Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Manfaat serai untuk kesehatanSerai adalah tanaman sejenis rumput dengan daun yang tipis dan memanjang, yang asli berasal dari beberapa negara di Asia. Serai atau sereh umumnya banyak digunakan dalam berbagai masakan Asia sebagai penyedap karena memiliki rasa yang kuat. Tanaman bumbu ini adalah termasuk sumber yang baik vitamin A dan C, asam folat, magnesium, seng, tembaga, zat besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Sejalan dengan penggunaan kuliner, serai juga bermanfaat sebagai pelengkap bahan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Advertisement

Sifat obat serai termasuk analgesik, anti inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, astringent, karminatif, diuretik, obat penurun panas, obat penenang, dan sifat antikanker. Hal ini semua bagian tanaman serai termasuk daun, batang dan umbi digunakan dalam berbagai pengobatan.
Selain banyak dijual dipasar tradisional dalam bentuk segar dan kering, serai juga bisa diperoleh dalam bentuk minyak atsiri dan suplemen.

Teh serai adalah bentuk yang paling sering digunakan untuk berbagai solusi tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Anda bisa menyeduh teh serai dengan cara mencampurkan satu sendok teh serai segar atau kering kedalam  cangkir yang berisi air panas selama 10 menit. Saring, lalu tambahkan bahan pemanis sesuai selera, dan teh serai siap diminum.

Berikut 10 manfaat luarbiasa serai untuk kesehatan dan Kulit

Membantu menjaga kesehatan Pencernaan

Pencernaan adalah kunci kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serai memiliki manfaat dengan mempromosikan pencernaan yang sehat. Hal ini karena senyawa antiseptik dalam serai efektif mematikan bakteri patogen dan parasit dalam saluran pencernaan.

Dengan demikian akhirnya akan membantu mengobati masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit, mulas, diare, perut kembung, kram perut, dan mual muntah. Sifat antimikroba serai plus membantu meringankan gastroenteritis.

Untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, minum teh serai secara teratur. Namun hal ini tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil.

Mengendalikan kadar Kolesterol

Sifat anti-kolesterol dan anti aterosklerosis dari serai dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol oleh usus. Serta membantu oksidasi kolesterol LDL dalam darah, yang pada akhirnya membantu mencegah penumpukan plak penyebab aterosklerosis.

Sebuah studi dari University of Wisconsin pada tahun 1989 menemukan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang mengambil kapsul 140 miligram minyak sereh setiap hari  terlihat mengalami penurunan kadar kolesterol – juga mengalami penurunan lemak darah secara signifikan.

Kandungan kalium yang tinggi dalam serai juga membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah.

Cukup minum secangkir teh serai dalam sehari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah. Anda juga bisa mendapatkan serai dalam bentuk suplemen, namun setelah berkonsultasi dengan dokter .

Membersihkan dan mendetoksifikasi hati

Teh serai yang diminum secara teratur dapat membantu membersihkan dan mendetoks hati. Sifat diuretik dari serai membantu mengeluarkan racun, asam urat dan kolesterol jahat dari dalam tubuh dengan cara meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil. Buang air kecil juga bermanfaat membantu membersihkan ginjal.

Sifat pembersihan teh herbal serai ini juga membantu membersihkan hati, ginjal, kandung kemih dan pankreas. Hal ini juga berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah, dimana yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga membantu tubuh Anda mengatasi kondisi seperti batuk, demam dan gejala flu lainnya. Hal ini juga sarat dengan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai infeksi.
Anda juga bisa menggunakan minyak sereh untuk menghilangkan rasa sakit pada otot dan sendi, serta sakit kepala akibat pilek atau flu.

Serai juga bisa efektif untuk menghilangkan penumpukan lendir dan dahak, sehingga dapat meringankan masalah pernapasan  terutama bila menderita bronkitis atau asma.

Ramuan obat tradisional dengan sereh untuk flu biasa.

  1. Rebus beberapa helai daun serai segar, tambahkan dua atau tiga siung bawang putih, sepotong kecil kayu manis, satu sdt kunyit bubuk kedalam satu cangkir susu.
  2. Saring dan minum ketika dingin dan mengendap.
  3. Minum sekali sehari untuk beberapa hari.
Baca juga:  Manfaat Garam Inggris untuk tanaman Hingga Kesehatan

Membantu melawan kanker

Universitas Ben Gurion di Israel telah menunjukkan bahwa teh serai bisa membantu melawan kanker. Sebuah komponen yang disebut citral yang ditemukan dalam serai menyebabkan apoptosis pada sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Bahkan, untuk membantu proses penyembuhan, pasien kanker di Israel dianjurkan untuk sambil minum teh serai segar seiring dengan menjalani terapi radiasi atau kemoterapi perawatan.

Studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2009 dalam jurnal Fundamentals of Clinical Pharmacology menemukan bahwa citral di serai memperlambat pertumbuhan sel kanker pay*dara di laboratorium.

Selain itu beberapa sifat antioksidan yang terkandung dalam serai membantu menurunkan risiko kanker dengan cara memerangi radikal bebas.

Mengurangi Nyeri sendi atau Arthritis

Karena memiliki sifat anti inflamasi dan penghilang rasa sakit, maka serai bisa membantu mengobati radang sendi karena rematik, osteoarthritis, gout arthritis dan nyeri sendi lainnya. Hal ini karena sifat anti-inflamasi dari serai membantu menekan aktivitas siklooksigenase-2, yaitu enzim yang ikut andil pada peradangan yang menyebabkan rasa sakit terutama sendi.

Serai juga membantu untuk meringankan otot kejang atau terkilir dengan cara merelaksasi otot-otot, yang akhirnya akan mengurangi rasa nyeri .

  • Anda bisa mencampur minyak serai dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1: 2 , lalu digosokkan pada daerah yang sakit. Biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya. Lakukan cara ini setiap hari ini selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa sambil minum teh serai dua kali dalam sehari

Membantu meningkatkan produksi ASI

Tanaman herbal ini juga bermanfaat bagi ibu baru yang sedang dalam masa menyusui bayi nya. Hal ini karena sereh memiliki sifat galactogogue yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Sifat antimikroba dan antibakteri  juga membantu bayi tetap sehat dan bebas dari infeksi.

  • Ibu menyusui bisa minum 1 hingga 2 cangkir teh serai dalam sehari.

Catatan: Namun selama hamil sereh harus dihindari.

Menyingkirkan Depresi

Serai memiliki sifat antidepresan, sehingga membantu mengobati depresi. Hal ini juga akan mengaktifkan pelepasan serotonin, yaitu senyawa kimia dalam otak yang memerangi depresi. Plus serai mengurangi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kekuatan mental.

Serai juga terkenal dengan efeknya yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh, serta bisa membantu mendapatkan kualitas  tidur yang lebih baik.

Minumlah secangkir teh serai setiap kali Anda merasa stres atau sedang dalam suasana hati yang turun.

Mengurangi Bau Badan

Minyak sereh dalam bentuk yang diencerkan bisa efektif bekerja sebagai deodoran. Bahkan para ahli kecantikan menemukan bahwa minyak serai lebih efektif daripada kebanyakan deodoran sintetis yang banyak tersedia di pasar.

Senyawa kimia utama yang ditemukan dalam sereh adalah citral, yaitu zat yang aromatik. Sifat antimikroba dan antibakteri dalam sereh merupakan manfaat tambahan yang membantu mengontrol keringat berlebihan dan menghancurkan atau menghambat mikroorganisme yang menyebabkan bau badan tak sedap. Selain itu, serai tidak menyebabkan iritasi kulit atau memperburuk pada alergi kulit.

Menjaga Kulit tetap Sehat

Serai juga bermanfaat membantu meringankan berbagai masalah kulit. Karena sifatnya yang antibakteri, antiseptik dan antijamur, maka serai bisa membantu membatasi pertumbuhan bakteri atau mikroba pada kulit. Hal ini pada akhirnya membantu menjaga kulit terbebas dari infeksi serta mengurangi masalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Ditambah serai memiliki zat yang membantu memperkecil pori-pori, membatasi sekresi minyak dan membuat kulit sehat.

  • Encerkan minyak sereh dengan air atau bahan dasar lain seperti minyak zaitun, sebelum digunakan.
  • Campurkan satu-setengah cangkir irisan sereh segar ke dalam secangkir minyak zaitun dan panaskan selama lima menit.
  • Sisihkan dari panas dan biarkan dingin sebelum digunakan pada kulit.

Untuk menikmati manfaat kesehatan dari sereh, minum 1 hingga 2 cangkir teh serai dalam sehari. Namun jangan mengkonsumsi serai jika sedang hamil atau minum obat-obatan medis.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *