5 Manfaat Donor Darah dilihat dari Segi Kesehatan

manfaat donor darah dari segi kesehatanMengapa Anda perlu untuk mendonorkan darah Anda?… rasanya ini tak bisa di bahas, karena hanya Anda sendiri yang tahu. Tapi yang jelas, dengan mendonorkan darah Anda, berarti Anda telah membantu menyelamatkan banyak orang. Darah adalah benda organik dari tubuh manusia yang tidak bisa dibuat manusia atau disintetis, dan menggalang donor darah adalah cara satu-satunya bagi PMI atau organisasi kesehatan lain dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan. Terlepas dari apa tujuan Anda mendonorkan darah Anda, ternyata ada banyak manfaat kesehatan bagi sipendonor.

Advertisement

Berikut 5 manfaat donor dari kalau dilihat dari sudut pandang kesehatan sipendonor

1. Mendapatkan chek-up kesehatan Gratis

Tentu saja, melakukan chek-up tidaklah gratis, dan berapapun jumlahnya tetap mengeluarkan biaya. Chekup kesehatan amatlah besar manfaatnya, karena sekecil apapun kemungkinan ada tanda-tanda kelainan kesehatan maka tim kesehatan akan memberitahukan kepada Anda. Anda hanya boleh menyumbangkan darah Anda hanya jika Anda memang benar-benar sehat sesuai persyaratan umum tertentu. Jadi sebelum proses donor darah dilakukan, serangkaian pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada donor dan ini benar-benar bebas biaya. Ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Anda bisa mencegah masalah medis menjadi lebih parah dan semakin membahayakan kesehatan Anda.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Donor darah rutin membantu menjaga jumlah normal kadar zat besi dalam tubuh Anda, terutama pada laki-laki; dan hal ini telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun zat besi merupakan elemen penting untuk berfungsinya tubuh, zat besi yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan oksidatif yang berlebihan. Kerusakan oksidatif ini adalah penyebab utama penuaan dini, serangan jantung, stroke dll.

3. Membakar Kalori

Sekali mendonorkan darah bisa membantu Anda mengeluarkan 650 Kcal. Hal ini dapat membantu Anda dalam rangka mengendalikan berat badan. Darah Anda dapat didonorkan dengan aman sekali dalam dua atau tiga bulan, namun tergantung pada status kesehatan Anda dan tingkat hemoglobin dan zat besi dalam darah  Anda.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Tingginya kadar besi seringkali menyebabkan kanker. Jadi ecara teoritis, melakukan donor darah rutin dapat mengurangi risiko kanker. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk menemukan bukti yang satu ini. Sementara mitos lama yang mengatakan donor darah dapat menyebabkan kanker sudah tidak berlaku lagi.

Baca juga:  Manfaat Asam untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Memperoleh sel darah yang baru

Setelah mendonorkan darah, maka tubuh Anda akan bekerja untuk mengisi kembali kehilangan darah yang terjadi. Hal ini akan merangsang produksi sel-sel darah baru, yang pada akhirnya akan membantu menjaga kesehatan yang baik.

Mendonorkan darah adalah prosedur yang sangat aman dan tidak membahayakan Anda. Sebelum diambil darah Anda, akan ada tim medis yang menilai kelayakan Anda sebelum bisa ikut berpartisipasi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *