Top 10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

manfaat daun seledri untuk kesehatanCelery adalah sebutan lain dari tanaman Seledri yang memiliki nama ilmiah Apium graveolens, yang merupakan jenis sayuran dalam keluarga tanaman yang disebut Apiaceae. Seledri memiliki manfaat yang didasari sebagai sumber antioksidan, enzim bermanfaat, plus vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C, kalium, folat dan vitamin B6.

Advertisement

Seledri telah lama diakui sebagai agen anti-hipertensi dalam obat-obatantradisional, dan hingga kini seledri terbukti memiliki banyak manfaat untuk sistem kardiovaskular. Dalam sebuah studi farmakologi terakhir, ditemukan dua jenis zat antioksidan dalam seledri yang bersifat anti-inflamasi yang membantu meningkatkan tekanan darah, menurunkan  kolesterol, serta mencegah penyakit jantung.

Seledri juga mengandung serat pangan, yang berguna untuk meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Kandungan flavonoid dan polifenol merupakan manfaat penting lain untuk meningkatkan kesehatan hati, kulit, mata dan kesehatan kognitif.

Inilah 10 Manfaat Seledri bagi Kesehatan tubuh kita

1. Membantu menurunkan tingkat Kolesterol dalam darah

Manfaat seledri bagi tubuh salah satunya adalah termasuk menurunkan kolesterol, sehingga berguna untuk meningkatkan atau mempertahankan kesehatan jantung. Seledri mengandung senyawa unik yang disebut dengan 3-n-butylphthalide yang telah dilaporkan memiliki manfaat menurunkan lipid, namun para peneliti masih meyakini bahwa daun seledri memiliki banyak senyawa bermanfaat lainnya yang masih belum ditemukan dalam penelitian.

2. Mengurangi tingkat peradangan

Seledri mengandung senyawa antioksidan dan polisakarida yang dikenal ubekerja sebagai anti-inflamasi, terutama antioksidan jenis flavonoid dan polifenol. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Peradangan seringkali merupakan penyebab yang berkontribusi terhadap penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, arthritis dan masih banyak lagi.

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan yang bermanfaat dari seledri, termasuk asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulat, dan ditambah flavaol seperti quecetin. Hal ini membuat seledri bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi yang diperparah oleh peradangan seperti arthritis, asam urat, ginjal, hati, gangguan kulit, iritasi usus dan infeksi saluran kemih.

3. Membantu Mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

Ekstrak biji seledri memiliki sifat anti-hipertensi, yang artinya membantu mengurangi tekanan darah tinggi, salah satu faktor risiko untuk penyakit jantung koroner.

Manfaat biji seledri lain termasuk memiliki potensi untuk membantu mengontrol kadar tekanan darah tinggi kronis. Manfaat penurun tekanan darah ini berasal dari zat yang meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan peradangan dan membantu mengendalikan tekanan darah.

4. Membantu Mencegah ulkus atau tukak lambung

Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Biology menemukan bahwa seledri mengandung ekstrak etanol khusus yang beranfaat melindungi lapisan saluran pencernaan dari ulkus atau bisul. Ekstrak seledri ini memiliki kemampuan secara signifikan mengisi tingkat habis lendir lambung yang berfungsi melapisi dinding perut untuk mencegah pembentukan lubang kecil.

Baca juga:  Manfaat Kalium Bagi Tubuh dan Kesehatan

Para peneliti percaya bahwa seledri bermanfaat memelihara lambung, usus besar dan usus kecil karena mengandung zat seperti flavonoid, tanin, minyak atsiri dan alkaloid yang mengontrol tingkat rilis asam lambung serta juga meningkatkan tingkat lendir pelindung.

5. Melindungi  Kesehatan Liver

Ketika peneliti dari Departemen Gizi dan Ilmu Pangan di Helwan University di Mesir memberikan  makan tikus dengan seledri, sawi putih dan barley, hewan ini mengalami penurunan jumlah penumpukan lemak berbahaya didalam hati. Semakin tikus diberikan seledri, sawi putih dan barley, kesehatan hati tikus semakin membaik. Hal ini menunjukkan bahwa diet tinggi seledri, sawi putih dan barley dapat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit hati.

6. Membantu menurunkan berat badan

Seledri sangat rendah kalori dan bisa menjadi makanan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan yang plus nutrisi penting yang  membantu mengatur metabolisme lipid (lemak). Salah satu manfaat utama seledri adalah tingginya kandungan nutrisi, termasuk antioksidan, elektrolit, vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B dan kalium.

7. Meningkatkan kesehatan Pencernaan dan mencegah Kembung

Biji seledri mengandung senyawa berminyak yang dikenal dengan NBP yang memiliki efek diuretik dan membantu detoksifikasi tubuh. Dalam penelitian yang menggunakan tikus, volume urine tikus secara lebih besar secara signifikan ketika  hewan ini diberi ekstrak seledri dibandingkan dengan kelompok netral.

Hal ini juga berguna untuk meningkatkan pencernaan dengan cara membantu mengurangi kembung akibat retensi air.

8. Memiliki zat yang berpotensi Anti Mikroba dan anti Infeksi

Biji seledri telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal untuk efek antibakteri. Dalam sebuah laporan pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology menunjukkan bahwa seledri mengandung komponen anti-mikroba khusus yang ditemukan dalam biji tanaman.

Ketika ekstrak yang diambil dari biji seledri digabungkan dengan senyawa bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi pada manusia, ekstrak seledri secara signifikan mampu memurnikan dan mengurangi pertumbuhan bakteri – jadi seledri secara alami dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi oleh bakteri.

9.  Mencegah Infeksi Saluran Kemih atau ISK

Karena seledri bisa membantu mengurangi tingkat asam urat dan membantu merangsang produksi urin, maka itu bisa bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri dalam saluran pencernaan dan organ reproduksi. Seledri dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dan gangguan kandung kemih, serta masalah ginjal dan bahkan juga mungkin kista pada organ reproduksi.

10. Membantu Mencegah Kanker

Sayuran seperti wortel, seledri, adas, peterseli dan lobak semuanya mengandung senyawa pelindung yang disebut dengan polyacetylenes. Studi awal telah menunjukkan bahwa polyacetylenes membantu mengurangi toksisitas dan melawan pembentukan kanker khususnya kanker pay*dara, kanker usus dan kanker darah atau leukemia.

Polyacetlynes memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk kemampuan tubuh menghentikan sel-sel bermutasi menjadi tumor.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *