Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Buah Durian

Manfaat biji durianSelama ini kita hanya mengkonsumsi daging buahnya saja, jarang sekali orang yang berpikiran untuk mengkonsumsi biji buah ini padahal kandungan nutrisi di dalamnya tidak kalah banyak jika dianding dengan daging buahnya sendiri. Biji buah durian memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, rasanyapun hampir sama pulennya dengan biji buah nangka,, dan sangat cocok jika dikonsumsi dengan gula pasir atau garam; Anda bisa pilih saja mana yang sesuai selera Anda,  suka yang manis atau yang asin. Daripada dibuang ke dalam tempat sampah akan lebih baik dan bijaksana jika Anda mengolah biji  durian menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Baca juga : Kandungan nutrisi, energi,  dan kolesterol buah durian

Advertisement

Berikut ini manfaat dan kandungan nutrisi biji buah durian:

Kandungan biji buah durian

Di dalam satu biji buah durian terkandung nutrisi yang cukup beragam yang mana baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, sumber mineral, energi, lemak, protein, serat, vitamin B1, vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium serta fosfor. Karena beragam kandungan nutrisi yang ada, maka tidak ada alasan jika Anda tidak membuangnya ke tempat sampah; kecuali jika Anda memiliki alergi pada buah durian termasuk bijinya.

Inilah nutrisi untuk tiap 100 gram biji buah durian :

  1. Karbohidrat 28.3 gram
  2. Mineral 67 gram
  3. Energi 520 KJ atau 124.8 kal
  4. Lemak 2.5 gram
  5. Protein 2.5 gram
  6. Serat 1.4 gram

Berdasarkan kandungan gizi, biji durian bermanfaat untuk tubuh sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat dan lemak. Protein nabati yang terkandung bermanfaat untuk membangun atau memperbarui sel tubuh dan otot. Serat yang juga terdapat sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, pembuluh darah, dan jantung. Sementara itu vitamin B dan kalium memiliki fungsi penting termasuk pencegahan penyakit, dan tubuh kita membutuhkannya setiap hari dari makanan.

Manfaat biji buah durian

Setelah memahami apa saja kandungan nutrisi dari biji buah durian, cobalah untuk memahami juga manfaat yang akan Anda peroleh disaat Anda mengkonsumsi buah durian. Hal ini dapat diolah secara profesional hingga menjadi bahan alami yang bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari biji buah durian:

Makanan yang lezat

Nutrisi biji buah durian membuat bahan makanan ini patut untuk kita konsumsi, biji buah durian bisa Anda olah menjadi berbagai pangangan yang lezat yang kaya akan kandungan nutrisi. Anda bisa merebus, memanggang atau membakar biji buah durian hingga matang atau membuatnya menjadi es krim. Hal ini engingat Karena  tidak bisa dikonsumsi selagi mentah mengingat kandungan senyawa asam lemak siklopropena yang bisa menjadi racun bagi tubuh kita.

Baca juga:  Top 10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Dibuat campuran tablet

Salah satu manfaat dan kandungan biji durian adalah bisa dibuat sebagai campuran tablet, namun harus diekstrasi terlebih dahulu karena proses ini sangat penting, dan sebaiknya dilakukan sehingga nantinya dapat berubah menjadi debu kecil bertekstur halus yang dapat dicampurkan ke dalam sebuah tablet. Langkah awal sebelum diesktrasi, hal ini harus dicuci sampai bersih dan dijemur hingga kering baru kemudian diproses sampai menjadi pati dan diekstrasi menjadi butiran debu halus yang siap diolah menjadi campuran tablet.

Dibuat tepung

Karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi, maka biji dapat kita olah menjadi tepung biji buah durian. Dan tepung kemudian ini bisa kita manfaatkan sebagai pengganti tepung terigu yang bisa dipakai di rumah untuk membuat kue.

Dibuat menjadi keripik

Manfaat lainnya adalah bisa dibuat menjadi keripik. Kandungan patinya yang tinggi membuatnya juga dapat diolah menjadi keripik yang lezat dan gurih. Keripik biji buah durian yang tidak umum ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha baru yang akan memberikan banyak keuntungan di masa depan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *