Manfaat Jagung bagi Kesehatan

manfaat jagung untuk kesehatanJagung merupakan makanan yang sangat istimewa, karena dapat dimasukkan kedalam dua kategori makanan. Jagung muda beserta tongkol bisa dimasukkan kedalam jenis sayuran, tetapi jika kering jagung dianggap sebagai biji-bijian. Bahan makanan bergizi ini juga telah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan, kue, minyak jagung, dan gula jagung. Di derah tertentu jagung bahkan menjadi makanan pokok, atau alternatif makanan pokok karena sifat nya yang mengenyangkan dan mampu memberikan energi tubuh. Jagung merupakan makanan bergizi, kaya antioksidan, dan juga serat. Jika Anda sedang mencari sayuran untuk memperkaya warna sayuran Anda, maka jagung juga bisa menjadi pilihan yang menawarkan banyak nilai gizi.

Advertisement

Berikut aneka manfaat Jagung bagi kesehatan tubuh kita

Sumber Protein Nabati

Jagung termasuk makanan nabati yang bisa menjadi alternatif sumber protein yang baik, yaitu porsi 1 cangkir jagung menyediakan 5 gr protein, atau sekitar 10%  dari AKG. Protein dari jagung mengandung semua asam amino esensial, namun tidak mengandung lisin dalam jumlah cukup sehingga masih belum bisa dianggap mengandung protein lengkap. Namun Anda masih dapat memperoleh lisin dalam jumlah cukup dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, telur, daging unggas dan daging tanpa lemak. Anda tidak harus makan protein yang lengkap setiap kali makan selama Anda masih makan berbagai jenis makanan selama dalam satu hari. Untuk Wanita memerlukan 46 gram protein setiap hari, sementara pria memerlukan 56 gram.

Mengandung Folat untuk metabolisme

Tubuh kita tergantung pada folat untuk metabolisme DNA dan protein. Salah satu dari jenis vitamin B ini sangat penting bagi wanita yang sedang hamil, karena folat berguna untuk mencegah cacat lahir yang terjadi pada beberapa minggu pertama setelah konsepsi. Folat juga membantu mengubah asam amino – homosistein kedalam S-adenosylmethionine. Dengan demikian homosistein akan dibuang dari aliran darah, sehingga melindungi jantung Anda ; tingginya kadar homosistein dalam darah dapat merusak pembuluh darah. Selain itu, S-adenosylmethionine sangat penting untuk proses metabolisme lain seperti memproduksi neurotransmitter(yang memungkinkan komunikasi sel-sel otak). 1 cangkir jagung masak mengandung 34 mikrogram folat, atau sekitar 9 % dari angka kecukupan gizi harian.

Melindungi jantung

Jagung menyediakan serat larut dan tak larut, yang sangat penting untuk pencernaan dan mencegah sembelit. Namun, kedua jenis serat  ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Serat juga bertindak mengikat kolesterol dan membawanya serta keluar dari sistem pencernaan, sehingga membantu menurunkan kadar koletserol dalam darah Anda dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. The Institute of Medicine merekomendasikan asupan serat berdasarkan jumlah yang dibutuhkan untuk melindungi jantung. Anda akan memperoleh 4 gram serat dari 1 cangkir  jagung masak, yang mencukupi 16% untuk wanita  dan 11% asupan harian pria.

Baca juga:  Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Manajemen berat badan

Salah satu manfaat jagung adalah rendah kalori,  porsi 1 cangkir hanya menyediakan  143 kalori – dan sekitar 73 persen jagung terdiri dari air. hal ini membantu mengelola berat badan karena mengenyangkan tanpa memberikan banyak kalori.  Manfaat lain untuk berat badan adalah dari protein dan serat,  keduanya juga membuat kita merasa kenyang dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, jagung juga cukup tinggi karbohidrat yang cukup untuk meningkatkan gula darah. Porsi 1 cangkir jagung menyediakan sekitar 31 gram karbohidrat, yang hampir seperempat dari kebutuhan karbohidrat disarankan sehari-hari.

Menjaga Tekanan Darah

Satu cangkir jagung kuning mengandung sekitar 392 – dan jagung putih 416 mg kalium. Kalium bermanfaat menjaga tekanan darah supaya tetap normal, dengan cara menyerap kelebihan natrium yang meningkatkan tekanan darah. Makan jagung, baik yang kuning ataupun  putih  dapat membantu  memenuhi kebutuhan harian Anda. Namun makan makanan yang tinggi kalium tidak baik untuk semua orang, khususnya orang yang lebih tua dan orang-orang dengan penyakit ginjal. Jika Anda kurang yakin akan kebutuhan kalium Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kaya Antioksidan

Seperti halnya sayuran lainnya, jagung bisa membantu mengusir radikal bebas yang merusak sel, serta  dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan lainnya. Antioksidan yang ditemukan dalam jagung termasuk karotenoid, vitamin C dan vitamin E.

Baik untuk Mata

Jagung mengandung karotenoid yang sangat baik untuk mata , yaitu lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari energi tinggi dari cahaya gelombang biru yang merusak. The American Optometric Association melaporkan lutein dan zeaxanthin juga dapat membantu melindungi Anda dari penyakit mata kronis seperti degenerasi makula dan katarak;  dan makan-makanan yang kaya akan nutrisi ini seperti jagung sangat dianjurkan.

Jagung Bagi pencernaan

Makanan yang mengandung serat dan karbohidrat bisa menyebabkan pebentukan gas dalam saluran usus, jadi jagung termasuk bisa memicu pembentukan gas di usus besar selain kentang dan gandum. Jadi Jika Anda mengalami efek samping tak nyaman setelah makan jagung, mungkin Anda perlu untuk mengurangi  atau tidak mengkonsumsi jagung.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *