Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

manfaat daun kemangi untuk kesehatanDaun kemangi umum dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Dengan warna hijau rasa yang beraroma khas, kemangi segar menambah selera untuk berbagai masakan lezat. Hal ini juga hampir tanpa kalori, hanya seperempat cangkir kemangi hanya mengandung dua kalori – dan rendah sodium. Masakan yang menggunakan kemangi segar akan terbebas dari bau amis terutama ikan dan menetralkan rasa lemak dan asin. Daun kemangi juga mengandung beberapa vitamin penting, sehingga termasuk sebagai bahan memasak yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Baca juga : Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Kulit

Advertisement

Berikut Manfaat makan kemangi bagi kesehatan tubuh kita

Mengandung Vitamin A

Daun kemangi segar merupakan sumber vitamin A yang tinggi. Seperempat cangkir cincang kemangi menyediakan vitamin A sekitar 559 IU, hal ini memberikan sekitar 24 persen kebuthan harian untuk wanita dan 19 persen untuk pria menurut Institute of Medicine. Vitamin A berperan utama dalam tubuh untuk mendukung diferensiasi selular, atau pematangan sel. Hal ini juga mengatur aktivitas gen, menghidupkan gen sel-sel baru yang berkontribusi untuk fungsi jaringan. Mengkonsumsi daun kemangi segar juga bermanfaat bagi penglihatan Anda, karena vitamin A terkait dengan kemampuan untuk melihat di malam hari.

Mengandung Vitamin K

Tak banyak makanan yang mengandung vitamin K, yaitu vitamin yang berguna bagi tubuh untuk mengaktifkan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan yang sehat – termasuk tulang rawan, jaringan perut dan jaringan paru-paru. Mengkonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan asupan vitamin K untuk tubuh kita. Vitamin K  juga memiliki peran utama untuk membantu pembekuan darah untuk mencegah memar, perdarahan, dan kehilangan banyak darah. Setiap porsi kemangi segar menawarkan sekitar 44 mikrogram vitamin K – ini kira-kira mencapai sepertiga dari asupan harian untuk pria dan satu setengah untuk asupan harian bagi kaum wanita.

Mengandung Lutein dan Zeaxanthin

Menggunakan kemangi segar dalam masakan Anda juga akan meningkatkan asupan lutein dan zeaxanthin, yaitu dua nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mata kita juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Mata kita tergantung kepada nutrisi ini untuk menyaring cahaya, sehingga bisa mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet berbahaya. Diet harian yang sehat harus menyertakan setidaknya 6 miligram lutein dan zeaxanthin, seperti yang disarankan oleh American Optometric Association. Dengan tingkat asupan ini, maka akan mengurangi risiko mata dari degenerasi makula terkait usia. Seperempat cangkir kemangi segar mengandung 0,6 miligram, atau setara dengan10 persen dari kebutuhan kita perhari yang 6 miligram.

Baca juga:  Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Rasanya tidak sulit untuk mengkonsumsi daun kemangi. Anda bisa menyertakannya untuk salad sehat dan minyak zaitun, makan lalapan, dan untuk berbagai resep ikan lainnya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *