Manfaat Ikan Mujaer dan Nila bagi Kesehatan tubuh

Manfaat ikan mujaerTilapia adalah sebutan lain untuk kedua jenis Ikan ini, yaitu ikan nila dan mujaer, merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi masyarakat karena berbagai alasan. Pertama, ikan mujaer dan nila mudah ditemukan dan dijual dengan harga lebih terjangkau dari jenis ikan tawar lain(seperti ikan mas dan gurame), dan yang kedua, ikan air tawar seperti mujaer memiliki bau yang tidak se-amis ikan air laut. Ikan mujaer yang berdaging putih ini memiliki rasa yang sangat lezat, serta memiliki berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan metabolisme, mempercepat perbaikan sel, membangun otot, membangun tulang yang kuat, menurunkan risiko penyakit kronis, menjaga kadar trigliserida, mencegah arthritis, mencegah penurunan kognitif, mencegah kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan, meningkatkan kesehatan rambut, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Ikan nila atau mujaer  menurut lieratur adalah jenis ikan asli dari sungai Nil dan Afrika Utara, tetapi kini telah menyebar dan banyak dibudidayakan di seluruh kawasan Asia  – bahkan sekarang telah menjadi spesies “global” . Beberapa negara menganggap jenis ikan ini sebagai ikan yang  invasif, karena sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, bahkan dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Ikan nila mujaer cepat sekali berkembang, walaupun di lingkungan air tawar yang tercemar atau perairan kurang menyediakan oksigen seperti rawa-rawa.

Baca juga : Manfaat makan Ikan Lele untuk Kesehatan

Kontroversi :

Seperti halnya makanan lainnya, daging dari ikan mujaer dan nila sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Namun jenis ikan ini menjadi perdebatan dan agak kontroversial, karena faktanya mujaer dan nila adalah pengumpul bahan beracun dari dalam air dilingkungan mereka hidup. Dengan demikian, konsumsi ikan mujaer tidak selalu sehat dan baik, sehingga Anda harus memastikan telah membeli ikan nila atau mujaer dari sumber pertanian ikan yang bersih dan sehat.

Kandungan gizi :

Ikan mujaer dan nila sangat bernilai tinggi bagi kesehatan, memiliki kekayaan nutrisi yang baik, seperti vitamin, mineral, termasuk protein, asam lemak omega 3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niasin, vitamin B6, dan asam pantotenat. Bahkan, Protein yang ditemukan dalam ikan mujaer dan nila dianggap sebagai protein “lengkap”, karena mengandung semua jenis asam amino esensial; yaitu yang merupakan semua protein yang harus kita diperoleh dari makanan. Protein diperlukan untuk memelihara jaringan tubuh, serta memberikan rasa kenyang setelah makan.

Berikut manfaat utama ikan mujaer dan nila bagi Kesehatan tubuh kita!

Pertumbuhan dan Perkembangan :

Salah yang paling penting dari jenis ikan ini adalah  kandungan protein-nya yang mengagumgkan, bahkan bisa memenuhi lebih dari 15% dari total kebutuhan protein tubuh kita sehari-hari. Protein merupakan hewani merupakan bagian penting makanan kita sehari-hari karena seperti enzim yang bisa dipecah menjadi asam amino komposit, dan disusun kembali menjadi protein yang dapat digunakan dalam tubuh manusia. Protein terkait secara langsung terhadap pertumbuhan dan perkembangan organ, selaput lendir, dan otot. Terutama asupan tinggi protein sangat penting bagi anak-anak supaya mereka bisa berkembang dengan baik, karena hal ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Baca juga:  Makanan yang baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Mencegah Kanker Prostat:

Seperti pada banyak jenis ikan lainnya, mujaer juga memiliki kandungan selenium yang sangat tinggi. Mineral ini juga termasuk zat antioksidan alami, dan studi menemukan bahwa asupan selenium penting untuk mengurangi risiko kanker prostat dan kondisi jantung. Zat Antioksidan termasuk selenium dikenal memiliki kemampuan  mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mencegah mutasi sel-sel sehat menjadi sel kanker.

Kesehatan Jantung:

Mujaer dan nila adalah sumber omega 3, yang secara langsung terkait dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Omega 3 juga bekerja menetralisir dampak dari asam lemak omega 6. Asam lemak omega 3 membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang ditemukan dalam ikan nila juga merupakan vasodilator dan mengurangi tekanan darah; hal yang merupakan penunjang kesehatan jantung.

Kesehatan Otak:

Kalium dan asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan nila terkait dengan peningkatan kekuatan otak dan meningkatkan fungsi neurologis . Kalium bermanfaat meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh, yang berguna untuk memfasilitasi respon saraf dan deposisi nutrisi yang tepat dari tubuh termasuk otak.

Anti penuaan dini :

Seperti yang dikatakan sebelumnya, selenium juga dikenal sebagai zat antioksidan, yang dapat meremajakan vitamin E dan C, kedua vitamin penting untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Mujaer dan nila kaya akan selenium, sehingga membuatnya menjadi sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini berarti akan mengurangi keriput, kulit kendur, flek hitam pada wajah, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Menjaga kesehatan fungsi tiroid dan Sistem kekebalan tubuh:

Manfaat selenium yang terakhir adalah untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena selenium juga berperan meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih, yang digunakan tubuh untuk menangkal zat toksin dan benda asing. Selenium juga berperan penting dalam pengaturan kelenjar tiroid yang mengendalikan banyak fungsi hormonal dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang berfungsi dengan baik akan menjamin metabolisme yang baik, fungsi organ yang tepat, dan reaksi kimia yang tepat di seluruh tubuh.

Kehati-hatian :

  • Karena ikan mujaer dan nila memiliki sifat alami membersihkan racun di lingkungan habitatnya, bahkan racun lingkungan dapat diserap ke dalam tubuh mereka. Dengan demikian sangat penting untuk membeli jenis ikan mujaer dan nila yang dibudidayakan atau hidup di perairan yang bersih bebas dari pencemaran.
  • Karena ikan nila dan mujaer mengandung banyak asam lemak omega 6, maka orang orang yang sudah memiliki masalah kesehatan jantung sebaiknya berhati-hati dengan tidak makan terlalu banyak ikan nila atau mujaer.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *