Manfaat Kesehatan dan Sumber-sumber Antioksidan

Manfaat antioksidanKulit keriput dan berbintik-bintik merupakan salah satu kondisi yang bisa disebabkan oleh radikal bebas yang menyerang sel kulit Anda. Dan untuk mencegah radikal bebas ini, nutrisi yang paling penting yang kita butuhkan adalah Antioksidan. Antioksidan adalah perlindungan ring pertama dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement

Apakah antioksidan?

Antioksidan adalah molekul yang mencegah proses oksidasi oleh molekul lain. Kita semua tahu bahwa oksigen sangatlah penting bagi makhluk hidup, tetapi ada efek negatifnya juga. Hal ini karena oksigen reaktivitas tinggi dapat menjadi bagian dari molekul yang berpotensi membahayakan yang dikenal dengan “radikal bebas” – dan dampak radikal bebas inilah yang dihambat oleh zat antioksidan.

Antioksidan bekerja dengan cara menghambat molekul oksigen kembali ke dalam molekul bebas yang bersifat merusak,  yang dikenal dengan radikal bebas. Antioksidan memperlambat laju reaksi kimia yang dikenal dengan oksidasi, yang juga bekerja mengurangi penimbunan plak dalam arteri. Antioksidan juga mencegah kanker dengan cara mengurangi reaksi kimia dari radikal bebas.

Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan

Menangkal stres oksidatif

Stres oksidatif adalah kondisi di mana ada peningkatan dalam metabolisme oksidatif. Ada banyak penyebab stres oksidatif, termasuk asupan alk*hol, stres, pola makan yang buruk, dll. Antioksidan bekerja membantu dalam menanggulangi stres oksidatif ini.

Mengurangi dampak radikal bebas pada kulit

Antioksidan membantu mengurangi jumlah radikal bebas yang merusak kulit kita, sehingga mencegah terjadinya tanda penuaan dini seperti kulit mengendur, keriput, dan bintik-bintik serta mencegah kanker kulit. Jenis antioksidan ini terdapat dalam makanan, termasuk  Vitamin C, Vitamin E, dan Beta karoten.

Membantu mencegah Asma

Secara klinis telah diketahui bahwa radikal bebas dapat menyebabkan Gangguan pada paru-paru seperti penyakit asma. Hal ini karena diketahui radikal bebas juga menyebabkan kerusakan pada tingkat sel.

Radikal bebas juga dianggap ikut berperan untuk gejala bronkial yang merupakan sifat dari penyakit asma. Meningkatkan asupan antioksidan mungkin mengurangi stres oksidatif yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi terjadinya gejala asma.

Baca juga:  Manfaat makan Ikan Lele untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Antioksidan juga berperan dalam pencegahan kanker. Penyakit Kanker disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak terkendali. Antioksidan bekerja dengan mengurangi tingkat kerusakan oksidatif pada tingkat DNA, sehingga dengan demikian mengurangi setiap pembelahan sel yang abnormal.

Mencegah gangguan syaraf otak

Ada banyak macam gangguan syaraf otak yang terkait dengan radikal bebas, yang dapat dicegah dengan mengambil antioksidan.

Membantu mencegah Katarak

Katarak merupakan penyakit yang menyerang mata yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat  membuat lensa mata kehilangan transparansinya, sehingga menghalangi retina dan menyebabkan pandangan menjadi kabur bahkan kebutaan total.

Asupan yang cukup dari berbagai antioksidan seperti vitamin E, vitamin C , dan karotenoid dapat membantu dalam pencegahan perkembangan katarak .

Sumber antioksidan

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan memberikan Anda asupan antioksidan. Buah-buahan dan sayuran adalah sumber yang banyak mengandung zat antioksidan. Tidak ada dosis tertentu untuk antioksidan, Anda hanya cukup dengan mengambil buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan setiap hari. Anda perlu mengkombinasikan sayuran dan buah-buahan sesuai dengan nilai gizi dan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda merasa perlu anti oksidan seperti vitamin C, maka Anda dapat meningkatkan konsumsi buah jeruk, buah kiwi, pepaya, nanas, dsb.

Jika tubuh kekurangan antioksidan?

Masalah yang terjadi apabila Anda tidak cukup mendapatkan antioksidan yang memadai adalah pengembangan dari radikal bebas. Seperti yang telah dibahas di atas, radikal bebas dapat membahayakan tidak hanya kulit Anda, tetapi juga bagian tubuh penting lainnya juga. Kekurangan antioksidan juga dapat menyebabkan kanker, kerusakan otak, mata dan jantung.

Demikian pembahasan mengenai zat antioksidan, manfaat, serta sumber-sumber makanan yang ada. Tingkatkan asupan gizi yang sehat dengan menjalankan diet seimbang untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *