Manfaat Hebat Daun, kulit, akar, dari Buah pepaya

Manfaat buah, daun, akar, dan biji pepayaSeorang penjelajah Eropa terkenal yang menemukan benua Amerika, Christopher Columbus  memberikan sebuah julukan “Fruit of The Angels” untuk buah pepaya yang saat ini sudah bisa dinikmati siapa saja seluruh dunia sebagai buah tropis yang manis dan lezat. Setiap bagian dari pohon buah pepaya termasuk buahnya mewariskan nilai terapeutik yang hebat dalam menjaga kesehatan dan memperbaiki tubuh. Masyarakat  telah lama mengenal manfaat kesehatan buah pepaya sejak ber-abad-abad lalu, dan sekarang telah menjadi sorotan ilmu kedokteran modern.

Advertisement

Kandungan nutrisi buah pepaya

Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin, mineral, dan enzim. Buah pepaya matang memberikan vitamin C, E, dan A serta folat dan kalium. Nutrisi yang paling terkenal dari pepaya adalah papain, yaitu enzim yang membantu mencerna protein dan mengurangi peradangan. Papain ini terdapat 3 kali lebih banyak pada buah pepaya yang sudah matang.

Manfaat buah, kulit, biji, dan daun pohon pepaya untuk kesehatan

Dikenal sebagai Pawpaw di Australia dan Selandia Baru, pepaya adalah tanaman yang paling terkenal untuk meningkatkan kesehatan yang sangat baik . Semua bagian dari tanaman termasuk buah dianggap memiliki manfaat. Buah dan biji pepaya yang diekstrak ditemukan efektif melawan bakteri jenis Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Escherichia coli, dan Shigella flexneri.

Biji pepaya kaya protein dan berkhasiat untuk jantung

Biji pepaya  juga kaya protein yang sangat mudah dicerna dan mengandung alkaloid carpaine. Carpaine memiliki efek menenangkan pada jantung, bronkus, dan otot-otot, sehingga ideal untuk penyakit paru-paru seperti bronkitis dan asma. Penduduk asli Selandia Baru selatan telah lama menggunakan biji pepaya untuk pengendalian kelahiran dan sebagai anti-parasit yang efektif.

Kulit pepaya untuk obat sakit kuning

Kulit pohon pepaya membantu mengatasi sakit gigi sementara itu bagian akar dapat diolah dijadikan teh untuk mengobati penyakit kuning, parasit usus, dan gangguan perdarahan. Daun pepaya dianggap unsur yang paling kuat, namun kulit dan buah pepaya mentah dan matang juga sangat bioaktif . Daun pepaya mengandung 15 kali jumlah protein dari buah yang matang termasuk tingkat papain. Kulit pepaya matang juga merupakan sumber kaya enzim ampuh ini.

Baca juga:  Manfaat berjemur dibawah Sinar Matahari Pagi

Buah pepaya mencegah berbagai masalah kesehatan

Pepaya telah terbukti untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Kondisi seperti kanker, penyakit jantung, degenerasi makula, dan arthritis bisa dikurangi dengan mengkonsumsi pepaya. Kesehatan Pencernaan bisa ditingkatkan oleh enzim dan serat yang ada dalam buah pepaya. Serat mengikat racun yang bisa menyebabkan kanker , yang kemudian dihilangkan dari sistem tubuh, menjaga sel-sel usus yang sehat. Enzim yang ditemukan dalam pepaya juga ampuh menghilangkan  lapisan fibrin tebal pada tumor yang memungkinkan untuk mengenali dan menyerang sel kanker. Dari sekian banyak manfaat hebat pepaya bagi kesehatan, kemampuannya untuk melarutkan tumor kanker telah menarik perhatian dari ilmu pengetahuan modern.

Teh daun pepaya kering menyembuhkan tumor / kanker

Diyakini telah ditemukan oleh suku Aborigin dari Australia, yaitu teh daun pepaya adalah obat yang efektif untuk kanker. Sebuah studi di University of Florida menemukan bahwa pepaya memperlambat pertumbuhan berbagai tumor, termasuk kanker pay*dara, paru-paru, pankreas, leher rahim, dan hati.

Peneliti menggunakan teh pekat yang dibuat dari daun pepaya kering. Ditemukan bahwa semakin besar dosis teh daun pepaya yang digunakan maka semakin mengurangi tumor. Sifat penyembuhan hebat teh daun pepaya dikaitkan dengan peningkatan produksi sitokin jenis Th1, yaitu regulator  sistem kekebalan tubuh. Dengan peningkatan sitokin, maka sistem kekebalan tubuh dapat melarutkan sel-sel kanker. Sebagai manfaat tambahan, mengkonsumsi teh daun pepaya tak ada  efek samping berbahaya. Namun bagi orang yang alergi lateks/getah  tidak harus mengkonsumsi setiap bagian dari pohon pepaya termasuk buah. Buah pepaya adalah makanan yang lezat, serta pohonnya  yang plus luar biasa menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *