Manfaat Ekstra Virgin Oil untuk Bayi

Manfaat extra virgin olive oil untuk bayiOlive Oil adalah istilah untuk Minyak Zaitun dalam bahasa inggris, yaitu minyak nabati yang dibuat dari buah zaitun (Olea europaea). Lalu apakah Extra Virgin Olive Oil?… Menurut International Olive Oil Council (IOOC), minyak Extra virgin Olive Oil hanya di produksi dari minyak zaitun murni dan tidak mengandung keasaman lebih dari 0,8 persen. Selama proses ekstraksinya minyak zaitun extra virgin tidak menggunakan bahan kimia, serta dengan cara di press dingin atau tidak menggunakan panas selama pemrosesan. Selain harus lebih rendah tingkat  keasaman, tentu juga harus ada aroma ada rasa. Minyak zaitun yang dilabel “extra virgin” harus memiliki rasa dan aroma yang baik. Dianjurkan untuk digunakan sebagai dressing salad, mencelupkan roti di, atau gerimis di atas saus. Menurut wikipedia, Pohon zaitun bisa tumbuh hingga ketinggian 50 meter di habitat alaminya, dan sanggup hidup selama lebih dari 500 tahun. Wow!

Advertisement

Manfaat Ekstra Virgin Oil untuk Bayi

Zaitun juga cocok untuk bayi dan anak-anak karena sehat untuk diet apapun. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat dari extra virgin olive oil. Di beberapa negara minyak zaitun hanya digunakan untuk hidangan tertentu, sementara anak-anak dari negara-negara Mediterania(asal tanaman zaitun)  telah mengkonsumsinya selama berabad-abad.

Meskipun Anda harus selalu meminta nasehat kepada  dokter anak Anda, minyak zaitun biasanya baik untuk bayi yang telah berusia enam bulan atau lebih. Gunakan untuk menyiapkan makanan mereka sebagai pengganti lemak yang kurang sehat lainnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun extra virgin mentah untuk bubur wortel atau makanan pada lain seperti bubur, sayur, atau roti. Jika Anda ingin memperkenalkan untuk diet anak Anda,  mungkin ide yang baik untuk melakukannya semenjak usia dini .

Tentunya Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan minyak zaitun extra virgin, karena merupakan satu-satunya jenis yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang paling tinggi. Juga memiliki tingkat keasaman yang paling rendah, supaya rasanya lebih menyenangkan bagi bayi dan anak-anak. Olive Oil Extra-virgin sangat rapuh, paparan suhu tinggi dan bahkan cahaya saja dapat menyebabkan kerusakannya.

Baca juga : Manfaat minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Berikut penggunaan lain dari Ekstra Virgin Oil untuk Bayi

1. Mengatasi sembelit yang umum pada bayi

Sistem pencernaan bayi tentunya masih belum terbentuk dengan sempurna dan masih sangat sensitif terhadap perubahan diet. Oleh karena itu seringkali bayi mengalami sembelit atau diare bahkan bisa setiap beberapa minggu. Minyak zaitun bisa bermanfaat sebagai stimulan pencernaan, yang bisa membantu meringankan sembelit secara alami. Orang dewasa juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai obat untuk meningkatkan kinerja usus.

Baca juga:  Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga :Makanan yang sudah bisa diberikan untuk Bayi Umur 6,8,9,12 bulan
Jika Anda memberikan susu formula untuk bayi Anda, maka besar kemungkinan bayi menderita sembelit. Susu formula ini lebih sulit dicerna daripada ASI, sehingga bayi bisa menderita sembelit. Atau jika baru pertama kali bayi diperkenalkan dengan makanan, mungkin awalnya akan mengalami masalah pencernaan. Nah. jika bayi Anda mengalami hal demikian, minyak zaitun extra virgin bisa membantu.

Baca juga :Top 9 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan ASI
Untuk berbagai masalah yang terjadi pada bayi Anda, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

2. Untuk masalah kulit

Minyak zaitun juga baik untuk mengatasi masalah kulit pada bayi. Biasanya pijat bayi menggunakan minyak zaitun bukanlah merupakan pilihan yang baik, tetapi dalam beberapa kasus penggunaan minyak zaitun dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi beberapa masalah umum kulit.

Minyak zaitun adalah salah satu solusi alami yang terbaik untuk mengatasi ruam popok dan beberapa masalah kulit lainnya. Encerkan 2 air dan 1 minyak zaitun untuk di oleskan pada kulit bayi yang menderita ruam popok.

Kehati-hatian

  1. Minyak zaitun mengandung asam lemak yang disebut dengan asam oleat. Senyawa ini bisa membuat kulit menjadi lentur dan meningkatkan kelembaban. Namun untuk bayi yang menderita masalah kulit seperti eksim, olive oil tidak dianjurkan.
  2. Gunakan kualitas tertinggi minyak zaitun yaitu Extra virgin Olive Oil. Karena seperti yang telah ditulis diatas, jenis ini lebih rendah asam oleat atau memiliki keasaman yang lebih rendah, serta memiliki aroma dan rasa yang lebih baik. Asam oleat yang tinggi justru bisa membahayakan bagi kulit bayi yang masih lembut dan tipis hingga sistem pencernaan mereka.
  3. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memberikan apapun kepada bayi Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *