisitas dan Aβ1-40-induced apoptosis pada model sel.
  7. Menekan Pertumbuhan Kanker Payud*ra : Senyawa thymoquinone dari nigella sativa menghambat pertumbuhan tumor dan menginduksi kematian sel terprogram (apoptosis) dalam model kanker payud*ra xenograft tikus.
  8. Anti-Psoriasis :  Ekstrak alkohol dari biji nigella sativa menunjukkan aktivitas anti-psoriatik, sama dengan penggunaan obat dalam pengobatan tradisiona.
  9. Mencegah Patologi Otak Terkait dengan Penyakit Parkinson: Zat thymoquinone dari nigella sativa melindungi kutur neuron terhadap toksisitas sinaptik, patologi yang dilihat pada otak pasien dengan penyakit Parkinson dan demensia.
  10. Sangat Agresif mematikan Sel Gliobastoma pada Kanker Otak: Zat thymoquinone dari nigella sativa menunjukkan aktivitas mematikan sel glioblastoma.
  11. Mematikan Sel Leukemia: Zat thymoquinone dari nigella sativa menginduksi mitokondria-dimediasi apoptosis pada leukemia limfoblastik akut in vitro.
  12. Menekan Pertumbuhan Kanker Hati: Zat  thymoquinone dari jinten hitam mencegah kanker yang diinduksi secara kimia pada obyek tikus.
  13. Mencegah Diabetes patologi: Ekstrak air dan alkohol dari jinten hitam pada dosis rendah memiliki efek menurunkan gula darah dan efek bersifat memperbaiki dan meregenerasi pankreas, yang menunjukkan nilai sebagai agen terapeutik dalam pengelolaan diabetes mellitus.
  14. Menekan Pertumbuhan Sel Kanker Serviks: Satu Ekstrak thymoquinone dari nigella sativa menunjukkan sifat anti-proliferasi, sifat apoptosis, dan antiinvasif pada sel kanker serviks.
  15. Mematikan Sel Kanker Mulut: Zat  thymoquinone dari ekstrak jinten hitam menginduksi kematian sel terprogram (apoptosis) pada sel kanker mulut.

Mengapa biji jinten hitam yang memiliki khasiat pengobatan yang sangat kuat ini belum begitu familier di sebagian besar masyarakat medis dan gizi? Kita tahu habbatussauda bisa mengalahkan Tylenol dalam rangka mengurangi nyeri arthritis dan dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, dan kita juga tahu jinten hitam bisa mengecilkan kanker payud*ra dan prostat, tetapi manfaat habbatussauda ini sebagian besar kurang dimanfaatkan dan dipublikasikan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *