Manfaat Daun Sirih untuk Organ Kewanitaan

Manfaat daun sirih untuk kewanitaanSudah sejak jaman nenek moyang kita dahulu, daun sirih sudah menjadi sahabat sejati khususnya para Wanita. Hal ini karena Daun sirih diakui sebagai bahan alami yang digunakan untuk merawat organ kewanitaan secara aman dan efektif. Bahan aktif yang terkandung dalam daun sirih telah terbukti sangat ampuh untuk mematikan bakteri  karena mengandung fenol. Itulah sebabnya bahwa daun sirih juga sering digunakan untuk antiseptik pada luka dan mematikan jamur Candida albicans pada tubuh manusia. Daun sirih juga mengandung tannin yang dapat mengurangi debit keputihan yang berlebihan.
Daun sirih hijau memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali, karena tanaman ini sangat sering ditemui ditanam dipekarangan atau halaman orang. Namun bagi Anda yang belum pernah melihat daun sirih, Anda dapat mengenalinya dengan mudah dengan karakteristik sebagai berikut:

Advertisement
  1. Daun sirih memiliki panjang sekitar 5-8 cm, lebar sekitar 25-56 cm berbentuk hati dan memiliki ujung yang runcing. Tanaman tumbuh merambat dan tumbuh dengan  daun yang bergantian. Jika daun sirih dilumatkan maka akan mengeluarkan aroma yang khas dari kandungan minyak esensialnya.
  2. Batang tanaman berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat dan bersegmen-segmen yang tumbuh daun dan akar.
  3. Daun sirih berbunga, bentuknya memanjang antara 5-10cm yang kemudian akan memunculkan buah berbentuk bulat dan berwarna hijau  keabu-abuan.
  4. Akar dari tanaman sirih adalah berjenis akar tunggang, berbentuk bulat dan coklat kekuningan.

Ada juga jenis sirih merah, bentuknya sama hanaya saja warna batang dan daunnya berwarna merah. Keduanya memiliki manfaat yang sama, hanya jenis sirih merah memiliki kandungan senyawa yang lebih kuat.

Inilah beberapa Manfaat penting daun Sirih untuk mengatasi masalah Kewanitaan

Daun Sirih baik yang berdaun hijau atau merah memiliki kandungan yang samadan bermnafaat untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat daun sirih untuk wanita dan cara menggunakannya:

Mengobati Keputihan abnormal

Keputiha sesuatu yang  terjadi secara alami pada semua kaum perempuan. Wanita umumnya akan mengalami keputihan sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan ada dua macam,yaitu keputihan patologis dan keputihan fisiologis. Keputihan patologis biasanya mengeluarkan cairan yang abnormal dan bau yang menyengat dan dapat diobati dengan menggunakan daun sirih. Sifat Anti-septik dan anti-jamur dalam daun sirih berguna untuk mengatasi bakteri dan jamur yang hadir dalam organ kewanitaan. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 5 lembar daun sirih, cuci bersih dan Air sebanyak 250 ml.
  2. Rebus daun sirih dan biarkan air mendidih selama 10 menit, setelah itu dinginkan.
  3. Ketika masih hangat kuku gunakan untuk membersihkan organ intim Anda.

Menghilangkan Gatal-gatal Pada Organ kewanitaan

Daun sirih bermanfaat menghilangkan dan mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita karena sifat anseptik dan antijamur yang dimilikinya. Gatal-gatal yang sangat menggangu pada perempuan ini dapat disebabkan oleh bakteri, kelembaban, jamur karena tersentuh oleh jari atau apapun yang kotor. Jangan digaruk, karena menggaruk justru akan memperparah kondisi serta akan mengurangi estetika Banyak wanita yang menggaruk vagina untuk meringankan gatal. Cara menggunakan daun sirih sama dengan yang diatas.

Mengontrol debit keputihan fisiologis/normal

Ada wanita yang mensekresi lendir secara berlebihan. Lendir yang berlebih ini dapat memicu jamur, kelembaban,  dan tentu menyebabkan ketidaknyamanan. Mengendalikan lendir yang berlebih ini juga dapat menggunakan daun sirih. Zat tanin yang terdapat dalam daun sirih berguna untuk mengendalikan keputihan yang berlebihan ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil tiga lembar daun sirih, lalu cuci sampai bersih dan Air sebanyak 100 ml.
  2. Rebus daun sirih hingga mendidih selama 10 menit. Setelah dingin bisa di gunakan untuk cebok 1 kali sehari.
Baca juga:  Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengharumkan Organ  kewanitaan

Organ intim wanita memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga memumculkan bau yang tak sedap. Memiliki kewanitaan yang harum adalah impian setiap wanita, dan daun sirih dapat dimanfaatkan untuk itu. Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih yang akan membuat aroma tak sedap menghilang. Cara membuat ramuanya adalah sbb :

  1. Ambil lima daun sirih yang sudah dicuci bersih dan rebus dengan 200 ml air bersih sampai tinggal separoh.
  2. Berikan sedikit garam dan minum dua kali dalam sehari.

Mengencangkan otot kewanitaan

Bagi wanita yang telah melahirkan atau pendek kata yang sudah bersuami, kekenyalan otot organ intimnya akan cenderung berkurang.  Untuk mengembalikan kekencangan otot seperti masa muda dulu, wanita bisa menggunakan obat alami dari daun sirih. Hal ini juga bermanfaat untuk mengembalikan kondisi organ intim yang becek supaya menjadi kesat dan menjadi disayang suami. Caranya sbb :

  1. Ambil 10 lembar daun sirih dan cuci bersih.
  2. Rebus menggunakan 150 ml air hingga tinggal setengahnya.
  3. Minum ketika masih hangat.
  4. Cukup diminum sekali dalam sehari.

Membersihkan organ intim

Didalam v*gina terdapat berbagai macam jenis bakteri baik maupun bakteri jahat. Sayangnya, dalam kondisi tertentu, jumlah bakteri jahat lebih dominan daripada bakteri baik. Itulah sebabnya perhatian dari sang pemilik sangat diperlukan untuk mengendalikan ini. Jika Anda memakai sabun pembersih, maka akan mematikan semua bakteri termasuk yang jenis bakteri baik. Namun daun sirih akan mempertahankan bakteri baik dan memberantas bakteri jahat jika digunakan untuk mencuci organ intim.  Cara menggunakan sbb :

  1. Ambil 10 lembar daun sirih, cuci bersih.
  2. Rebus menggunakan 200 ml air sampai tinggal setengah.
  3. Gunakan air untuk mencuci kewanitaan setiap pagi dan sore.

Menghilangkan Bau Badan

Banyak wanita memiliki masalah dengan bau badan. Jika itu terjadi pada Anda, pengobatan luar saja tidak cukup. Dauin sirih bisa digunakan untuk mengatasi bau badan tak sedap dari dalam. Caranya rebus 3 lembar daun sirih dengan 100 ml air, lalu minum air rebusan saat pagi dan sore hari. Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih dipercaya bisa menghilangkan bau badan yang tak sedap bahkan banget.

Memperlancar Haid

Bagi wanita yang memiliki haid tidak teratur, Anda dapat menggunakan daun sirih untuk periode peluncuran Anda. Zat tanin dalam daun sirih berguna untuk memulai siklus menstruasi wanita.

Mengatasi Kram menstruasi

Kram bulanan dapat dikurangi dengan daun sirih. Caranya adalah dengan minum air rebusan daun sirih  pagi dan sore secara teratur. Selain meredakan kram, hal ini juga bisa membuat menstruasi lancar.

Menghilangkan bau amis darah kotor

Wanita yang suka minum ramuan herbal yang terdiri dari kunyit dan daun sirih bisa menghilangkan bau amis. Wanita yang tidak pernah minum ramuan herbal saat menstruasi mengeluarkan darah lebih amis daripada wanita yang minum secara teratur ramuan herbal.

Mengatasi Iritasi

Daun sirih juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi vagina. Kandungan anti septiknya dan antioksidan yang bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi.

Jika wanita melakukan perawatan rutin menggunakan daun sirih, baik itu dengan diminum atau untuk cebok juga dapat meningkat gairah ditempat tidur. Hal ini karena kepercayaan diri wanita akan meningkat setelah organ kewanitaannya enjadi kesat, bersih dan harum.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *