Manfaat Garam Inggris untuk tanaman Hingga Kesehatan

manfaat mandi garam inggrisGaram Epsom sudah digunakan orang diberbagai budaya selama ratusan tahun. Bahan ini pertama ditemukan di Epsom, Surrey Inggris; sehingga kenapa ia disebut dengan garam Epsom atau garam Inggris. Garam ini dikenal mengandung sejumlah zat yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan termasuk berkebun, membersihkan alat rumah tangga, dan mendetoksifikasi tubuh.

Advertisement

Kebanyakan orang menggunakan garam inggris untuk menggarami bak mandi, karena merupakan salah satu strategi detoksifikasi tubuh yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Garam Epsom atau garam inggris sangat berbeda dengan garam pada umumnya, yang kandungannya terdiri dari senyawa mineral murni alami dari magnesium dan sulfat. Mineral-mineral ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat kuat yang dapat meningkatkan kemampuan detoksifikasi tubuh. Berikut pembahasan tentang berbagai manfaatnya secara lebih detail :

Manfaat Garam Inggris untuk kesehatan:

Cara kerja

Magnesium dan sulfat adalah kedua zat yang mudah diserap melalui kulit dan masuk ke aliran darah tubuh. Kulit adalah permukaan berpori-pori, yang membutuhkan mineral dan menghilangkan racun setiap hari. Menggunakan dasar mineral yang kuat seperti garam inggris kedalam media air mandi menciptakan proses yang disebut dengan reverse osmosis.

Proses ini akan menarik keluar garam dan racun yang berbahaya dari tubuh serta memungkinkan magnesium dan sulfat untuk masuk ke dalam tubuh. Magnesium berperan penting untuk lebih dari 325 enzim, yang membantu untuk meningkatkan fungsi otot dan saraf, mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi keseluruh tubuh. Sulfat diperlukan untuk sendi, kulit dan jaringan saraf yang sehat.

Garam inggris akan mengisi tingkat magnesium dan sulfat tubuh. Kombinasi ini akan membantu membilas racun dari dalam tubuh dan membantu membangun molekul protein kunci jaringan otak dan sendi.

Penggunaan teratur garam inggris untuk mandi telah terbukti mampu mengatasi berbagai gejala dari kondisi kesehatan termasuk asam urat, jamur kuku, keseleo, memar dan nyeri otot atau pegal-pegal. Hal ini juga baik bagi orang yang menderita penyakit kronis untuk mandi secara rutin dengan air garam inggris untuk membantu detoksifikasi dan meningkatkan mineral dan keseimbangan sulfur dalam tubuh sementara.

Magnesium yang membasahi tubuh Anda dapat membalikkan efek stres pada tubuh Anda, mengisi tingkat magnesium, menurunkan adrenalin, dan memproduksi serotonin. Untuk mendapatkan efek tambahan penghilang stres, tambahan 5  tetes minyak esensial (terutama yang menginduksi relaksasi) kedalam bak mandi.

Persiapan untuk mandi garam inggris :

Anda setidaknya perlu berendam selama 40 menit.  20 menit untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan yang 20 menit adalah memberi kesempatan pori tubuh untuk menyerap mineral dari dalam bak air.
Isikan bak mandi/bathub untuk mandi berendam dengan air hangat. Pastikan air yang Anda gunakan memiliki sistem penyaringan yang baik, karena air keran yang kotor bisa mengandung klorin, fluoride, dioksin dan logam berat. Kemudian tambahkan garam inggris dalam jumlah berikut 

  • Anak-anak di bawah 30 kg: 1/2 cangkir garam untuk ukuran standard mandi masing-masing
  • 30-50 kg: Tambahkan 1 cangkir garam untuk ukuran standard mandi masing-masing
  • 50-70 kg: Tambahkan 1 1/2 cangkir garam untuk ukuran standard mandi masing-masing
  • 70-100 kg:Tambahkan 2 cangkir garam untuk ukuran standard mandi masing-masing
  • Setiap tambahan berat untuk 25 kg – Tambahkan tambahan 1/2 cangkir garam.

Strategi Tambahan mandi garam inggris

  • Menambahkan dalam 1/2 cangkir minyak zaitun juga sangat baik untuk kulit. Hal ini karena zat polifenol dari minyak zaitun akan meresap ke dalam kulit dan akan memberikan manfaat antioksidan tambahan.
  • Jangan menggunakan sabun plus garam Inggris untuk mandi, karena akan mengganggu penyerapan mineral dan proses detoksifikasi.
  • Cobalah untuk beristirahat selama satu atau dua jam setelah mandi. Kecuali jika Anda memiliki rematik, Anda sebisa mungkin aktif untuk untuk mencegah kekakuan sendi.
Baca juga:  Resep Teh Hijau dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat garam inggris untuk kecantikan:

  1. Untuk membersihkan wajah di malam hari, campurkan setengah sendok teh garam inggris dengan krim pembersih biasa. Cukup pijat ke kulit dan setelah itu bilas dengan air dingin
  2. Haluskan 1 Putih telur, 1/2 sendok teh asam pantotenat bubuk (Vitamin B5), 1 sendok teh gel Aloe Vera, 1 Sendok teh garam inggris, 1 Tomat cincang, dan 2 tetes minyak Thyme. Oleskan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas. Hal ini sangat baik untuk masalah jerawat.
  3. Menghilangkan bau dan melembutkan kulit kasar pada kaki dengan cara merendam kaki dengan air garam inggris. Tambahkan 1/2 cangkir garam inggris kedalam panci besar yang air hangat. Rendam kaki selama air masih hangat, lalu bilas dan keringkan. Hal ini juga membantu menghilangkan jamur kuku. Bisa sambil ditambahkan kelereng ke dalam panci untuk sambil pijat kaki.
  4. Untuk pengelupasan kulit, ambil segenggam garam inggris,  pijatkan dipermukaan kulit yang basah mulai dari kaki dan terus ke arah wajah. Mandi untuk membilasnya jika selesai.
  5. Garam inggris memiliki kemampuan menyerap kelebihan minyak dari rambut Anda. Tambahkan 9 sendok makan garam untuk 1/2 cangkir shampoo untuk jenis rambut berminyak. Terapkan 1 sdm campuran pada rambut saat kering; lalu bilas dengan air dingin. Setelah itu tuangkan jus lemon atau cuka sari apel organik ke rambut Anda, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas lagi.
  6. Garam inggris bisa mengurangi pembengkakan akibat keseleo dan memar. Tambahkan 2 cangkir garam kedalam air hangat untuk mandi dan berendam.
  7. Untuk menghilangkan komedo, campurkan 1 sendok teh garam inggris dan 3 tetes yodium cair Lugol kedalam 1/2 cangkir air mendidih. Ketika campuran ini sudah dingin, cukup celupkan bola kapas dengan jari Anda kedalamnya lalu mengoleskan ke komedo. Ulangi cara ini tiga sampai empat kali, dan kemudian oleskan dengan zat berbasis alkohol.

Peringatan :

  1. Mandi garam inggris tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil, mengalami dehidrasi atau memiliki luka yang terbuka atau luka bakar pada kulit Anda.
  2. Orang yang menderita penyakit kardiovaskular harus selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang mengetahui banyak tentang manfaa mandi garam inggris sebelum memulai.

Manfaat garam inggris untuk tanaman

  1. Mencegah hama Siput – Taburkan garam Epsom pada tanaman rumput atau bunga di taman Anda maka siput yang merusak akan enggan datang lagi.
  2. Membuat hijau rumput  taman – garam inggris mengandung magnesium. Tambahkan 2 sendok makan untuk tiap 1 galon air. Kemudian gunakan untuk membasahi umput taman Anda, maka hasilnya akan lebih hijau.
  3. Menghasilkan buah yang lebih besar dan lebih baik  – Penelitian telah menunjukkan bahwa garam ingris meningkatkan produksi paprika, dan tomat. Tambahkan 1 sdm garam inggris untuk tiap galon air , lalu disemprotkan pada tanaman Anda setiap 1-2 minggu.
  4. Menyuburkan tanah  –  Gunakan 1 cangkir garam untuk tiap 30m luas tanah akan membantu menyuburkannya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *