Manfaat Jamur Tiram, jamur merang, jamur putih, dsb untuk Kesehatan

Manfaat jamur untuk KesehatanMungkin Anda sudah mengenal beberapa varietas jamur yang biasa dikonsumsi, seperti jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, dan jamur kuping.  Ada sekitar 140.000 spesies jamur yang berbeda didunia, namun hingga saat ini masih sekitar100 spesies jamur yang telah dipelajari akan manfaatnya bagi kesehatan dan obat. Jadi jika berbicara tentang manfaat potensial jamur bagi kesehatan, kita harus menerima bahwa pengetahuan kita hanya terbatas pada jumlah spesies yang telah dipelajari. Jamur telah diketahui kaya akan nnutrisi penting dan memiliki sifat obat yang berbeda beda yang bisa membantu meningkatkan kesehatan. Banyak dari spesies jamur yang terlihat sama atau hampir sama, namun tidak dapat dimakan bahkan bisa sangat beracun. Jadi saat membeli jamur, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda membelinya dari sumber yang bisa dipercaya – kalau spesies umum seperti jamur tiram, jamur putih, jamur merang, jamur kuping, dan jamur kancing bisa dimakan bahkan telah banyak dibudidayakan.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat penting ketika kita mengkonsumsi jmur tiram dan jenis jamur yang sehat lainnya

Jamur mencegah kanker pay*dara dan kanker prostat

Jamur mengandung sejumlah polisakarida(seperti asam linoleat terkonjugasi) dan Beta Glucan dalam jumlahbanyak. Beta glucan dan polisakarida ini memiliki sifat anti-karsinogenik(anti racun dalam tubuh) yang efektif. Asam linoleat mengurangi tingkat estrogen yang meningkat dalam tubuh, yang seringkali menjadi penyebab utama kanker pay*dara yang umum pada wanita. Sementara Beta Glucan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat yang umum pada pria.

Jamur untuk kesehatan tulang

Kesehatan tulang secara langsung berhubungan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan Jamur tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga kaya akan vitamin D, yang bermanfaat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Jamur juga mengandung fosfor, yaitu mikronutrien penting untuk tubuh yang cukup langka baik dari sumber makanan nabati atau sumber hewan.

Jamur untuk meningkatkan sistem kekebalan sistem

Memiliki Sistem kekebalan yang kuat adalah kunci paling penting untuk tetap sehat. Jamur mengandung anti-oksidan efektif yang bernama ergothioneine, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara substansial. Jenis anti-oksidan ini cukup langka dan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Hal ini bisa meningkatkan proses perbaikan kerusakan alami tubuh dan juga dapat membantu melawan penyakit. Selain ergothioneine, jamur juga mengandung sejumlah antibiotik alami dan vitamin, seperti vitamin A, C dan vitamin B  yang secara alami akan meningkatkan kekebalan.

Baca juga:  Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Jamur untuk membantu mengontrol diabetes

Jamur mengandung insulin alami plus sejumlah enzim yang membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh.  Unsur-unsur senyawa tertentu  dalam jamur juga dapat mempromosikan berfungsinya kelenjar internal termasuk pankreas, memastikan formasi dan sekresi insulin yang tepat, yang mengontrol tingkat gula dalam darah. Jadi, bagi orang-orang dengan diabetes, jamur bisa menjadi makanan yang sangat sehat dan  sebagai tindakan pencegahan yang baik untuk orang-orang pra-diabetes. Baca juga : Buah yang boleh dan baik untuk Diabetes

Jamur untuk kesehatan jantung yang lebih baik

Enzim tertentu dalam jamur bisa efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan beberapa varietas mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Kalium bekerja sebagai vasodilator yang membantu mengurangi tekanan darah – dan dengan kemampuannya yang menurunkan kolesterol darah, jamur merupakan makanan yang ideal untuk orang dengan penyakit kardiovaskular. Kalium juga diyakini efektif dalam peningkatan memori dengan mensuplai nutrisi ke sel-sel otak.

Jamur menyembuhkan anemia

Hemoglobin dalam darah yang lebih rendah dapat menyebabkan anemia,  dan kondisi ini terjadi sebagai akibat dari kekurangan zat besi dalam tubuh. Anemia tidak hanya bisa menyebabkan kelelahan dan kelemahan, tetapi juga dapat memicu kerusakan saraf dan masalah serius lainnya. Jamur kaya akan zat besi dalam bentuk yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, jamur juga mengandung tembaga yang bermanfaat merangsang penyerapan zat besi dari makanan dan pelepasan zat besi dari tempat penyimpanannya dalam tubuh sehingga mencegah anemia.

Jamur membantu menurunkan berat badan

Jamur dapat sangat efektif untuk mengelola berat badan dan juga untuk menurunkan berat badan. Sebagian besar lemak tubuh digunakan untuk membakar protein, dan ketika karbohidrat sedikit, tidak ada lemak, dan tinggi serat, maka pembakaran lemak dimaksimalkan. Jamur adalah makanan yang tinggi protein dan serat, tetapi rendah karbohidrat dan tidak mengandung lemak; maka jamur bisa sangat efektif untuk mengurangi berat badan. Serat tinggi dari jamur meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengurangi rasa lapar; dua hal yang baik ketika sedang mengelola berat badan berat badan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *