Manfaat dan Makanan Sumber Terbaik Vitamin A

sumber vitamin AVitamin A adalah salah satu dari jenis vitamin yang larut dalam lemak, yang diperlukan untuk kesehatan mata/penglihatan, kulit, tulang dan jaringan lain dalam tubuh kita. Vitamin A juga seringkali  bekerja sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan sel, dan masih  banyak kegunaan lainnya. Melihat perannya dalam pertumbuhan dan pembelahan sel, vitamin A berperan penting dalam pembentukan normal dan menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal dan organ vital lainnya.

Advertisement

Berikut tentang Vitamin A serta manfaat dan makanan sumber vitamin A terbaik

Makanan sumber vitamin A :

Ada dua jenis vitamin A, yaitu yang disebut retinol – adalah jenis yang ditemukan dari sumber makanan hewani termasuk makanan yang diperkaya, yaitu susu, telur, daging, keju, hati, ginjal, dan minyak ikan. Sementara bentuk yang kedua adalah disebut Pro-vitamin A, ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran. Jenis pro-vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten, yaitu karotenoid yang membuat warna gelap pada makanan nabati. Beta-karoten dapat ditemukan dalam makanan ini berwarna cerah; berikut makanan sumber terbaik : buah mangga, belewah, buah tomat, labu kuning, ubi jalar, buah jeruk, umbi bit, buah aprikot, wortel, paprika, dan sayuran berwarna hijau tua termasuk bayam dan brokoli.

Manfaat vitamin A bagi tubuh

Kesehatan Penglihatan : Dalam rangka menunjang kesehatan tubuh kita, vitamin A memiliki banyak peran yang berbeda. Retinol tidak hanya menciptakan pigmen pada retina mata, tetapi juga merupakan bagian integral untuk menciptakan penglihatan yang baik terutama penglihatan pada malam hari – dan kesehatan mata secara keseluruhan. Studi yang meneliti penyakit mata terkait usia oleh National Eye Institute menemukan bahwa mengasup makanan tinggi antioksidan, seperti vitamin A plus zat mineral seng, dapat mengurangihingga 25% risiko pengembangan lanjutan degenerasi makula terkait usia. Kondisi ini adalah penyebab yang paling umum dari kehilangan penglihatan pada orang yang lebih tua.

Menjaga kecantikan kulit: Vitamin A juga membantu pertumbuhan dan perbaikan kulit. Hal ini Ia bekerja membantu percepatan pertumbuhan sel-sel kulit, yang membuat kulit menjadi lebih segar, tampak lebih muda, dan kencang.

Baca juga:  Jenis Teh Terbaik yang paling tinggi manfaatnya bagi Kesehatan

Tulang dan gigi: Peran lain dari vitamin A termasuk pembentukan dan perawatan gigi, tulang, jaringan lunak, sel darah putih, sistem kekebalan tubuh, dan selaput lendir. Beta-karoten juga bekerja sebagai antioksidan, yaitu melindungi sel dari kerusakan akibat dampak radikal bebas. Banyak studi menemukan bahwa semua sumber alami seperti sayuran dan buah-buahan ditemukan dapat membantu mencegah kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh: Studi terbaru menemukan bahwa vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga orang lebih kebal terhadap serangan infeksi bakteri atau virus biasa seperti influenza atau pilek

Untuk tujuan ini, Anda cukup rajin mengonsumsi buah atau sayuran yang berwarna cerah seperrti mangga, jeruk, wortel, semangka, labu, dll untuk memperoleh vitamin A dalam bentuk beta-karoten.

Efek jika Kekurangan atau kelebihan vitamin A

Kekurangan vitamin A mungkin jarang terjadi dinegara maju, namun umum di banyak negara berkembang. Kekurangan vitamin A dalam kasus yang parah adalah penyebab utama kebutaan bahkan kematian. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) setengah dari anak-anak meninggal dalam waktu 12 bulan setelah kehilangan penglihatan. Gejala kekurangan yang parah adalah kebutaan malam, mata kering, diare dan masalah kulit.

Baca juga : Efek bagi tubuh jika Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A

Terlalu sedikit asupan vitamin A dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit(kekebalan tubuh menurun) dan masalah terkait penglihatan. Terlalu banyak (kelebihan vitamin A) dapat membuat banyak masalah juga.

Kelebihan Vitamin A adalah hal yang masuk akal karena vitamin ini bersifat larut lemak(kelebihan akan disimpan dalam tubuh), yang telah dikaitkan dengan beragam rangkaian gejala mulai dari masalah terkait kulit, rambut rontok,  masalah neurologis,  dan masalah pencernaan. Selain itu, dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada liver,  nyeri otot, kebingungan, berisiko tinggi osteoporosis dan patah tulang pinggul. Namun jika mendapatkan asupan vitamin A dari sumber alami mungkin kecil sekali terjadi kelebihan dosis, kecuali dalam bentuk suplemen yang dikonsumsi setiap hari.

Demikian artikel singkat tentang manfaat vitamin A serta makanan sumber terbaik. Semoga bermanfaat dan Anda sekalian senantiasa diberikan kesehatan yang optimal.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *