Manfaat Terbukti Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatanBuah jeruk lemon memiliki nama Ilmiah Citrus limon, merupakan salah satu dari jenis buah jeruk yang paling populer di dunia. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan jeruk lemon. Namun karena rasanya yang sangat asam, biasanya hal ini tidak dimakan utuh. Kebanyakan hanya dimakan setelah iris sebagai hiasan bersama dengan makanan, dan seringkali digunakan untuk memberikan rasa asam pada minuman jus buah. Jeruk ini juga merupakan bahan utama dalam pembuatan minuman limun. Lemon adalah sumber tinggi vitamin C dan serat, dan mengandung banyak senyawa nabati, mineral dan minyak atsiri. Makan jeruk lemon dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan batu ginjal. Baca juga : Manfaat Minum Segelas air hangat dan lemon di pagi hari

Advertisement

Kandungan Nutrisi lemon

Lemon mengandung sangat sedikit lemak maupun protein, terutama terdiri dari karbohidrat (10%) dan air (88-89%). Sebuah jeruk lemon ukuran sedang hanya mengandung sekitar 20 kalori.

Karbohidrat dalam lemon terutama terdiri dari serat dan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Serat utama dalam lemon adalah pektin, merupakan jenis serat larut yang dapat bermanfaat menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat pencernaan gula dan pati.

Diet serat merupakan bagian penting dari diet yang sehat, dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Vitamin dan Mineral

Lemon mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral, yaitu :

  1. Vitamin C : Adalah antioksidan penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit
  2. Kalium: Diet tinggi kalium dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki efek positif pada kesehatan kardiovaskular.
  3. Vitamin B6: Vitamin yang ikut berperan dalam mengubah makanan menjadi energi.

Pada intinya, lemon sangat kaya akan vitamin C, dan juga merupakan sumber kalium dan vitamin B6 yang cukup baik.

Kandungan senyawa lain

Senyawa yang terkandung dalam lemon adalah zat bioaktif alami nabati, beberapa di antaranya memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Senyawa ini banyak ditemukan dalam lemon dan jenis buah jeruk lainnya, yang mungkin memiliki efek untuk pencegahan kanker, penyakit kardiovaskular dan peradangan. Berikut  adalah senyawa utama yang ditemukan di lemon:

  1. Asam sitrat : Adalah senyawa asam organik yang paling banyak di jeruk lemon, dan dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.
  2. Hesperidin: Jenis antioksidan yang dapat memperkuat pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis.
  3. Diosmin: Antioksidan yang digunakan dalam beberapa obat yang mempengaruhi sistem peredaran darah. Hal ini meningkatkan tonus otot pembuluh darah dan mengurangi peradangan kronis pada pembuluh darah (13).
  4. Eriocitrin: Jenis antioksidan yang ditemukan dalam kulit lemon.
  5. D-Limonene: Paling ditemukan terutama di bagian kulit lemon, merupakan senyawa utama dari minyak atsiri lemon, yang menciptakan bau khas lemon. Dapat membantu meredakan mulas dan asam lambung.

Banyak sekali senyawa nabati dilemon yang tidak ditemukan dalam jumlah banyak dalam produk jus lemon, sehingga sangat dianjurkan untuk makan dari buah lemon segar untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Manfaat lemon bagi kesehatan

Semua jenis buah jeruk termasuk lemon telah diakui akan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini terutama dikaitkan dengan vitamin, kandungan serat, serta senyawa bioaktif yang ada. Berikut manfaat lemon untuk kesehatan

Baca juga:  Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Kesehatan Jantung

Penyakit kardiovaskular mencakup kondisi seperti serangan jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian paling umum di seluruh dunia. Asupan buah-buahan yang kaya akan vitamin C terkait dengan mengurangi penyakit kardiovaskular. Rendahnya tingkat asupan vitamin C dalam darah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke terutama untuk golongan orang-orang yang meiliki kelebihan berat badan atau dengan tekanan darah tinggi .

Asupan serat telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah, dan minyak atsiri lemon dapat mencegah oksidasi partikel kolesterol LDL. Penelitian terbaru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa senyawa hesperidin dan diosmin yang juga ditemukan di lemon mungkin memiliki efek yang baik untuk beberapa faktor risiko utama penyakit jantung

Pencegahan Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat meningkatkan volume urin, yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus lemon dan lemon dapat efektif untuk mencegah batu ginjal.

Pencegahan Anemia

Anemia seringkali disebabkan oleh kekurangan zat besi, dan paling sering terjadi pada wanita pra menopause. Lemon memang mengandung sedikit besi, tetapi merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat, yaitu yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain.

Karena lemon dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang kita makan, maka mereka dapat membantu mencegah anemia.

Mencegah Kanker

Lemon dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, hal ini terutama karea mengandung zat seperti hesperidin dan d-limonene.

Intinya lemon dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, membantu mencegah anemia dan  pembentukan batu ginjal.

Air + lemon

Banyak orang yang menyukai minum air lemon, baik dalam kondisi hangat atau dingin, dan bisa beberapa kali per hari. Cara membuatnya biasanya cukup memeras air dari 1/2 bagian yang dicampur dengan secangkir air. Minum air plus perasan lemon mungkin memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk .

  • Air lemon merupakan sumber  vitamin C dan zat aktif nabati yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh), melindungi terhadap berbagai penyakit, dan meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
  • Asam sitrat dalam lemon mengurangi risiko batu ginjal dengan cara meningkatkan keluarnya urin.
  • Serat pektin yang banyak terdapat dalam kulit dapat mempromosikan rasa kenyang dan memberikan makanan bagi bakteri baik di usus, mempromosikan kesehatan yang baik dan menurunkan risiko penyakit.
  • Lemon merupakan produk pembersih yang efektif karena memiliki kemampuan untuk melarutkan lemak, serta memiliki aroma yang menyegarkan.

Namun gula yang biasanya ditambahkanan pada jus lemon bisa sangat berbahaya bila dikonsumsi berlebihan.

Efek samping

  • Lemon umumnya dapat ditoleransi dengan baik, tapi buah jeruk bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian kecil orang.
  • Leon juga dapat menyebabkan alergi iritasi jika mengenai kulit orang dengan dermatitis.
  • Lemon cukup asam, jadi mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan gigi karena enamel gigi bisa menjadi rusak.

Buah lemon menyegarkan, sumber  vitamin C tinggi, serat larut dan senyawa aktif nabati, yang semuanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *