Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

manfaat cuka sari apelCuka sari apel yang biasanya tersedia dalam lemari dapur ternyata mampu berbuat jauh banyak lagi daripada hanya sekedar penambah rasa untuk salad. Bahkan, mungkin sudah saatnya untuk dipindahkan saja kedalam lemari obat. Cuka sari apel organik adalah produk yang bersifat antibakteri, antivirus dan antijamur, sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan noda pada kulit wajah, keriput, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan dapur yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ia kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan tembaga, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid, dan pektin. Selain itu, karena kandungan asam asetat yang, cuka sari apel membantu tubuh Anda menyerap mineral penting dari makanan yang Anda makan.

Berikut beberapa manfaat menakjubkan cuka sari apel untuk kulit, rambut, dan kesehatan

Menghilangkan ketombe

Ketombe bukan hanya sekedar gangguan pada kulit kepala, tapi juga bisa memalukan. Cuka sari apel bisa menjadi solusi alternatif anti ketombe Anda, murah namun efektif. Cukup campurkan dengan perbandingan yang sama  sekitar 1/4 cangkir cuka sari apel dan air dan masukkan kedalam botol semprot. Semprotkan ke rambut Anda setelah keramas pakai shampoo, dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Gunakan solusi ini dua kali per minggu, dan Anda akan melihat ketombe menghilang dari rambut Anda hanya dalam waktu singkat. Sebuah teori menunjukkan bahwa keasaman dalam cuka yang membuat jamur menjadi lebih sulit untuk membantu ketombe tumbuh pada kulit kepala Anda.

Hal ini juga bisa menjadi kondisioner rambut alami yang baik, yang membantu menyuburkan rambut, memberikan bersinar dan tekstur yang lembut.

Gunakan cara ini cukup sekali atau dua kali dalam seminggu

Menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokan

Jika Anda menderita sakit tenggorokan kronis, namun tidak ingin kelebihan minum sirup obat batuk maka cobalah cuka sari apel. Campurkan 1 sdt cuka sari apel, 1sdt cabai rawit dan 3 sdt clover honey kedalam segelas air hangat. Ketiga bahan tadi akan bekerja sama untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan : Cuka sari apel dan madu memiliki sifat antibakteri, dan capsaicin dalam cabai bekerja membantu mengurangi rasa sakit. Jika sakit tenggorokan itu disebabkan alergi, maka cuka sari apel akan memberikan manfaat ekstra, karena juga bekerja memecah lendir dan penyumbatan sinus.

Menghilangkan bau kaki

Tuangkan cuka sari apel ke satu pak tisu bayi, dan rendam semalam di lemari es kemudian simpan kedalam kantong penyimpanan untuk digunakan sesuai kebutuhan. Asam dalam cuka sari apel akan mengubah tingkat pH kulit Anda, yang akan berjuang melawan bakteri yang menyebabkan bau kaki. Dalam keadaan darurat, tisu ini juga baik sebagai pengharum ketiak alami. Bau cuka akan menghilang setelah mengering.

Menyeimbangkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Cuka sari apel mungkin bisa menjadi solusi untuk membantu masalah pencernaan Anda. Untuk mengurangi gas, encerkan satu sendok makan cuka sari apel yang kaya enzim dengan secangkir air minum atau teh, dan minum sebelum makan. Hal ini juga akan menyembuhkan sembelit, karena cuka bersifat merangsang cairan pencernaan yang membantu menghancurkan makanan. Jika tidak suka rasanya, coba tambahkan sesendok madu.

Baca juga:  Manfaat penting Tempe untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa membantu meningkatkan profil lipid darah dengan cara mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL( kolesterol jahat), sekaligus meningkatkan tingkat kolesterol HDL(kolesterol baik). Hal ini sangat penting untuk mengelola atau mencegah komplikasi akibat diabetes.

Membersihkan kulit

Cuka sari apel bisa menciptakan keajaiban bagi kulit Anda. Usapkan waslap yang dibasahi dengan cuka sari apel yang diencerkan ke wajah Anda. Setelah itu, lapisan pelindung asam akan membuat kulit Anda terasa lebih lembut, menyerap minyak berlebih dan mengurangi garis-garis halus. Hal ini bekerja dengan cara mengembalikan tingkat pH yang tepat untuk kulit Anda, dan kandungan beta karoten akan membantu melawan kerusakan kulit di masa depan.

Untuk membantu menghilangkan noda dan mengurangi keriput pada kulit wajah, rendam kapas kedalam cuka sari apel yang diencerkan dengan air dan oleskan kering pada noda di maksud.

Untuk meminimalkan munculnya keriput dan garis-garis halus, rendam kapas kedalam cuka sari apel yang diencerkan dan mengoleskannya ke daerah kulit yang Anda inginkan. Ini akan membantu mengencangkan kulit kembali.

Untuk digunakan sebagai toner, campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan secangkir air dan menerapkannya ke seluruh wajah Anda. Rutin menggunakan cara ini akan membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit Anda dan mencegah berbagai macam jenis infeksi kulit.

Memulihkan bekas sengatan matahari

Cuka sari apel bisa menyelamatkan kulit rusak akibat terkena paparan matahari. Coba tambahkan dua cangkir penuh kedalam bak mandi Anda untuk menetralisir luka bakar akibat sengatan matahari. Setelah berendam selama 10 menit, cuka sari apel akan membantu mengembalikan tingkat pH kulit Anda! dan kulit Anda kemudian akan merasa sejuk dan rileks.

Memutihkan gigi kuning

Untuk noda membandel pada gigi, gosokkan cuka sari apel langsung pada gigi Anda lalu kumur dengan air. Namun hati-hati untuk tidak melakukan hal ini terlalu sering karena dapat memecah email gigi. Untuk obat kumur pemutih yang kurang abrasif, campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan secangkir air, kemudian gunakan untuk berkumur.

Diatas hanya beberapa penggunaan cuka sari apel yang sudah banyak dilaporkan. Masih Ada lebih banyak manfaat kesehatan dari bahan dapur yang murah ini. Jadi ketika Anda berbelanja, jangan lupa untuk mengambil sebotol sehingga suatu saat Anda membutuhkannya tinggal ambil di rak dapur.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *