Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

manfaat jantung pisangBunga pisang yang berwarna merah ungu gelap ini juga disebut dengan jantung pisang, sering dikonsumsi sebagai sayuran dibanyak daerah. Jantung pisang terdiri dari kulit luar yang berwarna merah keunguan dan bunga-bunga pisang yang menglilingi yang berwarna putih. Tahukan Anda bahwa jantung pisang ini kaya akan serat pangan, vitamin C dan Vitamin A, hingga mencegah infeksi dan membuat luka lebih cepat sembuh. Tak hanya itu,  bungan pisang juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui karena dapat meningkatkan dan melancarkan ASI – juga dapat membantu  program diet penurunan berat badan. Tertarik dengan jantung pisang?….

Advertisement

Berikut 12 Manfaat bunga pisang untuk kesehatan

1. Menyembuhkan infeksi

jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena mengandung etanol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen sehingga cepat menyembuhkan luka. Ekstrak jantung pisang juga membantu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengatasi diabetes dan anemia

Dapat membantu mengendalikan diabetes, karena jantung pisang baik yang direbus atau tidak dapat mengurangi tingkat gula darah. Hal ini juga  meningkatkan hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan serat dan zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah.

3. Meningkatkan laktasi

Jantung pisang bermanfaat bagi ibu hamil dan pasca melahirkan. Hal ini karena dapat membantu menyembuhkan perdarahan yang berlebihan, menjaga kesehatan kandungan, membatasi sembelit selama kehamilan dan meningkatkan produksi ASI.

4. Mengurangi dampak radikal bebas

Radikal bebas menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jantung pisang mengandung antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti kanker, penyakit hantung, dan penuaan dini.

5. Penurunan berat badan

Karena kaya akan serat, jantung pisang dapat membantu penurunan berat badan. Serat dapat membuat kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi keinginan ngemil – yang merupakan penyebab umum dari kegemukan. Ada banyak lagi manfaat dari serat pangan , baca di disini

6. Sumber yang Kaya nutrisi

Bunga  pisang menyediakan vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat dan kalium. sehingga menjadikannya sebagai salah satu sumber gizi yang sehat.

Baca juga:  Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

7. Meningkatkan mood dan Mengurangi Kecemasan

Bunga pisang mengandung magnesium, yang membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Dengan demikian bisa menjad anti-depresan alami yang tanpa efek samping.

 8. Anti-penuaan

Hal ini terkait dengan kandungan zat antioksidan dalam bunga pisang yang bekerja sebagai penangkal radikal bebas, sehingga mengurangi risiko kesehatan terkait seperti kanker dan juga penuaan dini.

9. Kesehatan kandungan

Bunga pisang membantu mencegah masalah kandungan atau rahim. Untuk membantu rahim yang sehat, bunga pisang harus ditambahkan dengan bubuk kunyit, merica dan biji jintan. Bunga-bunga pisang harus direbus dengan 1/4 sdt merica ringan dan biji jintan, 1/2 sdt bubuk kunyit dan garam.

10. Kesehatan pencernaan

Bunga pisang kaya serat jenis larut dan tidak larut. Serat larut berfungsi agar makanan dapat dengan mudah melalui saluran pencernaan karena sifatnya yang larut dalam air dan dapat membentuk gel. Sementara itu serat tidak larut membantu mengumpulkan kotoran dan mengeluarkan semuanya . Dengan demikian bunga pisang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan makanan.

11. Pencegahan Kanker dan penyakit jantung

Bunga pisang merupakan zat tanin, flavonoid dan jenis antioksidan lain yang bermanfaat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

12. Mencegah gangguan Syaraf

Radikal bebas juga dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi bunga pisang secara teratur, karena manfaat akan kandungan antioksidannya.

Demikian 12 manfaat utama dari bunga pisang yang tak banyak diketahui orang. Jantung pisang ini dapat di olah menjadi berbagai hidangan, direbus, bahkan dijtambahkan untuk salad sayuran.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *