Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat seledri untuk kesehatan dan kecantikanSeledri merupakan salah satu rempah populer akan rasa dan aromatik yang kuat sehingga banyak disertakan untuk berbagai jenis masakan. Botanikal tanaman seledri dari keluarga tanaman Apiaceae, dan dikenal dengan nama ilmiah Apium graveolens. Tanaman ini berukuran kecil, hanya dapat tumbuh hingga sekitar setengah meter, dan membutuhkan tanah yang subur dan kelembaban tinggi. Daun berwarna hijau tua, batang agak berongga yang tumbuh tegak dari mahkota tanaman dan berpenampilan mirip dengan daun peterseli.

Advertisement

Batang seledri memiliki tekstur renyah, dan sering dikonsumsi sebagai camilan rendah kalori. Tanaman ini tidak hanya rendah kalori, namun juga banyak dianggap bermanfaat bagi saluran pencernaan dan sistem kardiovaskular. Selain itu, biji seledri juga sering digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Kandungan dalam Daun seledri

Seledri adalah sumber yang sangat kaya akan antioksidan kuat seperti zea-xanthin, lutein, dan beta-karoten, plus mengandung fitonutrien termauk asam fenolik, flavonol, dihidrostilbenoid, furanokumarin, dan pitosterol.

Tanaman ini juga sangat kaya akan vitamin K dan , asam folat, vitamin A, kalium, dan vitamin C. Meskipun sebagian besar kandungan seledri terdiri dari air, tapi ia juga menyediakan serat pangan dalam jumlah yang tinggi.

Seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, dan studi terbaru menunjukkan bahwa seledri juga mungkin efektif mencegah kanker.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan :

Menurunkan tekanan darah

Minum jus seledri setiap hari selama seminggu dapat secara signifikan membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena adanya senyawa phtalides dalam seledri yang membantu mengendurkan otot di daerah sekitar arteri, dilatasi pembuluh darah, dan memungkinkan darah mengalir normal. Agar efektif, minum jus selama satu minggu, menghentikan lagi selama tiga minggu, dan memulai lagi dari awal.

Ekstrak biji seledri juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini kemungkinan karena disebabkan adanya tindakan hidrofobik aktif yang dapat dianggap sebagai agen anti hipertensi.

Baca juga : Manfaat Bawang putih lanang untuk darah tinggi

Mencegah kanker

Seledri mengandung senyawa jenis flavanoid yang disebut dengan luteolin. Para peneliti percaya bahwa flavonoid tertentu bisa memiliki sifat anti kanker.

Selain itu, seledri juga diketahui mengandung setidaknya delapan senyawa anti kanker, termasuk acetylenic yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolik bisa menghambat aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel-sel tumor. Sementara itu kumarin membantu mencegah radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel, serta mencegah pembentukan dan pengembangan kanker usus dan kanker lambung.

Baca juga : Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Kanker

Menyeimbangan asam basa

Mineral penting dalam jus seledri secara efektif dapat menyeimbangkan pH darah, dan menetralkan keasaman.

Menurunkan Kolesterol

Jus seledri telah terbukti efektif dan secara signifikan menurunkan total kolesterol lebih rendah termasuk LDL.

Mengatasi dan mencegah Sembelit

Seledri memiliki sifat pencahar, sehingga bisa membantu meringankan sembelit. Hal ini juga membantu relaksasi saraf setelah bekerja terlalu keras karena obat pencahar buatan.

Menenangkan Peradangan

Senyawa poliacetilen dari minyak atsiri seledri bisa meredakan semua jenis peradangan seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, gout arthritis, asma dan bronkitis.

Fungsi ginjal

Seledri mempromosikan fungsi ginjal yang sehat dan normal dengan cara membantu membersihkanya dari racun. Sementara itu seledri juga mencegah pembentukan batu ginjal.

Sistem saraf

Mineral alkali organik dalam jus seledri memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, sehingga cukup baik untuk membantu mengobati insomnia.

Minyak atsiri dari ekstraksi tanaman seledri sudah digunakan sebagai obat untuk meredakan kondisi gugup.

Baca juga:  Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Diuretik

Biji dan akar seledri memiliki sifat diuretik (yaitu membuang kelebihan air dari dalam tubuh melalui urin), meningkatkan sekeresi ASI, stimulan, dan memiliki sifat tonik.

Mengoptimalkan metabolisme

Asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin-C yang cukup banyak dalam seledri penting untuk metabolisme tubuh yang optimal.

Manfaat dari vitamin K

Seledri segar merupakan sumber vitamin K yang sangat baik, menyediakan sekitar 25% dari kebutuhan harian. Vitamin K bermanfaat membantu meningkatkan massa tulang, serta bermanfaat untuk pasien penyakit Alzheimer untuk membatasi kerusakan saraf di otak.

Mengatur detak jantung yang tepat

Tanaan ini juga merupakan sumber banyak mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium, mangan, dan magnesium. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Seledri untuk Kulit dan Kecantikan :

Karena sumber vitamin A, C dan E, maka seledri dapat berperan banyak untuk perawatan kulit, termasuk sbb :

Manfaat Anti-penuaan kulit

  • Vitamin A, C dan E adalah nutrisi yang bekerja sebagai antioksidan kuat dengan cara memulihkan dan melindungi kulit dari  kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin A bertindak menunda tanda-tanda penuaan,  sedangkan vitamin E membuat kulit lembab alami dan terhidrasi dari dalam.
  • Seledri juga merupakan sumber mineral yang baik untuk kulit  seperti magnesium, kalsium, fosfor, selenium dan kalium yang bertindak menjaga kulit awet muda dan bersinar.
  • Omega 6 dalam seledri juga membantu menjaga elastisitas dan luminositas kulit.

Pengobatan Jerawat dan komedo

Penggunaan seledri secara topikal membantu  memberikan nutrisi penting langsung ke lapisan kulit, sehingga menghidrasi kulit dari dalam.
Jika Anda menderita jerawat dan komedo, Anda bisa mencampur jus seledri dengan beberapa tetes tea tree dan minyak esensial peppermint,  kemudian oleskan dengan bantuan kapas  ke seluruh wajah dan leher, dan biarkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat. Hal ini tidak hanya akan mengobati jerawat, tetapi juga akan menghilangkan kotoran dari permukaan kulit.

Kulit Berminyak

Seledri bisa membantu  mengurangi minyak di wajah Anda. Dan jika Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda bisa mengambil tiga batang seledri yang mencucinya sampai bersih.
Iris menjadi potongan-potongan kecil, tuangkan air mendidih, lalu tutup rapat dan biarkan hingga dingin. Ramuan seledri ini harus secara teratur dioleskan ke wajah pada waktu tidur dan dibilas saat kering untuk memperoleh hasil terbaik.

Menghilangkan sel kulit mati

Jus seledri mencegah masalah kulit dengan cara menghilangkan racun-racun dan kotoran yang menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Plus membantu  memulihkan keseimbangan pH kulit dan menghilangkan sel-sel mati.

Untuk tujuan ini Anda bisa membuat paket wajah dengan cara menambahkan bubuk oatmeal dan bubuk kulit jeruk ke jus seledri. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan leher dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan cara memijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut  lalu cuci dengan air hangat. Menggunakan cara ini secara teratur bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Kehati-hatian

  1. Seledri liar bisa menyebabkan reaksi anafilaksis yang serius pada beberapa individu yang sensitif.
  2. Tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil
  3. Tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menggunakan obat-obatan diuretik dan obat anti- koagulan(obat yang menghambat pembekuan darah)
  4. Tangkai seledri mengandung serat larut dan serat tidak larut dalam jumlah sangat tinggi. Dengan demikian jika mengkonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan perut nyeri,  gangguan pencernaan, perut kembung, dan seringkali memberatkan kondisi sembelit yang sudah ada.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *