Manfaat Daun Pandan untuk Rambut, kulit dan kesehatan

Manfaat daun pandan untuk rambut dan kulitDaun pandan (Pandanus amaryllifolius) merupakan tanaman yang tumbuh subur didaerah tropis, dan telah banyak digunakan di Asia Tenggara sebagai bahan aromatik dan pewarna alami pada masakan. Pandan juga disebut dengan nama screwpain karena helai daun tumbuh melingkar mengelilingi batang membentuk spiral atau mirip dengan ulir. Daun pandan adalah aromatik, dan ciri utamanya adalah mengeluarkan bau yang harum ketika diremas. Penggunaan daun pandan biasanya untuk memberikan aroma harum pada kolak dan memberikan warna hijau untuk berbagai jenis kue basah.

Advertisement

Namun manfaat daun pandan sebenarnya lebih dari sekedar pengharum atau pewarna alami, karena mengandung senyawa penting seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Menurut banyak artikel penelitian, kandungan senyawa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk perawatan rambut dan kulit.

Berikut beberapa manfaat kesehatan daun Pandan untuk kesehatan, asam urat, dan rambut

Manfaat Daun Pandan untuk kesehatan

  • Daun pandan rendah purin, sehingga bisa bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu daun pandan juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat meredakan pembengkakan termasuk akibat gout asam urat atau rematik.
  • Daun pandan efektif untuk mengobati otot kaku karena kelelahan.
  • Dapat memulihkan kondisi saraf yang mulai melemah.
  • Mengatasi masalah kecemasan atau rasa was-was yang berlebihan.
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan nafsu makan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Manfaat daun pandan untuk rambut

  • Daun pandan mampu mengatasi masalah rambut rontok karena nutrisi yang ditemukan dalam daun pandan bisa meresap sampai ke akar rambut.
  • Nutrisi dalam daun pandan juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  • Daun pandan mampu meregenerasi sel kulit kepala, sehingga bisa mencegah masalah ketombe.

Penggunaan daun pandan

Mengatasi Saraf Lemah

Ambil 3  lembar daun pandan, cuci bersi, dan diiris-iris tipis lalu direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa sekitar dua gelas. Setelah didinginkan minum air rebusan di pagi dan sore hari.

Mengatasi Ketombe

Ambil 3-5 lembar daun pandan, bersihkan, iris-iris kecil, kemudian ditumbuk sampai halus. Jika sudah lembut, cara penggunaannya dengan digosok-gosokkan ke kulit kepala secara teratur.

Baca juga:  Manfaat tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

Menghitamkan rambut

Ambil 7 helai daun pandan, bersihkan, rajang, lalu direbus dengan segelas air sampai mendidih dan berwarna kehijauan. Setelah dingin, biarkan air menguap selama semalaman dan keesokan harinya campurkan dengan 3 jus buah noni yang matang. Gunakan ramuan pandan dan noni ini untuk mencuci rambut sebanyak tiga kali seminggu secara teratur.

Meredakan gejala rematik dan otot kaku

Ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih,  dan iris-iris tipis. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa cincang, aduk hingga merata, kemudian pergunakan sebagai obat gosok setelah dingin.

Gout athritis atau radang sendi akibat Asam urat

  1. Ambil 4 lembar daun pandan, bersihkan, potong pendek-pendek, lalu di tumbuk atau hancurkan.
  2. Panaskan 1 liter air dalam panci sampai mendidih, lalu masukan daun pandan. Rebus selama 15 menit.
  3. Matikan kompor, dan biarkan dengan panci dalam keadaan tertututp semalaman.
  4. Keesokan paginya, mulai minum air rebusan sampai habis(3 kali sehari).
  5. Ulangi keseokan harinya sesering yang Anda inginkan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi ringan

Rebus daun pandan dengan dua gelas air sampai tersisa sekitar segelas air. Minum ramuan ini pagi dan sore hari secara teratur sampai tekanan darah normal.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *